8 Manfaat Olahraga Golf bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Sering disebut sebagai olahraga para sultan, berikut beberapa manfaat olahraga golf untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Simak selengkapnya di sini!

8 Manfaat Olahraga Golf bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran
Image Source: Pexels/Jopwell

Bagi yang tinggal di perkotaan pasti sudah tidak asing dengan olahraga golf. Olahraga yang digemari banyak orang ini seringkali diidentikan dengan para sultan atau orang kaya. Pasalnya biaya yang dikeluarkan untuk melakukan olahraga ini tidak murah. Kamu bisa menghabiskan hingga belasan juta untuk satu kali bermain golf.

Meski membuat kantong kering, olahraga ini memiliki banyak manfaat yang membuatnya berhasil jadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Berikut beberapa manfaat olahraga golf bagi kesehatan tubuh dan pikiran yang wajib kamu tahu.

Manfaat Olahraga Golf untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Dilakukan dengan memasukkan bola pada lubang yang ada di lapangan, olahraga ini mengharuskan kamu melakukan berbagai gerakan. Perpaduan gerakan, suasana lapangan, dan banyak faktor lainnya membuat olahraga ini baik untuk tubuh dan pikiran.

Apa saja manfaat olahraga golf yang bisa kamu dapatkan? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Membantu Membakar Kalori

Manfaat olahraga golf yang pertama adalah membantu membakar kalori. Walau sederhana, gerakan mengangkat, mengayun, dan memukul yang dilakukan saat bermain golf dapat membakar kalori.

Selain itu, lapangan golf dengan luas puluhan kilo membuat kamu harus berjalan setidaknya dua hingga lima kilometer untuk menyelesaikan satu permainan dengan 18 lubang. Tentunya kalori yang terbakar semakin meningkat jika kamu memutuskan untuk membawa semua perlengkapan golf sendiri.

Jual VKTECH Tas Jinjing Travel Bag Duffle Foldable Waterproof
Tas Anak Perempuan VKTECH Tas Jinjing Travel Bag Duffle Foldable Waterproof 480 mm - VK120 harga Rp 18.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Dalam satu kali permainan, setidaknya kamu bisa membakar hingga 10.000 kalori sehingga olahraga ini banyak dipilih oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Meningkatkan Kinerja Otak
Image Source: Pexels/Pixabay

Olahraga golf membutuhkan tingkat fokus dan konsentrasi tinggi agar kamu bisa memasukkan bola dalam satu pukulan. Koordinasi tangan dan mata juga diperlukan agar dapat menghasilkan pukulan yang tepat dan tidak meleset.

Hal ini membuat otak harus bekerja ekstra untuk membidik dan memperkirakan tenaga yang harus dikeluarkan saat memukul. Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini dapat melatih kemampuan otak untuk menemukan solusi dan meningkatkan fokus para pemainnya.

3. Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh agar dapat bekerja dengan maksimal. Sayangnya jenis vitamin ini tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh.

Termasuk dalam jenis olahraga outdoor, saat bermain golf kamu akan terkena paparan sinar matahari yang dapat mencukupi kebutuhan vitamin D. Asupan vitamin D yang cukup dapat membantu menjaga kepadatan tulang hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Jangan lupa untuk menggunakan sunblock dan sunscreen agar kamu bisa berolahraga dengan tenang tanpa khawatir terkena bahaya sinar UV.

Jual SportsC Topi Baseball Golf Pria Outdoor Fashion Line Cap
Topi SportsC Topi Baseball Golf Pria Outdoor Fashion Line Cap Long Visor - MZ87 harga Rp 10.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung
Image Source: Pexels/Kampus Production

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, olahraga ini mengharuskan tubuh untuk melakukan berbagai gerakan dan berjalan. Kombinasi kedua gerakan ini meningkatkan detak jantung dan aliran darah yang dapat meningkatkan kekuatan otot pada jantung.

Jika dilakukan secara rutin, olahraga golf dapat mengurangi kadar gula dan kolesterol jahat pada tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Setelah seharian memasukkan bola ke 18 lubang dan berjalan beberapa kilometer tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat dan memulihkan tenaga.

Jual Chillow Bantal Dingin Solusi Tidur Nyenyak - PR776
Perlengkapan Rumah Lainnya Chillow Bantal Dingin Solusi Tidur Nyenyak - PR776 harga Rp 22.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Tubuh yang kelelahan dapat membuat seseorang tidur lebih cepat dan lebih nyenyak sehingga dapat bangun dengan segar di pagi hari.

Kualitas tidur yang meningkat juga memungkinkan tubuh untuk meregenerasi sel dan memulihkan otot dengan maksimal.

6. Menjaga Kesehatan Lansia

Menjaga Kesehatan Lansia
Image Source: Pexels/Centre for Ageing Better

Menjaga kesehatan lansia jadi manfaat olahraga golf selanjutnya yang wajib kamu pertimbangkan. Gerakan yang tidak terlalu intens membuat olahraga ini dapat dimainkan oleh lansia sekalipun.

Olahraga golf membuat tubuh tetap bergerak dan melancarkan sirkulasi darah sehingga dapat mengurangi rasa kaku pada persendian. Selain itu kamu juga dituntut untuk tetap stabil yang dapat meningkatkan keseimbangan pada lansia.

7. Mengurangi Stres

Golf biasanya dimainkan secara berkelompok bersama teman atau keluarga. Olahraga ini memberikan waktu untuk berinteraksi dengan orang lain untuk sejenak melupakan padatnya tugas dan pekerjaan dengan membahas tentang hobi.

Lapangan golf yang asri dan dikelilingi pepohonan hijau juga membuat kamu dapat merasa rileks.

Saat bermain golf, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang berperan untuk mengurangi rasa sakit dan stres setelah sibuk beraktivitas.

8. Melatih Penglihatan

Melatih Penglihatan
Image Source: Pexels/Seteve Momot

Manfaat olahraga golf terakhir adalah melatih penglihatan. Saat bermain golf, kamu diharuskan untuk memantau lubang yang berada jauh di ujung lapangan.

Agar dapat memukul bola ke arah yang tepat kamu haru melatih otot mata agar fokus dan tajam. Aktivitas ini dapat meningkatkan kekuatan otot pada mata serta kemampuannya untuk melihat objek pada jarak jauh.

Manfaat main golf untuk kesehatan dan pikiran memang membuat olahraga satu ini semakin menarik untuk dicoba. Jika tidak ingin repot berjalan dan membawa perlengkapan golf sendiri, kamu bisa menggunakan jasa caddy untuk membantu kamu selama berolahraga.

Selamat berolahraga Jaknoters!


Sumber:

WebMD. Health Benefits of Golf. https://www.webmd.com/fitness-exercise/health-benefits-of-golf#091e9c5e82448360-3-10

Circle Health Club. 10 Great Benefits of Playing Golf. https://www.circlehealthgroup.co.uk/health-matters/mens-health/10-great-benefits-of-playing-golf