13 Kerja Sampingan Online Tanpa Modal, Sukses di Tahun 2021!

13 Kerja Sampingan Online Tanpa Modal, Sukses di Tahun 2021!

Biar nggak bosen sama rutinitas..

Sekarang ini, udah banyak loh kerja sampingan online yang bisa kamu cobain. Daripada tiap hari makin pusing karena uang yang terus-terusan habis, mending coba cari cara buat nambahin pemasukanmu. Beberapa dari lowongan kerja sampingan online bahkan tidak mengharuskan kalian untuk membayar modal awal. Bener banget! Cuma dengan keahlian yang kamu punya, uang bisa didapat.

Berikut ini 13 ide kerja sampingan online tanpa modal untuk Jakmallers yang sedang butuh pemasukan tambahan. Menariknya, sebagian orang justru menjadikannya sebagai pekerjaan tetap mereka. Kerja sampingan online tidak menutup kemungkinan untuk menjadi pendapatan utama yang menggiurkan.

1. Punya hobi nulis? Jadi Freelance Writer atau nulis artikel ke media online aja

13 Kerja Sampingan Online Tanpa Modal | Image Source: Rujit

Bagi sebagian orang, nulis itu adalah hobi mereka. Bisa melalui blogging atau nulis apa aja di diary masing-masing. Tapi banyak loh website atau media online ternama yang tetap membutuhkan jasa Freelance Writer. Karena kadang nulis itu bisa jadi pekerjaan yang sulit juga untuk dilakukan kalo kamu nggak terbiasa.

Kamu cukup kunjungi saja media online yang kamu tahu. Nah biasanya, mereka akan membuka lowongan kerja sampingan online sebagai penulis lepas. Atau menerima setiap tulisan yang masuk dengan bayaran tertentu. Sudah banyak orang yang menjadikan kesempatan ini sebagai pendapatan utama mereka. Untuk satu artikel online saja, kamu sudah bisa mendapatkan uang yang lumayan.

2. Nerima jasa sebagai Desain Grafis saat ini uangnya lumayan loh, asal gak jadi desain gratis yaa hehe

13 Kerja Sampingan Online Tanpa Modal | Image Source: Responsive Designs

Kalo kamu jago desain gambar atau ilustrasi foto seperti WPAP, karikatur, dan lain-lain, tak ada salahnya untuk "meng-uang-kan" kemampuan itu. Peluang kerja sampingan online sebagai Desain Grafis sangat terbuka luas. Coba saja kamu promote ke media sosial pribadi milikmu. Pasti bakalan banyak banget yang langsung DM kamu untuk menanyakan range harga bayaran setiap satu desainnya.

Apabila kamu masih terbilang baru atau masih coba-coba, tanya aja ke temenmu yang sudah berpengalaman lama di bidang kerja sampingan online ini. Supaya nggak salah pas matok harga bayaran ke calon pengguna jasamu. Kalo terlalu murah nanti bisa bikin rugi buat kamu soalnya..

Cek Keyboard Wireless Terbaru biar meja kerjamu nggak berantakan!

3. Kerja sampingan online sebagai Data Entry cuma butuh laptop dan terbiasa menggunakan Excel

Ada lagi satu ide kerja sampingan online tanpa modal yang bisa banget kamu lakukan di rumah. Apa itu? Yaitu, dengan menjadi Data Entry untuk perusahaan atau bisnis-bisnis yang membutuhkan jasa tersebut. Bagi Jakmallers yang mengaku teliti banget dalam urusan angka dan data, lowongan kerja sampingan online ini bisa kamu coba di tahun 2021. Nah biasanya, kamu tinggal cari aja di internet atau daftar ke website khusus freelancer gitu. Semoga berhasil!

4. Influencer di media sosial gitu bayarannya gede banget loh! Yakin nggak mau nyobain?

13 Kerja Sampingan Online Tanpa Modal | Image Source: Marketing Land

Jadi seorang influencer di media sosial memang tidaklah gampang. Kamu perlu membangun akun medsosmu terlebih dahulu demi mencapai jumlah followers yang besar. Mulailah dengan sering memposting konten-konten yang membuat orang tertarik datang ke akunmu. Lakukan secara konsisten agar meraih total followers yang menarik bagi sebuah brand menggunakan jasamu sebagai influencer.

Setelah dari situ, kamu bisa menjadikannya sebagai kerja sampingan online lewat HP saja. Tidak harus sampai bekerja dari jam 9 sampai 5, kamu sudah bisa menghasilkan pendapatan hanya melalui kerja sampingan online ini. Hanya saja, pastikan konten yang kamu unggah tersebut bukan merupakan plagiat ya..

Mau jadi influencer makeup? Cek Mirror Ring Light di sini yuk!

5. Kemampuan menerjemahkan bahasa Inggris atau bahasa asing masih sering dicari nih!

Buat Jakmallers semua yang mahir berbahasa asing, seru banget tuh kalo bisa terima jasa nerjemahin. Kerja sampingan online tanpa modal ini bisa kamu lakukan di rumah saja dengan langsung mempromosikannya ke media sosial atau grup chat milikmu. Bisa mulai dari nerjemahin paper, abstrak skripsi, jurnal, sampai subtitle film. Nggak perlu kemana-mana kamu sudah bisa bekerja sesuai passion-mu.

Karena kemampuan seperti ini bisa dimiliki oleh siapa saja, menjadi seorang penerjemah dapat dicoba sebagai kerja sampingan online untuk pelajar atau kerja sampingan online ibu rumah tangga. Cukup bermodalkan laptop dan suasana kerja yang tenang saja, mungkin kamu dapat menghasilkan pemasukan yang lumayan.

6. Lebih gampang lagi, kamu bisa melakukan kerja sampingan online lewat HP cuma dengan mengisi survei

13 Kerja Sampingan Online Tanpa Modal | Image Source: Scholarlyoa

Iyaaa..percaya atau tidak, banyak banget kok survei-survei online yang bertebaran di internet, yang kalo kamu isi dia bakal kasih bayaran tertentu. Survei tersebut biasanya dikeluarkan oleh penyedia jasa survei untuk nantinya bisa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Atau ikutan survei kecil-kecilan yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir karena butuh data untuk skripsi. Sebagai imbalannya, kadang mereka akan memberikan uang pulsa atau OVO bagi yang beruntung.

7. Buat yang jago fotografi, jual karya kalian di internet adalah cara lain untuk mendapatkan uang

13 Kerja Sampingan Online Tanpa Modal | Image Source: ISteady Shot

Punya kamera, jago ambil gambar, bisa editing saturation sama coloring dikit-dikit? Wah mendingan dimanfaatin aja buat cari duit aja sekalian hehe. Udah banyak banget kok website-website terpercaya yang sekarang ini mau membeli karya fotografi kalian, misalnya Shutterstock. Di samping itu, kamu juga sekaligus bisa mengeksplor kemampuanmu biar lebih mahir lagi dalam mengambil gambar. Bener nggak? Ngapain susah-susah cari lowongan kerja sampingan online kalo bisa memanfaatkan skill yang kamu miliki eaaa..

Kameramu sudah pakai Tempered Glass belum? Mending cek sekarang!

8. Gak bisa ambil foto, tapi dewa banget kalo buat edit foto? Buka jasanya aja bro

13 Kerja Sampingan Online Tanpa Modal | Image Source: DIY Photography

Sering liat nggak kalo di Twitter suka ada orang-orang yang bikin tweet buat minta dieditin fotonya? Walaupun kadang cuma minta diganti background aja, kalo kamu bisa ngeditinnya, lumayan juga tuh buat dijadiin jasa edit foto. Kalo mau lebih kreatif lagi, mulai posting kreasimu ke akun media sosial. Ini maksudnya biar orang lain bisa melihat bagaimana hasil kerjamu.

9. Kayaknya jadi guru private online cocok nih buat kerja sampingan online untuk pelajar/mahasiwa

Kalo umumnya jadi guru private itu dateng ke rumah yang mau diajarin, kini kamu bisa lewat video call aja kok. Tetapi, pastiin kamu sudah berkompromi dengan orang tua si anak ya. Biar mereka juga bisa tahu sejauh mana kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. Namun bila ternyata kamu lebih mudah menjelaskan jika ketemu langsung, tidak ada salahnya untuk menggunakan cara lama.

10. Percaya atau enggak, kamu bisa sukses dengan hanya mahir bermain game online. Ini caranya!

13 Kerja Sampingan Online Tanpa Modal | Image Source: TechSpot

Kegiatan bermain game tidak selalu buruk loh. Kalo kamu anak gamers yang seharian bisa menghabiskan waktu cuma buat push rank misalnya hehe, mungkin trik kali ini bisa menginspirasi kamu. Cobain game-game yang memang lagi rame atau baru rilis. Lalu raih poin setinggi-tingginya atau capai level tertinggi pada game tersebut. Kemudian, kamu bisa menjual akunmu ke orang lain yang juga tertarik memainkan game itu. Bisa dibilang ini merupakan kesempatan kerja sampingan online lewat HP yang menarik dilakukan kalo kamu punya banyak waktu luang nih!

Main game lebih seru dengan Virtual Reality Box untuk Smartphone ini

11. Kamu punya banyak barang yang sudah tidak terpakai lagi? Coba buka garage sale, kolaborasi sama temanmu lebih asik tuh

13 Kerja Sampingan Online Tanpa Modal | Image Source: Bring Me The News

Garage sale dapat menghasilkan untung yang besar dalam sekejap kalo kamu tertarik. Mulai aja dari perhatikan di sekeliling rumahmu. Kumpulkan barang-barang yang sudah jarang terpakai dan sebarluaskan fotonya di media sosial kamu. Kamu juga bisa mengajak teman-temanmu untuk ikut bergabung. Semakin ramai semakin besar garage sale yang akan kalian adakan. Peluang seperti ini merupakan kesempatan besar ibu rumah tangga yang mungkin ingin mengajak grup arisannya.

12. Peluang besar kalo mau membuka jasa pembuatan website

Buat Jakmallers yang lulusan anak IT atau punya keahlian membuat sebuah web, hal ini bisa banget dijadiin sebagai kerja sampingan online. Ditambah lagi sekarang ini biasanya pebisnis atau perusahaan membutuhkan web sebagai tempat mereka memperkenalkan produk dan layanannya. Kalo kalian masih termasuk fresh grad dan belum bekerja, lowongan kerja sampingan online ini cocok untuk dilakukan.

13. Ada satu lagi kesempatan menarik untuk kamu coba, jadi Member Afiliasi di Jakmall! Apa itu?

Peluang usaha atau kerja sebenarnya bisa datang dari mana saja. Salah satunya dengan bisnis online melalui Program Afiliasi. Program ini merupakan kesempatan bagi kamu yang mau memulai bisnis (sebagai dropshipper) dan dibantu dengan panduan-panduan serta layanan yang ada di Jakmall. Daripada hanya berangan-angan untuk memulai bisnis, mending langsung wujudkan sekarang bersama Jakmall. Penasaran dengan programnya? Cek aja langsung di sini!

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Seseorang Harus Memulai Usaha Atau Bisnis

Kadang kita membutuhkan kerja sampingan online hanya untuk mengisi waktu luang atau mencari uang tambahan. Tetapi, apa jadinya kalo ternyata merekalah yang lebih menguntungkan dan membuat kita menemukan passion di luar rutinitas sehari-hari? Jadi, sudah tahu mau mulai coba yang mana?


Ayo gabung Program Afiliasi Jakmall, ada potongan harga lho!

Cek kemeriahan promonya yuk!

Baca artikel seputar bisnis online lainnya di sini.