Kenapa Banyak Orang Menyukai Sepak Bola?

Tidak perlu perlengkapan yang mahal, sebuah bola plastik dan gawang yang terbuat dari sandal sudah cukup untuk merasakan sensasi bermain bola.

Kenapa Banyak Orang Menyukai Sepak Bola?
Image Source: Freepik

Tidak bisa dipungkiri, sepak bola merupakan olahraga paling populer di dunia. Siapa yang tidak tahu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo? Bisa dibilang, dua orang tersebut merupakan pesepak bola paling sukses di dunia hingga saat ini.

Terlepas dari dua bintang sepak bola tersebut, kamu pasti pernah terpikir mengapa sepak bola begitu populer? Apa yang membuatnya begitu digemari oleh banyak orang?

Murah dan Menyenangkan

Biaya murah menjadi alasan pertama mengapa bola itu populer. Tidak perlu perlengkapan yang mahal, sebuah bola plastik dan gawang yang terbuat dari sandal sudah cukup untuk merasakan sensasi bermain bola. Selain itu, satu buah bola bisa menjadi sarana untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman. Sepak bola pun menjadi diminati oleh lebih banyak orang.

Tidak Perlu Tempat Khusus

Image Source: Freepik

Coba bandingkan dengan basket, sepak bola bisa dimainkan di mana saja. Bermain basket memerlukan ring dan lapangan khusus sehingga kurang accessible. Sementara sepak bola dapat dimainkan di mana pun tanpa batasan, bahkan di tempat-tempat yang tidak kamu duga.

Kamu pasti sering melihat anak-anak bermain di tengah jalan bukan? Lebih ekstrim lagi, beberapa tempat seperti pinggir rel kereta dan di dekat sungai terkadang memiliki bidang datar yang cukup untuk bermain bola. Dengan akses yang mudah, tidak heran jika banyak orang lebih mengenal sepak bola.

Orang di Berbagai Negara Menikmatinya

Image Source: Freepik

Tidak hanya di Indonesia, olahraga sederhana ini ternyata dinikmati di banyak negara loh. Kita bisa lihat dari berbagai macam liga dan kompetisi sepak bola menarik yang ada di berbagai benua seperti Eropa, Amerika, Asia, dan Afrika.

Kita juga bisa melihat antusiasme para penggemar sepak bola yang cukup tinggi. Saat gelaran Piala Dunia berlangsung, kamu pasti sering menemukan event-event nobar yang diselenggarakan di kafe, mall, dan tempat umum lainnya. Siaran sepak bola yang ditampilkan di layar besar tentunya menarik minat dan perhatian masyarakat sehingga lebih banyak lagi orang yang familiar dengan dunia sepak bola.

Kompetitif dan Menegangkan

Image Source: Freepik

Dari dunia sepak bola profesional, kita bisa lihat betapa kompetitif dan menegangkannya turnamen dan liga yang diselenggarakan. Turnamen prestisius seperti Piala Dunia, Liga Champions, dan liga-liga top Eropa memberikan sensasi dan keseruan tersendiri.

Ketika kamu melihat sekumpulan orang yang sangat ahli di bidangnya, lalu bertanding dengan sekumpulan ahli lain, kamu bisa membayangkan betapa menariknya pertandingan yang akan terjadi. Belum lagi elemen-elemen kecil yang ada di sepak bola seperti taktik, posisi pemain, skill olah bola pemain, dan lain-lain yang bisa ditonton dan dianalisa untuk menambah keseruan saat menikmati sepak bola.

Disiarkan di TV

Image Source: Freepik

Karena peminat sepak bola yang banyak di seluruh dunia, pihak penyelenggara kompetisi memberikan hak siar ke berbagai stasiun TV lokal maupun internasional. Kamu bisa melihat kompetisi sepak bola seperti Liga Inggris dan Liga Italia di TV nasional hanya dengan bermodalkan antena TV.

Kamu pun juga bisa berlangganan layanan broadcast sepak bola berbayar dan mengaturnya menggunakan set top box. Hadirnya sepak bola di TV semakin mempertegas posisi sepak bola sebagai olahraga paling populer di dunia.

***
Itu dia alasan-alasan yang cukup masuk akal untuk menjelaskan kenapa banyak orang menyukai sepak bola. Dengan industri yang sudah besar dan tersebar di seluruh dunia, tidak heran jika olahraga ini menjadi sangat diminati.