3 Manfaat Konsumsi Daging Merah Secara Rutin

Yuk, kenali beberapa manfaat konsumsi daging merah dengan rutin! Dijamin bikin perut kenyang dan hati senang!

3 Manfaat Konsumsi Daging Merah Secara Rutin
Image Source: Freepik

Daging merah merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan. Rasanya yang lezat serta banyaknya kandungan gizi yang dimiliki membuat daging jadi bahan makanan yang populer.

Selain enak dimakan jenis daging ini juga punya beberapa manfaat untuk kesehatan. Sebelum kita bahas lebih jauh tentang manfaatnya, yuk, kenalan dulu dengan apa itu daging merah.

Apa Itu Daging Merah?

Daging merah adalah istilah yang digunakan untuk mengelompokkan daging berwarna kemerahan yang meliputi daging sapi, kambing, domba, hingga kuda.

Daging ini memiliki warna merah karena memiliki kandungan mioglobin atau protein yang terletak pada otok jika dibandingkan daging putih, seperti daging ayam, kelinci, dan kalkun.

Berbeda dari daging putih, jenis daging ini dikenal memiliki rasa lebih kaya dan harga yang lebih mahal. Tentu kandungan gizi di dalamnya juga berbeda.

Manfaat Konsumsi Daging Merah

Meski identik dengan kesan mewah dan mahal, ternyata mengkonsumsi daging merah secara rutin dapat memberikan efek yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat konsumsi daging merah yang bisa kamu dapatkan.

1. Kaya Akan Zinc dan Zat Besi

Kaya Akan Zinc dan Zat Besi
Image Source: Freepik

Dalam setiap 100 gram daging merah, kamu bisa menemukan 4.18 mg zinc dan 1.94 mg zat besi. Kedua zat ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Zinc merupakan salah satu mineral yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Sayangnya tubuh tidak bisa memproduksi mineral ini secara alami. Konsumsi jenis daging ini dalam jumlah yang wajar dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu penyembuhan luka, hingga mengurangi peradangan.

Sedangkan zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang bekerja untuk mengikat oksigen dan menyebarkan nutrisi ke seluruh tubuh. Maka konsumsi daging merah membuat tubuh bisa melakukan lebih banyak aktivitas berat serta meningkatkan kemampuan kognitif.

Jual KNIFEZER Alat Slice Daging Meat Lamb Cutter Machine - SKP229
Perlengkapan Dapur & Alat Masak KNIFEZER Alat Slice Daging Meat Lamb Cutter Machine - SKP229 harga Rp 123.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Bantu Turunkan Berat Badan

Bantu Turunkan Berat Badan
Image Source: Freepik

Pernahkah kamu mendengar diet karnivora? Jika belum pernah, diet karnivora adalah jenis diet yang dilakukan hanya dengan mengonsumsi makanan hewani seperti daging, telur, serta sedikit produk olahan susu seperti keju dan susu.

Memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, kamu bia menggunakan daging merah sebagai sumber energi utama saat saat sedang diet. Dilansir dari Healthline, konsumsi jenis daging ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Kaya akan protein, konsumsi daging ini membuat kamu kenyang lebih lama jika dibandingkan bahan makanan lainnya. Tak hanya itu, rendahnya kandungan karbohidrat menyebabkan tubuh menggunakan energi cadangan dari gula dan lemak yang ada. Dengan begitu, lama-kelamaan berat badan tubuh akan berkurang.

3. Rasa yang Lebih Lezat

Rasa yang Lebih Lezat
Image Source: Freepik

Selain kedua hal di atas, bonus dan manfaat konsumsi daging merah yang disukai banyak orang adalah kelezatan rasanya.

Para meat lovers pasti sudah tidak asing lagi dengan perbedaan rasa daging merah dan daging lainnya. Jenis daging ini punya kandungan lemak yang bisa menambahkan cita rasa khas.

Daging merah juga hadir dalam berbagai kualitas dengan tingkat kelembutan dan kepadatan yang berbeda sehingga lebih lezat saat dikonsumsi.

Jual Yangjiang Alat Penghalus Daging Steak Tenderizer Beef
Perlengkapan Dapur & Alat Masak Yangjiang Alat Penghalus Daging Steak Tenderizer Beef Hammer - SKP230 harga Rp 16.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Potongan daging sapi seperti sirloin dan tenderloin memiliki kandungan gizi yang menyehatkan serta rasa yang nikmat. Kamu bisa mengolahnya dengan tingkat kematangan dan bumbu yang bervariasi.

Meskipun cenderung lebih mahal, daging merah bisa dikreasikan menjadi berbagai hidangan yang unik dan pastinya lezat. Kamu pun tidak akan bosan untuk mengkonsumsi daging merah secara rutin.


Sumber:

Streit, Lizzie. All You Need to Know About the Carnivore (All-Meat) Diet. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/carnivore-diet