Siap-siap flashback ya!

Masa kecil adalah masa yang paling indah. Pada saat itu, ada banyak kenangan yang sulit terlupakan. Seperti bermain layang-layang, bermain ular tangga, berlarian ketika sedang hujan, hingga mendengar berbagai cerita dongeng sebelum tidur yang penuh makna.

Siapa nih yang masih ingat semua judul dongeng Si Kancil? Kalo kamu sudah lupa, tak usah khawatir. Berikut ini adalah 3 dongeng Si Kancil Indonesia legendaris terbaik versi Jakmall.com. Tentunya akan membawa kamu kembali mengingat kembali masa kecil.

1. Dongeng "Si Kancil dan Buaya" bercerita tentang Kancil yang berhasil mengelabui sekumpulan buaya

Kumpulan Dongeng Si Kancil Legendaris Terbaik | Image Source: pinterest.com/MarianaBlack22

Pada suatu hari Kancil sedang berjalan-jalan di hutan. Tiba-tiba perutnya terasa lapar. Lalu ia melihat ada banyak buah segar yang ada di seberang sungai deras. Kancil pun bingung, bagaimana caranya ia dapat melewati sungai untuk mendapatkan makanan.

Akhirnya, kancil menemukan ide cemerlang untuk dapat menyeberangi sungai. Lalu Kancil pun memanggil seekor buaya yang tinggal di dalam sungai.

"Hey buaya keluarlah, aku punya kabar gembira"

Mendengar suara Kancil, akhirnya seekor buaya keluar dan mendekati Kancil.

"Ada apa Kancil, kau mengganggu tidurku!" sahut sang buaya.

"Aku akan membagikan banyak daging segar untuk kalian" kata Kancil dengan wajah ceria.

"Di mana daging itu?" jawab buaya dengan raut wajah buasnya.

"Sepertinya dagingnya cukup banyak, kau harus memanggil teman-temanmu untuk memakannya juga.

Akhirnya buaya besar itu memanggil kawanan buaya yang lain. Setelah semua berkumpul, Kancil meminta mereka untuk berbaris rapi.

"Untuk apa kami harus berbaris?" tanya sang buaya

"Aku harus menghitung berapa jumlah kalian untuk membagikan daging secara merata"

Kancil pun berhasil meyakinkan mereka dan buaya-buaya tersebut membuat barisan seperti membentuk sebuah jembatan.

"Baik aku akan mulai menghitung, satu... dua... tiga..." kata kancil sambil menginjak satu per satu buaya melewati aliran sungai yang deras.

Kancil pun berhasil menyebrangi sungai dengan melewati sekumpulan buaya itu. Setelah itu ia tertawa terbahak-bahak.

"Hahahaha sebenarnya aku tak membawa daging sedikit pun, aku hanya ingin kalian berbaris agar aku dapat menyeberang sungai. Ternyata mudah sekali memanfaatkan kalian!" kata Kancil

Sekelompok buaya tersebut akhirnya marah dan hendak memakan Kancil. Tetapi sudah terlambat karena Kancil sudah lari menjauh dari mereka.

Cerita ini membuktikan bahwa kecerdikan dapat mengalahkan kekuatan.

Bercerita lebih seru dengan boneka tangan super lucu Mulai Rp25.000!

2. Siapa yang masih ingat dongeng "Si Kancil Mencuri Timun"?

Kumpulan Dongeng Si Kancil Legendaris Terbaik | Image Source: 1001 Dunia Cerita

Hayo.. pasti kalian sudah pernah dengar dongeng ini kan? Yuk kita baca lagi dongeng Si Kancil mencuri timun secara singkat.

Pada suatu hari, Kancil sedang jalan-jalan di pinggir hutan. Tiba-tiba perutnya sangat lapar. Kebetulan ia melihat ada hamparan ladang timun yang sedang berbuah. Kancil berniat mengambil mentimun tersebut. Tanpa basa-basi Kancil melewati pagar pembatas ladang dan menikmati buah mentimun yang sudah mulai masak. Setelah kenyang, Kancil pun pergi meninggalkan ladang yang telah terlihat berantakan karena ulah dirinya.

Setelah Kancil beranjak pergi, Pak Tani sang pemilik ladang datang untuk memeriksa ladang mentimun miliknya. Betapa kagetnya ia saat mengetahui jika ladangnya telah rusak dan sebagian mentimun miliknya telah raib entah ke mana.

Pak Tani kesal dengan kejadian tersebut, lalu ia memasang orang-orangan sawah yang telah diberi lem lengket untuk menjebak si pencuri ketimun. Keesokan harinya kancil kembali ke ladang untuk mengambil ketimun lagi. Betapa kagetnya ia melihat ada sosok petani yang menjaga ladang.

Bukannya merasa takut, Kancil malah menghampiri sosok petani itu.

"Hmm sepertinya Pak Tani ingin menakut - nakutiku, dia pikir aku bodoh" kata kancil sambil menendang orang-orangan sawah itu.

Tak disangka kaki Kancil tersangkut di orang-orangan sawah. Kancil pun terperangkap dan tidak bisa melarikan diri.

Pak Tani yang melihat Kancil terperangkap senang bukan kepalang. Lalu Kancil dibawa pulang ke rumah Pak Tani dan dikurung dalam sebuah kandang ayam. Kancil tak hilang akal, ia mencoba mencari cara agar bisa ke luar dari dalam kandang itu.

Kancil melihat seekor anjing peliharaan milik Pak Tani dan memanggilnya.

"Halo anjing, sedang apa kau di sana?" kata Kancil

"Aku sedang menjagamu agar kamu tak kabur ke mana-mana" kata anjing sambil menghampiri Kancil

"Aku senang sekali, besok aku akan diajak makan-makan di pesta Pak Lurah, oleh karena itu Pak Tani memintaku untuk istirahat sejenak di sini" ucap Kancil.

Sang anjing terlihat kesal karena Pak Tani tak pernah mengajaknya untuk mengunjungi pesta dan makan di rumah Pak Lurah.

"Sebenarnya aku kasihan padamu, yang telah lama mengabdi tapi tak pernah di ajak bersenag-senang. Aku punya ide nih agar besok kamu bisa ikut ke pesta Pak Lurah" sahut Kancil.

"Bagaimana caranya agar aku bisa ikut?" tanya anjing

"Kita harus bertukar posisi, agar kamu bisa menggantikanku untuk ikut ke pesta Pak Lurah" bujuk Kancil.

Akhirnya anjing pun termakan rayuan Kancil dan membantu Kancil ke luar dari kandang ayam lalu bertukar posisi. Sekarang, Kancil berhasil keluar, sementara si anjing sudah berada di dalam kandang ayam.

"Maafkan aku anjing, sebenarnya tidak ada pesta di Rumah Pak Lurah, aku hanya membohongimu agar bisa keluar dari kurungan ini" Kata kancil sambil tertawa

Betapa kesalnya anjing, dan melontarkan sumpah serapah untuk si Kancil. Tetapi, sudah terlambat, karena Kancil telah berhasil ke bebas dan pergi berlari menuju hutan.

Pesan pada dongeng Si Kancil dan harimau adalah, jangan mudah percaya terhadap omongan orang begitu saja. Walaupun Kancil cerdik, tetapi sifatnya yang suka mencuri dan membohongi anjing tidak patut dicontoh ya!

3. Pada kisah "Kancil dan Harimau", Kancil berhasil menyelamatkan dirinya dengan kecerdikannya

Kumpulan Dongeng Si Kancil Legendaris Terbaik | Image Source: Facebook/ Pada Zaman Dahulu

Pada suatu pagi Kancil terlihat sedang berjalan-jalan di pinggir hutan. Kancil bertemu dengan seekor harimau yang sedang kelaparan.

"Beruntung sekali diriku, saat sedang kelaparan, aku bertemu seekor kancil yang bisa aku jadikan makan siang" kata harimau.

"Apakah kau ingin memangsaku?" ucap kancil

"Iya, kau akan kujadikan makan siang, perutku sudah lapar sekali" jawab sang harimau.

Kancil mulai ketakutan, tetapi berkat kecerdikannya ia mencari cara agar bisa melarikan diri dari sang harimau.

"Tolong jangan santap aku, karena aku akan membocorkan rahasia besar untukmu" pinta Kancil.

"Rahasia apa?" tanya harimau

"Aku akan memberi tahumu tentang keberadaan sabuk dewa. Siapa saja yang menggunakan sabuk dewa tersebut akan bisa terbang dan punya kekuatan seperti dewa" kata kancil

Mendengar cerita Kancil, harimau pun tertarik yang membuat kesepakatan jika ia tak akan memakan Kancil dengan syarat Kancil harus menunjukan di mana letak sabuk dewa itu.

Akhirnya Kancil menunjukan tempat di mana sabuk itu berada. Tepatnya di pinggir sungai. Sabuk itu terlihat tergantung di atas pohon.

Dengan penuh semangat, harimau pun hendak menggambil sabuk tersebut.

"Hei tunggu!" Kancil mencoba menghentikan langkah harimau.

"Ada apa?"

"Dewa sedang mandi di sungai, jangan sampai ketahuan jika kamu ingin mengambil sabuknya" seru Kancil.

"Lalu bagaimana cara agar tidak ketahuan?" tanya harimau

"Kamu harus berjalan mundur ke arah sabuk itu supaya dewa tidak melihat keberadaanmu" jawab kancil

Harimau itu akhirnya menuruti apa kata Kancil. Ia berjalan mundur ke arah pohon itu. Setelah mendekat, betapa kagetnya harimau saat seekor ular melilit lehernya. Ternyata itu bukanlah sabuk dewa, melainkan ular yang sedang kelaparan.

"Kurang ajar kau kancil" seru harimau yang terlihat menahan rasa sakit.

Akhirnya Kancil berhasil melarikan diri dan berlari menjauh sambil melepaskan tawanya. Kancil pun bisa menyelamatkan dirinya dengan kecerdikan yang ia miliki.

Dari dongeng Si Kancil ini kita bisa menyimpulkan dengan kecerdasan yang dimiliki, dapat menyelamatkan kita dari mara bahaya.


Nah, itu dia kumpulan dongeng Si Kancil yang mengingatkan kita kepada dongeng sebelum tidur masa kecil. Jangan lupa ceritakan kembali dongeng Si Kancil kepada anak, adik, atau keponakan Jakmallers ya!

Cari buku berkualitas buat si kecil? Yuk kepoin koleksi buku edukasi mulai dari Rp4.500!

Jangan lupa baca Jakmall Blog untuk informasi ter-update lainnya!