Perbedaan Cheongsam dan Qipao, Busana Khas Imlek

Busana khas Imlek ini memang sering disangka model yang sama. Ternyata ada beberapa perbedaan cheongsam dan qipao dari segi desain.

Perbedaan Cheongsam dan Qipao, Busana Khas Imlek
Image Source: Freepik/our-team

Mendekati Tahun Baru Imlek, istilah cheongsam dan qipao mulai banyak terdengar. Jika kamu belum tahu, ini adalah istilah model pakaian yang berasal dari China. Pakaian model ini banyak digunakan saat perayaan Imlek.

Sayangnya, sebagian orang belum memahami perbedaan cheongsam dan qipao. Padahal dari segi desain, keduanya tentu memiliki detail yang berbeda. Apa saja perbedaan keduanya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Cheongsam dan Qipao dari 3 Aspek

Perbedaan cheongsam dan qipao bisa dilihat dari 3 aspek, yakni definisi, desain & detail, serta perkembangannya. Yuk cari tahu lebih detail agar tidak salah menentukan mana yang akan kamu pakai saat Imlek nanti.

1. Definisi

definisi
Image Source: Doc Pribadi

Cheongsam (长衫), nama ini berasal dari dialek Canton, yang artinya pakaian panjang. Istilah ini merujuk pada pakaian tradisional pria maupun wanita. Ada juga yang menyebutnya dress canton.

Qipao (旗袍), nama ini lebih umum digunakan dan berasal dari kata Manchu "chipao," yang berarti pakaian pelapis. Sebenarnya Qipao merupakan kata dalam bahasa Mandarin yang merujuk pada pakaian tradisional wanita di Cina.

2. Desain & Detail

Desain & Detail
Image Source: Freepik/pakorn

Perbedaan cheongsam dan qipao dari segi definisi tentunya berimbas pada detail kedua jenis model gaun tersebut.

Dress model cheongsam adalah adaptasi yang lebih modern. Dress ini memiliki bentuk yang memanjang dan cenderung lebih pas pada badan. Biasanya, dress cheongsam dirancang tanpa lengan atau dengan lengan panjang.

Qipao memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Cheongsam. Dress qipao dibekali kerah tinggi, lengan pendek, dan belahan samping. Dilihat dari bentuknya, model qipao cenderung lebih konservatif.

Gaun Qipao berat dengan banyak lapisan, sedangkan gaun Cheongsam lebih ringan dengan lebih sedikit atau tanpa lapisan. Qipao juga longgar dan menutupi seluruh tubuh. Di sisi lain, cheongsam pas dan tidak semuanya menutupi tubuh.

3. Perkembangan

perkembangan
Image Source: Freepik/fanjianhua

Kamu juga bisa memetakan perbedaan cheongsam dan qipao dari segi sejarah dan perkembangannya. Apa yang paling banyak digunakan saat ini bisa mempermudah membedakan keduanya.

Dalam sejarahnya, baju qipao adalah pakaian tradisional China yang berasal dari zaman Dinasti Qing sejak abad ke-16. Dulunya, wanita Manchu sebagai etnis minoritas di China pada waktu itu menggunakan ini sebagai pakaian tradisional.

Lain dengan cheongsam, ini adalah bentuk modern dari qipao. Baju model qipao muncul di abad ke-20 setelah Qipao ditinggalkan. Berbeda dengan Qipao, Cheongsam merupakan lambang dari fashion China.

Jual PINNY Tempat Dupa Stick Incense Holder Metal Plate 5 Holes
Pemeliharaan Rumah Lainnya PINNY Tempat Dupa Stick Incense Holder Metal Plate 5 Holes - HS102 harga Rp 29.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Saat pertama kali diperkenalkan di sekitar wilayah Shanghai, gaun cheongsam sangat mirip dengan Qipao. Cheongsam menjadi lebih populer di Hong Kong setelah Revolusi Komunis di mana banyak orang melarikan diri ke Hong Kong.

Yang menarik adalah, cheongsam sempat dilarang di China. Ini terjadi pada masa Revolusi Komunis sekitar tahun 1950 karena Cheongsam dianggap sebagai representasi Barat.

Namun setelahnya, cheongsam mulai dikenal kembali terutama setelah kemajuan fashion di China. desain cheongsam mengalami evolusi dan dikenakan dalam acara pernikahan tradisional dan festival-festival lokal di Hong Kong.

Jual Meina Ikat Jepit Rambut Bun Hair Claw Horsetail Clip -
Perhiasan Lainnya Meina Ikat Jepit Rambut Bun Hair Claw Horsetail Clip - ZC1906 harga Rp 8.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Dengan demikian, pemahaman perbedaan cheongsam dan qipao bisa dilihat dari aspek definisi, desain, dan perkembangannya menjadi kunci penting dalam memilih pakaian untuk perayaan Imlek.

Untuk melengkapi sesi perayaan Imlek, jangan lupa persiapkan diri dengan make up box hingga alat kikir kuku. Maksimalkan penampilanmu dengan kelengkapan fashion dari Jakmall.com.