Kata Siapa Menulis Itu Susah? Simak Tips untuk Penulis Pemula di Sini

Menulis yang dianggap membosankan ternyata dapat menjadi sarana untuk mengekspresikan diri dan mengungkapkan pikiran.

Kata Siapa Menulis Itu Susah? Simak Tips untuk Penulis Pemula di Sini
Image Source: Freepik

Menulis merupakan elemen fundamental untuk banyak hal, baik itu di bidang profesional, akademis, hingga hiburan. Konten-konten yang kamu lihat di internet tentu memiliki konsep yang sebelumnya ditulis terlebih dahulu untuk menciptakan sebuah alur yang menarik. Berikut ini adalah beberapa tips menulis untuk pemula yang bisa kamu terapkan di waktu senggang.

Mulai Menulis

Tidak ada orang yang langsung jago menulis. Hampir semua orang pasti memiliki banyak poin yang bisa direvisi pada tulisan pertamanya. Inti dari menulis adalah menuangkan isi pikiran ke dalam tulisan.

Karena kamu baru belajar, kamu bisa mencoba mencatat berbagai macam hal yang menarik dan muncul di kepalamu ke dalam buku catatan. Setelah itu, kamu bisa mencoba merangkai kata berdasarkan ide-ide yang ada di catatan yang kamu buat sebelumnya.

Image Source: Freepik

Saat membuat tulisan, coba usahakan untuk membentuk kalimat yang terstruktur dan tidak melebar ke banyak hal. Karena biasanya, yang membuat orang kesulitan menulis adalah terdapat ide-ide baru di tengah proses penulisan yang terus dimasukkan sehingga tulisan terlihat acak dan tidak terfokus.

Sebagai contoh, kamu ingin membuat tulisan soal media sosial. Kamu bisa fokus ke satu hal saja seperti manfaat media sosial, media sosial terpopuler, dan semacamnya. Dengan fokus ke satu hal, kamu bisa menjadikan fokus tersebut sebagai guideline sehingga tulisan yang kamu buat tidak melenceng ke mana-mana.

Perbanyak Referensi dengan Membaca

Image Source: Freepik

Jadilah spons, di mana kamu menyerap banyak ilmu dari membaca. Dengan banyak membaca, kamu jadi semakin paham alur tulisan yang tepat dan beragam struktur tulisan yang ada. Kamu juga akan memiliki vocabulary atau penggunaan kata yang lebih mantap dengan sering membaca.

Banyak membaca sama dengan memperkaya referensi. Referensi yang masuk ke otak bisa kamu manfaatkan sebagai ide tulisan atau digabungkan ke tulisan lain sebagai material untuk mendukung gagasan utama. Semakin banyak referensi, tulisan yang kamu hasilkan akan menjadi semakin menarik.

Image Source: Freepik

Jangan sepelekan di mana tempat kamu menulis. Suasana yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhanmu dapat membantu otak untuk tetap berpikir kreatif. Dengan begitu kamu bisa menulis dengan lancar, tidak kehabisan ide, serta meminimalisir terjadinya writer’s block atau kebuntuan yang biasa ditemui penulis.

Kamu bisa memilih untuk menulis di tempat umum seperti kafe, perpustakaan, dan berbagai tempat lainnya dengan koneksi internet dan udara yang sejuk. Menyiasati kamar dengan meja khusus dan kursi yang nyaman juga bisa menjadi pilihan. Dengan kenyamanan maksimal, pikiran akan menjadi lebih jernih sehingga proses menulis menjadi semakin mudah.

Terus Menulis

Image Source: Freepik

Ketika kamu sudah memahami dasar-dasar menulis, maka selanjutnya kamu dapat terus berlatih untuk meningkatkan kualitas tulisanmu. Ada banyak elemen kecil yang bisa membuat tulisan menarik seperti gaya bahasa, pemilihan kata, tulisan long form atau short form, dan masih banyak lagi. Semua ini hanya bisa kamu pahami setelah kamu menyelami dunia penulisan cukup dalam dengan cara menulis terus menerus.

Di mata sebagian orang, mereka mungkin menganggap bahwa menulis itu hal yang membosankan dan melelahkan. Padahal, menulis bisa menjadi sarana untuk mengekspresikan diri dan mengungkapkan pikiran. Dengan memahami tips menulis untuk pemula ini, semoga kamu lebih berminat untuk memulai tulisanmu sendiri ya.