Minum Kopi saat Puasa Apakah Boleh? Ini Jawabannya!

Khawatir perut kembung jika minum kopi saat puasa? Simak penjelasan berikut agar bisa menikmati kopi dan tetap sehat sepanjang bulan Ramadan.

Minum Kopi saat Puasa Apakah Boleh? Ini Jawabannya!
Image Source: Freepik/freepik

Bagi sebagian orang, kopi adalah penyemangat utama untuk menghadapi hari. Meski sebagian orang khawatir tentang efek kafein pada tubuh, tetapi sebenarnya, minum kopi dengan bijak dapat memberikan manfaat yang luar biasa.

Salah satu momen di mana kita harus mempertimbangkan konsumsi kopi adalah di saat bulan Ramadan. Apakah boleh minum kopi saat puasa? Untuk mendapatkan jawabannya. Yuk, simak artikel berikut ini.

Minum Kopi saat Puasa dari Segi Kesehatan

Minum Kopi saat Puasa dari Segi Kesehatan
Image Source: Freepik/KamranAydinov

Ngopi saat sahur atau berbuka bukan sekadar kebiasaan, tapi juga ritual yang menciptakan suasana hangat. Saat kita duduk bersama keluarga atau teman-teman sambil menyeruput kopi, suasana pun menjadi lebih akrab.

Melansir dari artikel Alodokter, boleh saja minum kopi saat puasa. Utamanya bagi Anda yang tidak memiliki kondisi medis tertentu, seperti maag dan GERD. Bagi beberapa orang, kafein di dalam kopi bisa memicu kontraksi otot di saluran cerna.

Beberapa juga mengaitkannya dengan peningkatan produksi asam lambung. Jadi jika Anda meminumnya di saat kondisi perut kosong, khawatir akan muncul berbagai keluhan pencernaan.

Lebih lengkapnya, kopi dapat meningkatkan asam klorida dan cairan lambung. Fungsinya adalah untuk menghancurkan makanan dalam perut. Jika kondisi perut kosong, bagian dalam perut bisa rusak dan maag.

Kondisi kesehatan lain yang perlu diperhatikan adalah irritable bowel syndrome dan intoleransi laktosa. Bagi penderita irritable bowel syndrome, kafein bisa menyebabkan diare. Sementara kopi susu bisa membuat perut begah bagi Anda yang intoleransi laktosa.

Kapan Waktu Minum Kopi saat Puasa?

Kapan Waktu Minum Kopi saat Puasa?
Image Source: Freepik/freepik

Di dalam website Liputan 6, ahli nutrisi PERSAGI, Rita Ramayulis memaparkan bahwa risiko peningkatan asam lambung bisa terjadi jika minum kopi saat buka puasa. Sementara minum kopi saat sahur bisa mempermudah dehidrasi.

1. Jangan Minum Kopi saat Sahur

Minum kopi saat puasa utamanya di waktu sahur sebaiknya dihindari. Di atas telah dijelaskan bahwa minum kopi saat perut kosong bisa menimbulkan beberapa masalah pencernaan.

Terlebih lagi, minum kopi saat puasa di jam sahur bisa membuat tubuh terasa lemas. Alasannya karena kopi mengganggu kinerja hormon kortisol. Apa itu hormon kortisol?

Jual One Two Cups Gelas Kopi Stainless Steel Insulation Sealed
Alat Makan Dan Minum One Two Cups Gelas Kopi Stainless Steel Insulation Sealed Cup 497ml - FG9 harga Rp 29.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Hormon kortisol memberikan beberapa manfaat bagi tubuh, salah satunya menambah energi dan meningkatkan fokus. Tubuh bisa memproduksi hormon ini salah satunya saat Anda bangun tidur untuk sahur.

Sayangnya, hormon kortisol tidak bertahan lama dan akan menurun saat siang atau sore hari. Itu sebabnya, minum kopi saat puasa di jam sahur dalam keadaan perut kosong akan mengganggu kerja hormon kortisol.

Jika Anda memiliki aktivitas yang padat di saat puasa, sebaiknya tidak minum kopi di saat sahur. Risikonya adalah menjadi lemas dan kurang bertenaga untuk melakukan pekerjaan.

2. Waktu Terbaik Minum Kopi saat Puasa

Jika terbiasa minum kopi, lalu harus berhenti minum kopi saat puasa, bisa saja timbul masalah kesehatan lain. Sebagai solusinya, Anda harus mempertimbangkan dengan baik kapan waktu yang tepat untuk minum kopi saat puasa.

Untuk menurunkan risiko kesehatan saat minum kopi saat puasa, sebaiknya minum kopi setelah perut sudah terisi. Barulah setelah itu Anda bisa menyeruput kopi kesukaan. Risiko naiknya asam lambung pun dapat berkurang.

Dapat disimpulkan bahwa waktu terbaik untuk minum kopi saat puasa adalah 1-2 jam setelah berbuka puasa. Di jam-jam ini, perut Anda pasti sudah terisi dengan makanan buka puasa.

Usahakan minum kopi saat puasa setelah berbuka tidak lebih dari jam 8 malam. Mengingat kopi mengandung kafein, dikhawatirkan membuat Anda sulit tidur. Penting juga untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dari 2 cangkir.

Jual One Two Cups Gelas Milk Jug Pitcher Handle Kayu Kopi Latte
Perlengkapan Dapur & Alat Masak One Two Cups Gelas Milk Jug Pitcher Handle Kayu Kopi Latte Art - S10 harga Rp 13.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Itu dia jawaban atas pertanyaan apakah boleh minum kopi saat puasa. Sah-sah saja asal mempertimbangkan waktu konsumsi, jumlah konsumsi, dan yang paling penting kondisi kesehatan Anda.

Jika ada masalah pencernaan tetapi ingin minum kopi saat puasa, sebaiknya memilih kopi yang rendah kafein. Minum kopi saat puasa makin asik dengan peralatan kopi terbaik yang ada di Jakmall.com.


Source

https://www.alodokter.com/amankah-minum-kopi-saat-buka-puasa

https://www.gordi.id/blogs/updates/memilih-waktu-minum-kopi-di-bulan-puasa