5 Penyebab Mobil Mogok di Jalan dan Cara Mengatasinya

Mobil mogok memiliki banyak penyebabnya. Jika mobil Anda mogok, jangan panik dan ikuti cara mengatasi mobil mogok berikut ini.

5 Penyebab Mobil Mogok di Jalan dan Cara Mengatasinya
Image Source: Pexels

Mobil mogok di jalan menjadi salah satu ketakutan semua orang saat menegmudi. Ketakutan tersebut akan bertambah dengan kepanikan jika tidak tahu bagaimana cara mengatasi masalah satu ini.

Jika sedang ada di situasi tersebut kamu harus berpikir secara cepat, karena bukan tidak mungkin jika mobil yang berhenti di pinggir jalan akan menyebabkan kemacetan.

Banyak faktor yang membuat mesin mobil mati tiba-tiba. Lalu apa saja penyebab dari mobil mogok dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

Selain kehabisan bensin dan ban bocor, ada banyak sekali penyebab mobil mogok tiba-tiba. Kebanyakan karena sang pemilik mobil tidak mengetahui keadaan mobilnya sendiri. Sebelum berangkat, sebaiknya kamu memeriksa keadaan mobil agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat di perjalanan.

1. Aki Lemah atau Mati

Aki yang Melemah saat Mobil Mogok
Image Source: Pexels

Jika mobil tidak menghasilkan suara saat dihidupkan atau lampu-lampu di dalam mobil redup, mungkin aki mobil lemah atau mati. Aki yang lemah atau mati adalah salah satu penyebab paling umum mogoknya mobil. Aki yang tidak memadai tidak dapat menyediakan daya yang diperlukan untuk menghidupkan mesin atau menjalankan sistem listrik di dalam mobil. Kamu bisa mengahadapi situasi ini dengan:

  • Periksa apakah terminal aki bersih dari korosi dan kencangkan klem aki
  • Coba naikkan mobil dengan bantuan kabel jumper dan hidupkan mobil dengan bantuan aki kendaraan lain
  • Ganti aki jika diperlukan
Jual Autoleader Kabel Starter Jumper Leads Pure Copper 800 AMP
Jump Starter, Aki & Charger Baterai Autoleader Kabel Starter Jumper Leads Pure Copper 800 AMP 2.8 m - D800 harga Rp 27.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Kerusakan pada Sistem Pengapian

Mobil Mogok Akibat Kerusakan Sistem Pengapian
Image Source: Pexels

Sistem pengapian yang bermasalah, seperti busi yang rusak, kabel pengapian yang longgar, atau distributor yang rusak, dapat mengakibatkan mobil mogok. Sistem pengapian yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mesin sulit atau tidak dapat dihidupkan. Cara mengatasinya adalah dengan:

  • Periksa kondisi busi dan ganti jika perlu
  • Periksa kabel pengapian dan pastikan mereka terhubung dengan baik
  • Periksa distributor dan rotor pengapian untuk memastikan tidak ada kerusakan
Jual HB Alat Penguji Busi Double Channel Spark Plug Tester -
Perawatan Kendaraan HB Alat Penguji Busi Double Channel Spark Plug Tester - CNBJ-901 harga Rp 169.700 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Kerusakan pada Sistem Bahan Bakar

Kerusakan pada Sistem Bahan Bakar Mobil
Image Source: Pexels

Masalah pada sistem bahan bakar, seperti pompa bahan bakar rusak, injektor yang tersumbat, atau filter bahan bakar yang kotor, dapat mengganggu aliran bahan bakar ke mesin. Akibatnya, mesin mungkin tidak dapat dihidupkan atau mati saat sedang berjalan. Jika kendaraan mogok akibat masalah pada sistem bahan bakar, langkah yang dapat diambil adalah sebagai berikut:

  • Periksa apakah ada cukup bahan bakar di tangki.
  • Periksa apakah pompa bahan bakar berfungsi dengan memeriksa suara yang dihasilkannya saat kunci kontak dinyalakan
  • Bersihkan atau ganti filter bahan bakar jika perlu

4. Masalah pada Sistem Pendingin

Mobil Overheat
Image Source: Scott’s Phoenix Auto

Overheat atau masalah pada sistem pendingin, seperti radiator yang bocor, termostat yang rusak, kurangnya air radiator atau kebocoran pada selang-selang pendingin, dapat menyebabkan mogoknya mobil. Jika mesin menjadi terlalu panas, komponen internalnya bisa mengalami kerusakan serius dan menghentikan kinerjanya. Jika kamu mengalami masalah tersebut, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Periksa air radiator dan pastikan tidak ada kebocoran
  • Periksa kondisi radiator, selang, dan klemnya
  • Ganti termostat jika diperlukan

5. Kerusakan Sistem Starter

Kerusakan Starter Mobil
Image Source: VehicleCare

Jika mobil tidak merespons saat kunci kontak dihidupkan, masalah mungkin terletak pada sistem starter. Ini bisa disebabkan oleh masalah pada motor starter, solenoid starter, atau kabel penghubung yang longgar atau rusak. Yang harus kamu lakukan saat menghadapi masalah tersebut adalah:

  • Periksa koneksi kabel pada starter dan pastikan mereka terpasang dengan baik
  • Periksa relay starter dan ganti jika diperlukan
  • Periksa motor starter dan solenoidnya, dan ganti jika diperlukan

***

Itu dia beberapa penyebab mobil mogok dan cara mengatasinya. Ada baiknya jika kamu menegecek keadaam mobil sebelum berkendara agar perjalanan tak akan terganggu.

Agar perjalanan semakin aman dan nyaman, kamu bisa menggunakan berbagai alat otomotif dari Jakmall.com. Di sini kamu bisa menemukan sparepart mobil, aksesoris mobil, hingga perawatan kendaraan. Tentunya semua produk ini dibanderol dengan harga termurah dan kualitas terbaik.