Pahami Tips Bermain Jungler di Mobile Legends: Bang-Bang

Bosen kalah terus? Mungkin sudah saatnya untuk meningkatkan skill dan pemahaman game kamu.

Pahami Tips Bermain Jungler di Mobile Legends: Bang-Bang
Image Source: Wallpaperflare

Bosen kalah terus? Atau susah menang pas main solo? Mungkin sudah saatnya untuk meningkatkan skill dan pemahaman game kamu. Disini, kita akan membahas tips bermain jungler yang efektif di Mobile Legends agar kamu bisa meng-carry tim dengan lebih mudah.

Mulai dengan Pemilihan Hero

Image Source: Kumparan

Sebenarnya ada banyak sekali hero yang bisa kamu pakai untuk menjadi seorang jungler. Pada dasarnya, kamu perlu memilih jungler yang mampu menghabisi creep jungle dengan cepat. Namun, hal terpenting adalah menyesuaikan dengan gaya bermain dan kebutuhan tim. Ada beberapa jenis hero jungler yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Jika kamu hobi melakukan split push, fokus ke objektif, dan bermain sendiri, kamu bisa memilih hero seperti Fanny, Hayabusa, ataupun Ling. Kesamaan dari 3 hero tersebut adalah mobilitas mereka yang sangat tinggi. Dengan begitu, kamu akan sulit ditangkap karena mampu kabur dari musuh dengan mudah.

Jenis jungler lain yang bisa kamu gunakan adalah tipe tank yang berfokus untuk melakukan team fight secara terus menerus. Melihat meta para pro player di M4 kemarin, hero-hero seperti Fredrinn, Baratz, dan Martis bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan darah yang tebal dan skill crowd control yang mumpuni, jungler jenis tank dapat mendominasi pertarungan dan memaksa musuh untuk terus melakukan fight.

Hero-hero yang disebutkan di atas hanyalah sekedar contoh yang cocok dengan gaya bermain split push ataupun team fight. Pahami skill setiap hero dan terapkan gaya bermain yang sesuai dengan hero tersebut. Dengan begitu, kamu memiliki tujuan yang lebih jelas dan tahu apa yang harus dilakukan untuk menang.

Rute Clearing Jungle

Image Source: In-Game Screenshot

Tujuan seorang jungler di awal permainan adalah untuk mencapai level 4 dengan cepat. Untuk itu, kamu perlu menentukan rute yang tepat. Rute yang kamu pilih bisa bergantung dari posisi Litho atau monster kecil di sungai. Posisi awal Litho bisa berada di buff ungu ataupun orange.

Jika posisi awal berada di buff ungu, maka kamu bisa clearing buff ungu terlebih dahulu, kemudian Litho. Setelah itu, kamu bisa pergi ke area buff orange dan menghabisi semua camp monster. Kamu akan mendapatkan level 4 dengan mudah.

Namun, jika posisi Litho berada di buff orange, kamu bisa mulai clearing buff orange, lalu ke monster di atasnya, kemudian habisi Litho. Setelah itu, kamu bisa pergi ke buff ungu dan level 4 pun akan tercapai.

Prioritas & Ganking

Image Source: Play Store

Usahakan untuk membunuh musuh yang akan menyulitkanmu di mid game ataupun late game. Agar kamu mendapatkan kill dengan pasti, kamu bisa berfokus ke mage di mid dan marksman di gold lane.

Perhatikan juga posisi musuh di lane. Jika musuh sering sekali melewati batas tengah lane (atau mudahnya sering melewati sungai) dan bermain sangat agresif, kamu bisa melakukan ganking dengan mudah. Ketika sudah melewati sungai, musuh akan memiliki jarak yang lebih jauh untuk kembali ke tower sehingga kamu memiliki waktu lebih banyak untuk menghabisinya.

Di mid game dan late game, kamu bisa berfokus split push ataupun team fight, tergantung dari hero jungler yang kamu gunakan. Pastikan untuk selalu mendapatkan objektif seperti turtle, lord, dan tower. Dengan begitu, tim kamu akan tetap lebih unggul karena memiliki gold dan kekuatan yang lebih besar.

Faktor Pendukung Lainnya

Image Source: Freepik

Meskipun skill kamu sudah jago, pasti ada saja faktor pendukung di luar game yang bisa meningkatkan kenyamanan kamu saat bermain game. Hal terpenting untuk mendukungmu tetap nyaman menjadi jungler di Mobile Legends adalah koneksi internet yang stabil.

Koneksi internet berkualitas dan stabil bisa kamu dapatkan dengan menggunakan router berkapasitas mumpuni ataupun wifi extender. Dengan ping atau koneksi berwarna hijau, kendali karaktermu di dalam game akan semakin lincah dan minim delay.

Selain koneksi internet, kamu juga bisa menjaga device yang kamu gunakan agar tidak overheat dengan menggunakan cooler khusus smartphone. Suhu device yang tetap dingin mampu menjaga kualitas FPS saat bermain. Dengan begitu, kamu bisa bermain game tanpa takut mengalami lag, hang, ataupun FPS drop.

Jual ALLOYSEED Kipas Pendingin Smartphone Cooling Dual Fan RGB
Cooling Pad ALLOYSEED Kipas Pendingin Smartphone Cooling Dual Fan RGB LED - K4 harga Rp 226.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Dengan memahami empat poin yang disebutkan tadi, kamu pasti akan mengalami peningkatan gameplay dan lebih sering menang. Terus latihan dan tetap semangat untuk push rank agar kamu bisa mencapai Mythic Glory di season ini.