Keuntungan Kompor Elektrik vs Kompor Biasa

Meskipun tidak menghasilkan api, kompor elektrik memiliki kemampuan yang cukup mumpuni.

Keuntungan Kompor Elektrik vs Kompor Biasa
Image Source: Freepik

Semakin berkembangnya zaman, maka berkembang pula teknologi yang digunakan untuk kebutuhan di rumah sehari-hari. Salah satu terobosan yang saat ini semakin umum untuk dilihat di banyak rumah adalah kompor induksi atau kompor listrik. Kompor ini memiliki kemampuan yang cukup mumpuni meskipun tidak menghasilkan api. Lantas, apa keunggulan kompor elektrik yang mampu melebihi kompor konvensional?

Persiapan Masak Lebih Cepat

Image Source: Freepik

Tahukah kamu bahwa kompor elektrik mampu menginduksikan panas dengan lebih cepat? Dibandingkan dengan kompor konvensional, kompor listrik mampu mentransfer panas hingga 50% lebih cepat, tergantung dari kualitas kompor yang kamu gunakan.

Wajan masak yang kamu gunakan juga tidak bisa sembarangan. Jika bahan wajan masak tidak tepat, maka panas yang dihasilkan kompor listrik tidak akan tersebar secara sempurna. Kamu bisa menggunakan wajan stainless steel, cast iron atau besi, dan carbon steel.

Hasil Masak Konsisten

Image Source: Freepik

Panas yang dihasilkan kompor elektrik jauh lebih stabil dan tidak terpengaruh oleh faktor luar. Api biasa dapat padam atau berkurang panasnya saat terkena air atau angin, sementara kompor elektrik dapat menjaga suhu dengan stabil berkat sistem kontrol yang digunakannya.

Setiap kompor listrik memiliki kapasitasnya masing-masing sesuai dengan harga dan fitur yang dimiliki. Kompor listrik berkualitas biasanya memiliki rentang suhu yang luas, dukungan watt yang besar untuk menghasilkan panas optimal, serta panel kontrol yang mendukung berbagai macam mode masak.

Mudah Dibersihkan

Image Source: Freepik

Kebanyakan kompor induksi atau listrik biasanya memiliki permukaan tempered glass sehingga kamu bisa membersihkannya dengan lebih mudah. Material ini juga tidak mudah bereaksi dengan berbagai macam bahan masakan seperti minyak, air, dan lain-lain. Jadi, permukaan kompor listrik tidak akan mudah bernoda atau berkerak seperti kompor konvensional.

Untuk membersihkan permukaan kompor, kamu bisa menggunakan lap basah dan cairan pembersih. Pastikan suhu kompor sudah dingin agar lebih aman saat dibersihkan.

Lebih Aman

Image Source: Freepik

Sesuai dengan fungsinya, kompor berfungsi untuk memasak makanan menggunakan tenaga panas. Panas induksi yang dihasilkan kompor listrik memiliki tingkat keamanan lebih tinggi dibandingkan dengan kompor biasa. Mengapa demikian?

Panas yang dihasilkan kompor listrik hanya berada pada titik panas yang bersentuhan dengan kompor, berbeda dengan kompor biasa yang menghasilkan hawa panas. Dengan begitu, kamu dapat memasak dengan lebih aman. Kompor elektrik juga lebih cepat dingin sehingga kamu dapat membereskan peralatan masak lebih cepat setelah menyelesaikan semua proses masak.

***
Secara keseluruhan, kompor listrik memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi, serta pengaturan panas yang lebih leluasa dan presisi jika dibandingkan dengan kompor biasa. Namun, kamu tidak bisa menggunakan wajan biasa untuk hasil masak yang lebih efektif. Jika rumahmu memiliki listrik dan peralatan masak yang mendukung, maka kompor elektrik bisa menjadi pilihan yang baik.