5 Manfaat Renang untuk Kesehatan, Efektif Bakar Kalori!

Jadi salah satu olahraga paling populer di dunia, berikut beberapa manfaat renang yang baik untuk kesehatan.

5 Manfaat Renang untuk Kesehatan, Efektif Bakar Kalori!
Image Source: Pexels

Akhir pekan yang kosong memang paling tepat diisi dengan kegiatan yang menyehatkan seperti berolahraga. Tidak hanya bisa menguatkan otot-otot pada tubuh, aktivitas ini juga dapat membakar kalori dalam tubuh.

Jika tidak ingin kerepotan dengan derasnya keringat yang mengucur, olahraga renang bisa jadi pilihan terbaik untukmu. Termasuk dalam jenis kardio, olahraga ini punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Penasaran dengan berbagai manfaat renang? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Berbagai Manfaat Renang untuk Kesehatan

Membutuhkan gerakan tangan dan kaki agar bisa mengapung dan bergerak di dalam air, berikut beberapa manfaat renang untuk kesehatan yang wajib kamu tahu..

1. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
Image Source: Pexels

Manfaat renang yang pertama adalah menurunkan berat badan. Jenis olahraga ini mengharuskan tubuh unutk bergerak secara konsisten. Gerakan ini dapat membakr energi, kalori, dan lemak dalam tubuh.

Ketika jumlah energi yang dibakar lebih banyak dari energi yang masuk, maka berat badanmu secara perlahan akan turun.

Jika rutin melakukan olahraga ini, kamu bisa membakar 500 sampai 600 kalori setiap jamnya. Berdasarkan beberapa penelitian, jumlah kalori yang terbakar hanya memiliki selisih 3% jika dibandingkan bersepeda dan 11% ddibanding berlari dengan waktu yang sama.

2. Melatih Otot dan Fleksibilitas

Melatih Otot dan Fleksibilitas
Image Source: Pexels

Saat berenang tubuh dintuntut terus bergerak secara konsisten. Setiap gerakan ini mampu melatih bagian tertentu dalam tubuh sehingga membuat massa otot meningkat.

Berdasarkan penelitian, olahraga satu ini dapat meningkatkan massa otot trisep hingga 23.8% jika dilakukan secara rutin selama 8 minggu.

Tidak hanya otot lengan dan kaki, olahraga ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot jantung. Saat berenang, jantung akan memompa lebih banyak darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.

Proses inilah yang membuat kamu terhindar dari resiko penyakit jantung dan stroke.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Memperbaiki Kualitas Tidur
Image Source: Pexels

Manfaat berenang selanjutnya adalah dapat memperbaiki kualitas tidur. Saat melakukan olahraga ini tubuh mengeluarkan banyak energi agar dapat mengapung di atas air.

Setelah menyelesaikan beberapa puluh putaran tentu tubuh akan merasa lelah dan membutuhkan istirahat. Hal inilah yang membuat banyak orang merasa kualitas tidurnya meningkat setelah berenang.

Penelitian yang dilakukan pada penderita insomnia juga menunjukkan hasil positif di mana banyak orang lanjut usia berusia di atas 50 tahun dapat tidur dengan tenang setelah mengikuti kelas berenang.

4. Meringankan Nyeri Sendi

Meringankan Nyeri Akut
Image source: Pexels

Jika kamu memiliki masalah nyeri sendi, renang bisa jadi pilihan olahraga yang tepat. Pasalnya daya apung air memberi hambatan tambahan saat kamu berolahraga.

Hambatan ini bekerja bagaikan dumble sehingga membuat sendi yang awalnya kaku menjadi lebih lentur. Tentunya latihan ini efektif untuk mengurangi rasa sakit saat nyeri sendi kambuh.

Penelitian yang dilaukan National Library of Medicine pada penderita osteoarthritis menunjukkan hasil popsitif, di mana peserta yang mengikuti kelas renang selama selama tiga bulan mengaku rasa nyeri dan kaku pada persendiannya berkurang serta kekuatan otot mereka meningkat.

5. Memperbaiki Mood

Memperbaiki Mood
Image Source: Pexels

Manfaat renang terakhir adalah dapat meningkatkan mood. Saat kamu berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa tidak nyaman. Tak heran banyak orang yang merasa lebih fresh setelah berenang.

Selain itu, bermain air di kolam renang yang luas seperti waterpark juga dapat menjaga kesehatan mental. Kini sudah banyak waterpark yang menyediakan berbagai macam wahana permainan, seperti kolam arus, kolam ombak, perahu karet, hingga perosotan ekstrim.

Jual Rompi Renang Anak Pelampung Tiup Swim Vest Pool Keselamatan
Pelindung Tubuh & Decker Rompi Renang Anak Pelampung Tiup Swim Vest Pool Keselamatan harga Rp 32.500 dikirim dari Surabaya, Jawa Timur. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Saat kamu asyik bermain air, tanpa sadar kamu juga banyak bergerak sehingga energi tubuh pun terbakar secara alami. Jadi, berenang dapat menjaga kesehatan mental dan fisik secara bersamaan.

Tips agar Konsisten Berenang

Renang memiliki banyak variasi gerakan. Setiap gerakan pun mampu mengaktivasi otot dan sendi tubuh di bagian berbeda. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah mencari gaya renang yang bisa dilakukan dengan nyaman dan tidak membebani tubuh.

Gaya renang yang umum adalah gaya bebas dan gaya katak. Kedua gaya ini tidak menuntut koordinasi gerak tubuh yang kompleks, tapi juga tidak terlalu santai sehingga jantung akan bekerja ekstra untuk memulai proses kardio.

Cobalah untuk berenang secara konsisten. Buat goals kecil seperti berenang selama 50 meter tanpa berhenti, melakukan gaya bebas selama 10 menit, dan lain-lain. Saat membuat goals, pastikan kembali kapabilitas tubuh. Renang secara konsisten mampu mengadaptasi tubuh sehingga bisa mencapai batas fisik yang lebih tinggi.

Jual RUIHE Kacamata Renang Anti Fog UV Protection - RH5310
Kacamata Renang RUIHE Kacamata Renang Anti Fog UV Protection - RH5310 harga Rp 37.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Manfaat olahraga renang memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Walau begitu, pastikan kamu memulai olahraga ini dengan intensitas kecil dan tak lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tubuh tidak kaget.

Selamat berolahraga!


Sumber

Marcin, Ashley. What Are the Top 12 Benefits of Swimming?. https://www.healthline.com/health/benefits-of-swimming

Asp, Karen. Health Benefits of Swimming. https://www.everydayhealth.com/fitness/health-benefits-of-swimming/