Tetap bisa jalin silaturami🙏

Sudahkah kamu mencari inspirasi kartu lebaran anak seperti apa yang mau dikirim ke temanmu? Lebaran cuma tinggal hitungan hari loh. Saling berkirim kartu lebaran idul fitri emang sudah jadi tradisi dari tahun ke tahun ketika merayakan hari kemenangan. Kreasi kartu lebaran anak unik dan kreatif bisa menunjukkan ketulusan dan keseriusan kita saat meminta maaf kepada si penerima.

Nah kalau kamu bingung mau bikin kartu lebaran kreatif, di sini akan dibahas 6 kreasi kartu ucapan lebaran anak yang bisa dicoba. Mulai dari kartu lebaran 2020 yang terbuat dari kertas-kertas ataupun kartu lebaran digital. Soalnya situasi sekarang ini menuntut kita untuk tetap berada di rumah saja kan.

1. Mau kartu lebaran anak lucu? Gambar aja dengan karakter kartun favoritmu

6 Kreasi Kartu Lebaran Anak dan Aplikasi Membuat Kartu Ucapan Digital | Image Source: Nusagates

Kalau untuk kartu lebaran anak satu ini, kamu haruslah jago menggambar. Atau seenggaknya, kamu perlu bisa desain kartu ucapan lebaran sendiri kalau ingin dicetak. Tapi bila kamu cuma ingin memberikannya ke papa mama, kamu bisa kok bikin kartu lebaran DIY dengan karakter kartun favoritmu.

Kamu tinggal cari tahu cara membuat kartu lebaran anak di internet untuk urusan amplopnya. Setelah itu, pilih karakter kartun lucu yang ingin kamu gambar. Misalnya Doraemon, Upin Ipin, Spongebob, dan lain-lain. Ikuti gambar karakter kartun tersebut, lalu warnai menggunakan krayon atau cat warna. Cara membuat ini bisa diterapkan kalau kamu sedang bikin kartu lebaran anak TK dan SD.

Di sini juga ada Amplop Lebaran Kartun loh, klik sekarang!

2. Kalau kamu jago bikin kreasi dari origami, kartu lebaran dari kertas lipat bisa jadi pilihan

6 Kreasi Kartu Lebaran Anak dan Aplikasi Membuat Kartu Ucapan Digital | Image Source: Trax FM, Uprint

Pasti di sekolah TK kamu pernah diajarkan cara membuat kreasi dari origami kan? Nah kalau mau lebih kreatif, yuk coba buat kartu lebaran 2020 dengan bahan kertas origami. Kamu boleh kok minta tolong papa mama buat melipatkannya untukmu. Sementara itu, kamu bisa menyiapkan lukisan di kertas karton yang lain. Nantinya, kertas karton itu akan menjadi amplop dari kartu ucapan lebaran 2020 milikmu.

Beberapa tutorial tentang cara membuat kartu lebaran anak menunjukkan pembuatan amplop. Kertas-kertas origami tadi dapat kamu jadikan sebagai hiasan untuk kartu lebaran kreatif. Jangan lupa untuk gunakan perekat untuk menyatukan amplop dan kertas origami. Lalu, tambahkan kalimat ucapan di dalamnya.

Kesulitan melipat origami? Beli Alat Pelipat Kertas Origami aja!

3. Yuk manfaatkan kertas-kertas yang ada di rumah untuk bikin kartu lebaran dari bahan bekas!

6 Kreasi Kartu Lebaran Anak dan Aplikasi Membuat Kartu Ucapan Digital | Image Source: Blog Sribu

Siapa bilang kamu harus mengeluarkan uang untuk membuat kartu lebaran DIY? Kertas yang dibutuhkan bisa banget kok berasal dari yang sudah terpakai. Kalau papa punya kertas-kertas sisa, seperti karton berwarna ataupun koran, itu semua dapat dimanfaatkan kembali. Siapkan saja gunting dan pensil untuk membuat pola mana saja bagian yang harus dipotong.

Buat teman-teman yang mungkin sudah pernah bikin kerajinan dari bahan bekas, pasti lebih mudah saat melakukannya. Cocok banget buat kamu yang dapat tugas dari ibu guru untuk membuat kertas lebaran anak SD. Hitung-hitung sekaligus memanfaatkan kembali barang bekas di rumah bukan?

4. Kartu lebaran anak kreatif versi kamu juga dapat berbentuk pop up atau 3 dimensi loh

6 Kreasi Kartu Lebaran Anak dan Aplikasi Membuat Kartu Ucapan Digital | Image Source: Luthfi, Trax FM

Mungkin sebagian orang belum tahu kalau kreasi dalam bentuk pop up itu merupakan bagian 3 dimensi. Untuk yang satu ini, tampaknya kamu perlu tutorial khusus cara membuat kartu lebaran anak pop up. Soalnya kamu juga perlu membuat gambar atau ornamen pop up yang dapat timbul ketika membuka kartu lebaran anak tadi. Dan bagian tersebut termasuk rumit kalau belum terbiasa.

Bahan-bahan pembuatan kartu lebaran pop up ini terdiri dari kertas manila ukuran A5, lem, gunting, pensil, double tape tebal/stereofoam, dan gambar masjid, awan, bintang, bulan. Kamu membutuhkan gambar ornamen tadi supaya dapat menjadi hiasan dari kartu lebaran DIY yang sedang dibuat. Selamat mencoba!

5. Idul fitri makin berkesan lewat kartu lebaran dengan foto, ingatkan momen bahagia bersama orang tuamu

Kalau di rumah kalian ada album foto keluarga atau foto kamu semasa kecil, bisa dipakai tuh buat bikin kartu lebaran dengan foto. Kamu bisa membayangkan model scrapbook sederhana gitu deh. Tapi pastikan dulu kalau foto-foto itu boleh dipakai ya. Takutnya kamu malah pakai foto yang penting banget hehehe.

Tuliskan ucapan selamat hari raya idul fitri kepada mereka dengan tulus dan kalimatmu sendiri. Dijamin kreasi kartu lebaran anak yang kamu bikin disukai oleh mereka. Berikan ketika kalian sedang berkumpul bersama di hari raya atau ketika sedang sungkem. Tak ada yang lebih berharga daripada usahamu untuk menjadi anak yang berbakti kepada orang tua bukan?

Ga lengkap kumpul keluarga kalo belum foto-foto! Cek Diskon Kamera Mirrorless di Jakmall

6. Bisa juga bikin kartu lebaran digital lewat aplikasi membuat kartu lebaran 2020

6 Kreasi Kartu Lebaran Anak dan Aplikasi Membuat Kartu Ucapan Digital | Image Source: Pinterest

Karena sekarang apapun sudah bisa dibuat lewat smartphone, maka ga ada salahnya untuk membuat kartu lebaran digital. Kamu bisa membuatnya tergantung versi yang diinginkan. Seperti poster biasa dengan ucapan selamat idul fitri atau berupa kartu ucapan lebaran animasi bergerak. Menarik bukan?

Makin gampang karena kamu tinggal mengirimkan ke teman-temanmu lewat aplikasi pesan singkat atau di-upload ke media sosial. Ga perlu untuk susah payah mengirimkannya dalam bentuk fisik kalau kamu lagi mager. Asalkan gambar kartu lebaran 2020 milikmu bisa dibaca dengan jelas. Oh iya! Mungkin kamu bisa cari di internet tapi kalau punya hasil buatan sendiri pasti akan lebih bangga kan.

Nah jika kamu ga sempat untuk pergi ke toko alat tulis karena harus di rumah aja, berikut ini ada beberapa aplikasi membuat kartu lebaran 2020 yang bisa dicoba.

1. Canva

Kalau kamu mau desain kartu lebaran anak sendiri, kamu bisa pakai template yang sudah ada di Canva. Aplikasi kartu lebaran untuk Android ini juga memiliki versi website. Kamu tinggal mengganti dan menyesuaikan isi teks yang ingin disampaikan di dalam kreasi kartu lebaran anak. Daftar dulu menggunakan akun email atau Facebook jika kamu baru pertama kali mencoba.

2. Muslim Cards Pro: Eid & Ramadan 2020

Aplikasi kartu lebaran untuk Android ini sudah menyediakan template yang sesuai dengan tema lebaran. Bila Canva masih harus membuat desainnya sendiri, di sini kamu cukup mengganti teksnya saja. Kalau ga sempat bikin yang terlalu ciamik, langsung saja edit kartu lebaran 2020 lewat aplikasi ini. Kartu lebaran digital pun siap dikirimkan ke sanak keluarga atau grup chat di smartphone kamu.

3. Greeting Cards Maker

Sama seperti Muslim Cards Pro, aplikasi kartu lebaran untuk Android ini sudah memiliki unsur religi di dalam template-nya. Setelah mengundung aplikasi ini, langsung saja klik tombol Select E-Card untuk membuat kartu lebaran 2020. Kemudian, kamu dapat menambahkan 3 foto dari galeri HP. Terakhir tinggal cantumkan teks serta sesuaikan dengan warna favorit kamu. Jadi deh!

4. Adoba Spark

Bila kamu ingin mencoba cara membuat kartu lebaran anak dari awal, silakan gunakan aplikasi ini. Kamu dapat memilih komposisi warna, layout, teks, dan ikon gambar sendiri sesuai keinginan. Dengan begitu, kamu jadi lebih bebas untuk menciptakan kreasi kartu lebaran 2020. Kamu hanya cukup login dengan akun Google/Facebook/Adobe untuk dapat mengaksesnya.

Itu tadi macam-macam kartu lebaran anak yang bisa jadi inspirasi kamu di tahun ini. Lengkap dengan aplikasi membuat kartu lebaran 2020 supaya ga bingung lagi cari-cari di internet. Yuk rayakan momen lebaran kali ini bersama keluarga di rumah. Walau terbatas ga bisa kemana-mana, kamu tetap bisa menikmatinya!


New Normal di depan mata, sudah siap peralatan wajib yang harus dimiliki? Lihat sekarang..

Masih mau baca artikel bermanfaat? Cek di sini!

Baca juga: Apa Itu Gerakan Tutup Pintu Saat Lebaran? Ini Penjelasannya!