8 Lagu Bertema Kemerdekaan hingga 2020, Syahdu dan Penuh Semangat!

8 Lagu Bertema Kemerdekaan hingga 2020, Syahdu dan Penuh Semangat!

Merdeka!

Gak terasa ya sebentar lagi kita akan menyambut HUT-RI ke 75. Tahun 2020 merupakan momen perjuangan dan tak mudah untuk dilewati. Meski begitu, pandemi bukan jadi alasan buat melewatkan Hari Kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus ini.

Walaupun tak bisa semeriah tahun-tahun sebelumnya, kita masih bisa merayakannya dengan rasa penuh semangat lewat lagu bernuansa kemerdekaan. Berikut ini Jakmall Blog telah merangkum 8 lagu bertema kemerdekaan untuk meriahkan momen 17 Agustus.

1. Indonesia Raya merupakan lagu wajib di setiap momen perayaan kemerdekaan

Lagu Bertema Kemerdekaan hingga 2020, Syahdu dan Penuh Semangat | Sumber Gambar: Shutterstock/Sony Herdiana

Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan Republik Indonesia dan dinyanyikan saat memperingati momen bersejarah. Termasuk pada peringatan Hari Kemerdekaan di setiap tahunnya. Pengibaran bendera merah putih yang diiringi lagu Indonesia Raya merupakan salah satu cara menghargai jasa para pahlawan. Jangan lupa juga untuk mengirim doa kepada pahlawan yang telah mendahului kita ya, Jakmallers!

Putar lagu kemerdekaan pakai perlengkapan audio berkualitas, Diskon Hingga 82%!

2. Lagu "Kebyar-Kebyar" yang dipopulerkan Gombloh seakan tak lekang oleh waktu

Lagu Bertema Kemerdekaan hingga 2020, Syahdu dan Penuh Semangat! | Sumber Gambar: tirto.id

Lagu Kebyar-Kebyar dirilis pada tahun 1979. Lagu ini dinobatkan sebagai salah satu dari 150 lagu Indonesia terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone. Lagu ini mengandung lirik yang puitis dan menggentarkan hati. Walaupun merupakan lagu lawas, Kebyar-Kebyar masih menjadi lagu favorit yang dinyanyikan saat momen kemerdekaan.

3. Lagu Agustusan versi anak muda berjudul "Bendera" ini bakal bikin kamu tambah semangat

Lagu Bertema Kemerdekaan hingga 2020, Syahdu dan Penuh Semangat!

Bendera adalah lagu milik band Cokelat yang dirilis pada tahun 2001. Lagu dengan genre pop penuh semangat ini, mampu mengibarkan semangat kemerdekaan di hati anak muda. Hayo siapa di sini yang sudah hafal lirik lagu kemerdekaan Indonesia bernuansa modern ini?

4. "Hari Merdeka" jadi lagu penuh semangat untuk rayakan kemerdekaan

Lagu Bertema Kemerdekaan hingga 2020, Syahdu dan Penuh Semangat! | Sumber Gambar: kompas.com

Lagu Hari Merdeka diciptakan oleh H. Mutahar. Lagu ini pertama kali dirilis pada tahun 1946. Saat akan dibuang ke Sumatera, Bung Karno sempat menitipkan Bendera Pusaka kepada H. Mutahar. Selain lagu Kemerdekaan, H. Mutahar juga menciptakan lagu bersejarah lainnya, seperti Hymne Pramuka dan Syukur.

Temukan aksesoris alat musik di sini Mulai Rp47.000

5. Rayakan kemerdekaan di tengah berbagai perbedaan dengan lagu Superman Is Dead berjudul "Kuat Kita Bersinar"

Lagu Bertema Kemerdekaan hingga 2020, Syahdu dan Penuh Semangat! | Sumber Gambar: pophariini.com

Walaupun bukan diciptakan dalam rangka merayakan kemerdekaan, lagu Kuat Kita Bersinar dapat dijadikan lagu penyemangat untuk bersama-sama membangun bangsa di tengah berbagai perbedaan.

6. Musisi Indonesia berkolaborasi membawakan lagu "Rayuan Pulau Kelapa"

Lagu Bertema Kemerdekaan hingga 2020, Syahdu dan Penuh Semangat! | Sumber: YouTube/ Netijen Explorer

Lagu Rayuan Pulau Kelapa diciptakan oleh komponis legendaris Ismail Marzuki. Menceritakan tentang keindahan Indonesia dengan nuansa alamnya. Pada tahun 2017, para musisi Indonesia dari berbagai generasi berkolaborasi membawakan lagu yang berlirik indah ini.

7. Lagu "Indonesia Now" menggambarkan keadaan Indonesia pada saat ini

Lagu Bertema Kemerdekaan hingga 2020, Syahdu dan Penuh Semangat!| Sumber Gambar: Dok Gojek Indonesia

Pada momen kemerdekaan 2020 memang tak dirayakan seperti sebelumnya. Hampir semua aktivitas ditunjang oleh peralatan digital. Nah, lagu milik Slank ini pas banget buat menggambarkan kondisi Indonesia pada saat ini.  

8.  "Demi Raga yang Lain" ditujukan untuk semua pahlawan masa kini

Lagu Bertema Kemerdekaan hingga 2020, Syahdu dan Penuh Semangat! | Sumber: YouTube/Eka Gustiwana

Hari Kemerdekaan identik dengan perayaan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia. Tetapi, pahlawan tak hanya datang dari masa lalu saja. Di tahun 2020, momen kemerdekaan harus diperingati di tengah pandemi. Di mana tenaga medis dan kita semua sama-sama berjuang untuk orang lain dan diri sendiri. Lagu Demi Raga Lain menggambarkan perjuangan yang sedang kita lewati agar dapat hidup bebas dan merdeka seperti sedia kala.

Nah, itu dia 8 lagu bertema kemerdekaan yang rilis hingga 2020. Semoga bisa menjadi penyemangat untuk kita semua dalam memperingati momen kemerdekaan pada tahun ini ya Jakmallers!


Yuk putar lagu kemerdekaan dengan Speaker Portabel! Beli di sini Diskon hingga 60%

Baca terus Jakmall Blog untuk informasi menarik lainnya :)

Baca juga: Ide Dekorasi Kampung 17 Agustus 2020 untuk Rayakan Kemerdekaan