Manfaat Buah Kurma, Buah Manis yang Banyak Dikonsumsi di Bulan Ramadhan

Dengan rasanya yang manis dan kandungan nutrisi yang lengkap, kurma menjadi pilihan paling tepat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Manfaat Buah Kurma, Buah Manis yang Banyak Dikonsumsi di Bulan Ramadhan
Image Source: Unsplash

Jika ada buah yang ramai dicari saat bulan ramadhan, buah kurma adalah salah satunya. Buah yang satu ini sangat cocok dihidangkan saat berbuka puasa. Hal ini juga didasarkan oleh anjuran Nabi untuk mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa dalam jumlah tertentu.

Tidak hanya itu, kurma juga memiliki rasa yang manis serta memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat yang terkandung di dalam buah kurma? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mencukupi Kebutuhan Kalori

Buah kurma ternyata merupakan salah satu buah yang memiliki nilai kalori yang tinggi. Buah dengan kalori yang tinggi ini sangat diperlukan oleh tubuh agar dapat bekerja secara optimal.

Apabila Anda merasa lemas saat berpuasa, bisa jadi tubuh sedang mengalami kekurangan kalori. Dengan mengkonsumsi buah sarat kalori seperti buah kurma, kebutuhan kalori pada tubuh dapat cepat terpenuhi sehingga tubuh jadi lebih segar dan rasa lemas pun akan segera menghilang.

Mencukupi Kebutuhan Gizi

Mengkonsumsi buah kurma memang baik untuk kesehatan tubuh karena buah kurma memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya. Dilansir dari laman kemkes.go.id, di dalam satu buah kurma terkandung berbagai kandungan gizi yang baik untuk tubuh, seperti lemak, karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin, zat besi dan potasium.

Dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin dengan jumlah yang tidak berlebihan, maka asupan gizi Anda selama bulan ramadhan akan terjaga dengan baik.

fruits naturmort
Image Source: Unsplash

Makanan Manis yang Cocok Untuk Diabetes

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula adalah pantangan yang harus dihindari. Namun tidak dengan buah kurma, meski rasanya manis, kandungan gula di dalam buah kurma ternyata rendah sehingga kurma aman dikonsumsi oleh penderita diabetes selama dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Mengatur Pola Diet

Tahukah Anda bahwa kurma dapat membantu dalam melakukan program diet? Kandungan buah kurma yang rendah gula membuat kurma menjadi makanan yang baik bagi orang yang sedang diet.

Selain itu, kurma juga kaya akan serat yang dapat membuat perut mudah kenyang, sehingga Anda dapat mengurangi mengkonsumsi makanan lainnya. Serat dari buah kurma juga sangat baik untuk mencegah masalah kesehatan seperti sembelit sehingga buang air dapat lebih nyaman dan teratur.

***
Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mengkonsumsi kurma. Dengan rasanya yang manis dan kandungan nutrisi yang lengkap, kurma menjadi pilihan paling tepat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Apabila Anda belum memiliki tempat untuk menyimpan kurma, Anda bisa menyimpannya dengan toples kedap udara sehingga kurma dapat lebih awet dan tahan lama. Toples-toples dengan tampilan menarik bisa Anda dapatkan di Jakmall.com dengan harga yang terjangkau.