Ragam Celengan Anak dari Zaman Dahulu hingga Sekarang

Perubahan bentuk celengan sangat terlihat mulai dari era jadul hingga masa kini. Yuk, simak untuk bernostalgia!

Ragam Celengan Anak dari Zaman Dahulu hingga Sekarang
Image Source: Unsplash

Mengajarkan anak sejak dini untuk berhemat adalah sebuah kewajiban yang harus Anda lakukan sebagai seorang orang tua. Dengan mengajarkan anak menabung dari kecil, anak Anda akan mulai terbiasa berhemat dan tidak berfoya-foya saat beranjak dewasa.

Celengan merupakan salah satu alat bantu yang dapat Anda gunakan agar anak dapat menabung dan menyisihkan uang jajannya. Uniknya, berbagai celengan ternyata mengalami perubahan seiring perkembangan zaman, mulai dari bentuk, desain, maupun teknologi. Berikut ragam celengan anak era jadul hingga celengan masa kini.

1. Celengan Ayam

Image Source: IStock

Pada era 90-an, celengan anak dibuat menggunakan material tanah liat dengan bentuk yang khas berupa seekor ayam. Selain harganya cukup terjangkau pada saat itu, bentuknya yang lucu membuat banyak orang tua membelinya untuk diberikan ke anaknya.

Hal yang paling dinantikan saat menabung di celengan ayam ini tentu saja saat membukanya. Saat celengan sudah cukup berat, dimulailah proses pembongkaran.

Karena celengan ayam umumnya menggunakan material tanah liat, satu-satunya cara untuk membongkarnya yaitu melempar celengan ke bawah lantai hingga pecah. Setelah celengan ayam pecah, dimulailah proses penghitungan uang. Momen-momen seperti itu memang sudah jarang sekarang ini karena celengan tanah liat sudah tergantikan dengan celengan yang lebih modern.

2. Celengan Plastik

Image Source: MpoRatne

Setelah celengan ayam dengan bahan tanah liat sudah mulai ditinggalkan, muncullah berbagai jenis celengan berbahan plastik. Celengan plastik ini umumnya memiliki bentuk seperti gentong atau drum bensin yang tampilannya cenderung kurang menarik dibanding dengan celengan ayam berbahan tanah liat.

Meski demikian, celengan berbahan plastik ini dibandrol dengan harga yang lebih murah dibanding celengan berbahan tanah liat. Karena tampilannya kurang menarik, celengan ini cenderung kurang menarik minat anak untuk menabung di dalamnya.

3. Celengan Karakter Kartun

Image Source: Jakmall

Perkembangan teknologi ternyata banyak mengubah bentuk dan desain suatu barang, termasuk celengan anak. Dengan teknologi terkini, celengan menghadirkan fitur otomatisasi yang dipadu karakter lucu dan unik. Salah satu celengan modern yang bisa Anda beli untuk anak-anak yaitu celengan karakter pokemon yang satu ini.

Celengan ini didesain dengan unik di mana karakter pokemon yaitu Pikachu seolah bersembunyi dalam celengan. Ketika Anda meletakkan sebuah koin di bagian kecil khusus koin dan menekannya, maka tangan pikachu dengan sigap akan mengambil koin tersebut. Menarik bukan?

4. Celengan Elektrik

Image Source: Jakmall

Jika Anda pernah membeli minuman di sebuah vending machine, maka Anda akan menemukan teknologi yang sama pada celengan yang satu ini. Teknologi yang disematkan memungkinkan uang kertas untuk dapat masuk secara otomatis saat selembar uang kertas dimasukkan ke lubang khusus uang kertas pada celengan ini.

Celengan ini dilengkapi sistem password yang sama seperti brankas pada umumnya. Dengan begitu, keamanan isi celengan di dalamnya akan terjamin. Meski demikian, Anda perlu mengajarkan terlebih dahulu cara penggunaan celengan ini kepada anak. Jangan sampai anak Anda melupakan passwordnya hingga yang membuat celengannya tidak bisa dibuka.

***
Demikian pembahasan mengenai celengan anak dari masa ke masa. Perubahan bentuk celengan sangat terlihat di era jadul hingga masa kini. Bagaimana pun bentuknya, hal yang terpenting adalah bagaimana cara Anda untuk mengajarkan anak untuk menabung. Anda pun bisa mulai mengajarkannya dengan memasukkan sisa uang makan harian ke dalam celengan yang telah Anda berikan.