5 Inspirasi Kostum Pahlawan untuk Rayakan 17 Agustus

Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan mengenakan kostum pahlawan agar semangat juang para pahlawan menyelimuti kita.

5 Inspirasi Kostum Pahlawan untuk Rayakan 17 Agustus
Image Source: TribunStyle

17 Agustus 1945 merupakan salah satu hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya pada hari itu, Negara Kesatuan Republik Indonesia resmi memproklamasikan kemerdekaannya.

Tentunya hari yang bersejarah ini tidak mungkin terjadi tanpa bantuan dari para pahlawan. Tak ini melupakan jasa dan perjuangan para pahlawan, akhirnya seluruh rakyat Indonesia mmeperingati hari bersejarah ini dengan berbagai kegiatan bermanfaat.

Upacara bendera, syukuran, hingga aneka jenis lomba diadakan untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menyemarakkan momen ini adalah menggunakan kostum pahlawan nasional Indonesia.

Inspirasi Kostum Pahlawan Nasional Indonesia

Ada banyak pahlawan dengan gayga khasnya yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi. Tak pelu bingung karena artikel ini akan memberikan beberapa inspirasi kostum pahlawan nasional Indonesia yang bisa kamu jadikan panduan.

1. Ir. Soekarno

Ir. Soekarno
Image Source: Mitra Mulia

Berbicara tentang pahlawaan kemerdekaan, Ir Soekarno merupakan salah satu sosok penting yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Ir. Soekarno memiliki baju yang menjadi ciri khasnya, yaitu baju safari lengan panjang, dasi,lengkap dengan peci hitamnya. Setelan baju yang digunakan adalah warna putih, namun tak jarang sang proklamator terlihat menggunakan warna lain seperti hijau atau abu-abu muda.

Ir. Soekarno juga tak jarang terlihat menggunakan kacamata hitam sebagai aksesoris yang membuat penampilannya semakin gagah.

Jual SKMEI Jam Tangan Analog - 9092
Jam Tangan SKMEI Jam Tangan Analog - 9092 harga Rp 64.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Jenderal Sudirman

Jenderal Sudirman
Image Source: Instagram/sewakostum_semarang

Jenderal Sudirman adalah pahlawan nasional yang berperan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Beliau merupakan panglima besar pertama di Indonesia dan menjabat di usia yang sangat muda.

Karena perjuangannya sebagai pahlawan nasional Indonesia, namananya dijadikan menjadi nama di salah satu jalan utama di Jakarta yaitu Jalan Jenderal Sudirman yang terletak di perbatasan Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Di jalan tersebut juga tedapat monumen potret Jenderal Sudirman yang sedang hormat.

Jual Miluota Tali Ikat Pinggang Canvas Army Military Tactical
Ikat Pinggang Miluota Tali Ikat Pinggang Canvas Army Military Tactical 125 cm - MU056 harga Rp 21.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Kamu bisa menjadikan Jenderal Sudirman untuk inspirasi kostum pahlawan nasional dengan mengenakan blazer panjang, syal, blangkon, dan tongkat.

3. Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dien
Image Source: Instagram/jharnabhagwani

Kostum pahlawan Cut Nyak Dien bisa kamu gunakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Cut Nyak Diem adalah pahlawan Indonesia asal Aceh yang mampu mengobarkan semangat perlawanan rakyat Aceh terhadap Belanda. Karena memiliki daya juang yang tinggi, Cut Nyak Dien ditakui oleh para tentara Belanda.

Kostum yang bisa kamu ikuti adalah menggunakan blus kerah shanghai berwarna gelap dilengkapi dengan bros matahari serta selendang yang disampirkan di bahu kanan.

Untuk rambutnya kamu bisa menyanggulnya secara sederhana yang menjadi ciri khas dari Cut Nyak Dien.

4. Martha Christina Tiahahu

Martha Christina Tiahahu
Image Source: BukaReview

Inspirasi kostum pahlawan wanita selanjutnya yang bisa kamu ikuti adalah Martha Christina Tiahahu. Baju putih dan ikat kepala yang menjadi ciri khas dari sang pahlawan. Tak lupa rambut ikal panjang yang dibiarkan terurai.

Martha Christina Tiahahu merupakan pahlawan wanita asal Maluku yang terjun ke medan pertempuran saat ia masih remaja melawan para tentara Belanda dalam perang Pattimura.

Jual Zanjia Setrika Uap Genggam Garment Steamer Iron - GT-306LW
Setrika Zanjia Setrika Uap Genggam Garment Steamer Iron - GT-306LW harga Rp 242.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

5. Tentara Veteran

Image Source: BliBliFriends

Jika berbicara tentang pahlawaan kemerdekaan, kita tak boleh melupakan tentara veteran yang berjuang bersama dengan para pahlawan ntuk meraih kemerdekaan. Bermodalkan semangat juang yang tinggi dan bambu runcing, Indonesia tak mungkin merdeka tanpa perjuangan mereka.

Penampiplan tentara veteran identik dengan kemeja coklat muda lengkap dengan peci khas, sabuk, serta selempang di bagian pundak untuk menyimpan senjata. Kamu bisa membawa bambu sebagai aksesoris untuk melengkapinya.

Nah, itu dia tadi beberapa inspirasi kostum pahlawan nasional yang bisa kamu ikuti untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus.

Mengenakan kostum pahlawan tidak hanya sekadar untuk memeriahkan acar, tapi juga sebagai cara untuk menghargai perjuangan, keberanian, dan keteguhan hati para pahlawan.

Melalui kostum ini, kita menyuarakan rasa cinta tanah air dan komitmen untuk terus membangun bangsa ini menuju masa depan yang lebih gemilang.

Mari kita jadikan momen bersejarah ini sebagai momentum untuk mengenang perjuangan para pahlawan, perjalanan bangsa, dan menyatukan langkah untuk meneruskan cita-cita luhur para pendahulu kita.