Perbandingan Setrika Uap dengan Setrika Biasa, Mana Paling Bagus?

Meskipun memiliki fungsi yang sama, ternyata salah satunya bisa jadi lebih unggul untuk digunakan.

Perbandingan Setrika Uap dengan Setrika Biasa, Mana Paling Bagus?
Image Source: Unsplash

Setrika uap dan setrika biasa pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu membuat pakaian jadi lebih rapi dan tidak kusut setelah pakaian dikeringkan atau dijemur. Meskipun memiliki fungsi yang sama, tetapi keduanya memiliki perbedaan dalam cara kerja, hasil kerja, dan kelebihan serta kelemahannya. Berikut ini adalah perbandingan antara setrika uap dan setrika biasa.

Cara kerja

Apabila Anda menggunakan setrika biasa di rumah, Anda pasti tau cara kerja setrika biasa. Sebelum digunakan, setrika harus menunggu terlebih dahulu agar plat besi pada bagian bawah setrika mulai panas. Saat plat besi pada setrika sudah panas, setrika sudah bisa digunakan untuk merapikan kerutan atau lecek pada pakaian.

Lain lagi dengan setrika uap. Setrika uap memiliki cara kerja yang berbeda dari setrika biasa. Selain menghasilkan panas, setrika uap menggunakan uap air untuk melembutkan serat kain dan membantu menghilangkan kerutan pada pakaian.

Hasil Kerja

Hasil kerja setrika uap bisa dibilang lebih baik dibandingkan dengan setrika biasa. Setrika uap dapat menghilangkan kerutan pada pakaian lebih mudah dan lebih cepat karena uap air membantu melembutkan serat kain. Selain itu, uap air pada setrika uap juga membantu membersihkan pakaian dari kuman dan bakteri.

Kecepatan

Dari segi kecepatan, setrika uap juga lebih unggul jika dibanding dengan setrika biasa. Setrika uap tidak perlu menekan setrika ke pakaian secara berulang-ulang seperti pada setrika biasa, sehingga proses menyetrika menjadi lebih cepat. Namun demikian, setrika uap membutuhkan air yang harus selalu terisi saat ingin menyetrika pakaian.

Jenis Kain

Meski unggul dari segi kecepatan, setrika uap juga memiliki kelemahan, yaitu hanya dapat digunakan untuk kain-kain tertentu saja. Setrika uap lebih cocok untuk menyetrika kain yang lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan akibat panas, seperti kain sutra, kain wol, dan kain linen.

Sedangkan setrika biasa mampu digunakan untuk menyetrika berbagai jenis kain, termasuk menyetrika kain yang tebal dan kaku seperti kain jeans, kulit, dan kain katun.

Keamanan

Setrika uap lebih aman digunakan karena tidak langsung bersentuhan dengan pakaian seperti pada setrika biasa. Selain itu, setrika uap juga tidak meninggalkan bekas goresan pada pakaian karena tidak menggunakan plat besi yang bersentuhan langsung dengan pakaian.

Masalah baju yang menempel dan robek pun tidak terjadi pada setrika uap karena setrika uap umumnya telah dilengkapi dengan lapisan anti lengket pada bagian bawahnya.

***
Itulah perbandingan antara setrika uap dan setrika biasa. Dalam memilih antara setrika uap dan setrika biasa, pertimbangkan dulu jenis pakaian yang biasa disetrika sehari-hari.

Jika Anda memiliki banyak kain yang sensitif dan rentan terhadap kerusakan akibat panas, setrika uap dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika Anda lebih sering menyetrika kain yang lebih tebal dan kaku, setrika biasa dapat menjadi pilihan yang lebih tepat.