Jadikan teladan yuk!

Sahabat nabi merupakan orang yang mengenal dan melihat langsung Nabi Muhammad SAW dan membantu perjuangannya. Para sahabat nabi ikut berkontribusi dalam perjalanan Islam sebagai agama yang sempurna.

Ada baiknya kita mengenal para sahabat nabi dan mengetahui kisah perjalanan hidup yang pernah beliau lewati. Berikut ini Jakmall.com telah merangkum kumpulan kisah sahabat nabi yang memiliki sifat terpuji dan layak dijadikan sebagai teladan.

1. Abu Bakar Ash-Shiddiq dikenal loyal dan penuh keistimewaan

Kumpulan Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi | Image Source: Denny Putra/detikcom

Yuk lengkapi perlengkapan ibadah di rumah, Mulai dari Rp2.500!

Kisah sahabat nabi yang pertama adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Beliau merupakan salah satu sahabat nabi yang pertama kali masuk islam. Lahir di Mekah dengan nama Abdul Ka’bah. Setelah menjadi mualaf, namanya berubah menjadi Abdullah. Nama Abu Bakar sendiri diberikan oleh Rasulullah yang artinya "Bapak anak unta muda".

Abu bakar diangkat menjadi khalifah menggantikan Rasullulah yang telah wafat. Pada masa kepemimpinannya, Abu Bakar mempunyai peran penting dalam menyebarkan agama Islam di luar jazirah Arab seperti penyebaran ke arah utara di antaranya Iraq dan Syiria.

Abu Bakar memiliki banyak kemuliaan salah satunya karena loyalitasnya. Abu Bakar pernah melindungi Rasul pada saat terjadi serangan bertubi-tubi dalam perang Uhud. Selain itu, beliau memiliki kepiawaian saat berdiplomasi sehingga mampu menyelesaikan problematika termasuk saat kabilah-kabilah bangsa Arab enggan membayar zakat sepeninggal Rasulullah SAW.

Abu Bakar meninggal pada tahun 634 M di kota Madinah dan dimakamkan tepat di samping makam Rasulullah SAW. Dari kisah sahabat nabi ini, kita dapat meneladani loyalitas dan kerendahan hati Abu Bakar Ash-Shiddiq.

2. Kisah Umar bin Khattab masuk Islam hingga wafatnya beliau

Kumpulan Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi | Image Source: tfamanasek.com

Umar bin Khattab lahir di Mekah dari Bani Adi, salah satu rumpun suku Quraisy. Pada suatu hari, Umar hendak ingin membunuh Rasulullah SAW. Saat itu juga ia mendengar kabar bahwa saudara perempuannya telah memeluk Islam. Akhirnya, Umar kembali ke rumah dan mendapatkan saudaranya sedang melantunkan surah Thaha. Umar pun luluh dengan isi dari surah tersebut dan memutuskan untuk menjadi mualaf.

Pada tahun 622 Masehi, Umar ikut berhijrah dengan Rasulullah SAW ke Yastrib Madinah. Beliau ikut serta dalam beberapa peperangan di antaranya perang Badar, perang Uhud, dan perang Khaybar. Umar dikenal sebagai orang yang sangat membela Rasullulah SAW. Bahkan, ia juga ikut menentang kawan lamanya yang menentang Rasullulah SAW.

Umar bin Khattab merupakan khalifah kedua yang menggantikan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Pada masa kepemimpinanya, beliau punya peran penting dalam menyebarkan agama Islam ke Mesopotamia. Umar dikenal sebagai pemimpin yang bergaya hidup sederhana di saat banyak penguasa bergaya hidup mewah. Beliau dikenal sebagai pemimpin yang cerdas. Sehingga ia juga banyak berperan dalam perkembangan hukum Islam.

Umar bin Khattab wafat karena dibunuh oleh Abu Lukluk. Ia merupakan seorang budak yang sakit hati karena Persia berhasil ditaklukan oleh Umar. Dari kisah sahabat nabi yang bernama Umar bin Khattab, kita bisa meneladani kesederhanaan, kecerdasan, dan ketangguhan beliau.

3. Utsman bin Affan sang pemilik dua cahaya

Kumpulan Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi | Image Source: islami.co

Lahir pada 574 Masehi dari golongan Bani Umayyah. Utsman bin Affan merupakan saudagar kaya yang amat dermawan. Beliau menjadi mualaf setelah mendengar dakwah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Utsman juga merupakan khalifah ketiga yang menggantikan Umar bin Khattab setelah wafat.

Utsman bin Affan dijuluki pemilik dua cahaya karena menikah dengan dua putri Rasulullah SAW. Beliau memimpin berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah dan dikenal sebagai pemimpin yang lembut serta bijaksana. Banyak pencapaian yang telah diraih pada saat masa kepemimpinanya. Di antaranya perluasan wilayah kekuasaan Islam hingga penyeragaman penulisan Al Qur’an.

Suatu hari para pemberontak datang dan meminta agar Utsman meninggalkan kekhalifahannya. Jika tidak, mereka akan membunuhnya. Utsman meminta para sahabat untuk meninggalkan rumahnya tanpa melakukan pembelaan. Hal ini dilakukan untuk menghindari pertumpahan darah. Hingga akhirnya pedang-pedang itu menyayat tubuh Utsman yang hari itu tengah berpuasa. Utsman terus membaca kitabullah hingga akhirnya wafat.

Utsman bin Affan menjadi teladan bagi kita untuk bersikap dermawan dan menggunakan harta bendanya di jalan Allah SWT.

Nah, itu dia kumpulan kisah sahabat nabi yang penuh perjuangan. Semoga kumpulan kisah sahabat nabi tersebut bisa menjadi inspirasi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.


Ayo belanja murah meriah di promo Lebaran Bersama Jakmall!

Baca Blog Jakmall untuk informasi seputar Ramadhan lainnya :)