Ragam Fungsi Kamera pada Kendaraan yang Wajib Anda ketahui

Kamera memang umumnya dipasang di rumah. Namun, kini kamera dengan fungsi yang sama dapat dipasang pada kendaraan mobil Anda sebagai sistem keamanan tambahan.

Ragam Fungsi Kamera pada Kendaraan yang Wajib Anda ketahui
Image Source: Freepik

Kamera kini menjadi suatu alat yang penting untuk digunakan di berbagai kondisi. Tidak hanya untuk kebutuhan fotografer semata, kini kamera menjelma sebagai sistem keamanan canggih yang dapat membantu Anda dalam mengawasi suatu tempat.

Kamera dengan fungsi sebagai sistem keamanan ini dikenal dengan nama kamera CCTV. Kamera CCTV akan memberikan visual yang sangat jelas pada suatu tempat sehingga seluruh kegiatan yang terjadi di tempat tersebut dapat diketahui dengan jelas.

Kamera ini memang umumnya dipasang di rumah, baik di bagian luar maupun di dalam ruangan. Namun, kini kamera dengan fungsi yang sama dapat dipasang pada kendaraan mobil Anda. Selain sebagai sistem keamanan tambahan untuk kendaraan. apa saja sih fungsi kamera yang dipasang pada kendaraan mobil? Berikut Penjelasannya.

1. Merekam Tindak Kejahatan selama Berkendara

Segala bentuk kejadian bisa saja terjadi saat Anda berkendara, termasuk mengalami tindakan kriminal. Oleh karena itu, memasang sebuah kamera dashcam menjadi hal yang perlu Anda lakukan agar segala tindak kriminal dapat direkam dengan baik.

Melalui bukti rekaman tersebut, Anda dapat mudah melaporkannya pada pihak yang berwajib. Untuk menunjang keamanan berkendara, Anda tidak perlu menguras kantong, karena di Jakmall.com terdapat berbagai jenis dashcam dengan harga yang terjangkau.

2. Permudah Klaim Asuransi

Bagi Anda yang mengasuransikan kendaraan mobil kepada jasa asuransi kendaraan, memiliki dashcam adalah hal yang wajib Anda lakukan. Dengan dashcam Anda bisa merekam segala aktivitas yang terjadi selama berkendara, termasuk ketika terjadinya kecelakaan di jalan.

Video dari dashcam ini akan menjadi bukti yang sah untuk melakukan klaim asuransi. Pihak asuransi pun akan merasa terbantu karena segala bentuk kerusakan pada kendaraan akibat suatu kecelakaan terlihat dengan jelas. Dengan begitu, pihak asuransi dapat mudah menentukan berapa besar nilai kerusakan yang tercover dengan asuransi.

3. Parkir Mobil Jadi lebih Mudah

Selain fungsi keamanan, kamera juga dapat diandalkan sebagai alat untuk mempermudah Anda saat memarkirkan mobil. Kamera jenis ini kemudian dikenal dengan nama kamera rear view.

Dengan memasangnya pada bagian blind spot atau bagian belakang mobil, Anda dapat melihat bagian belakang mobil secara jelas hanya melalui sebuah monitor, tanpa perlu menengok ke belakang mobil.

Kamera mobil rear view ini umumnya sudah dilengkapi dengan fitur waterproof sehingga aman di segala kondisi cuaca. Beberapa kamera mobil blind spot juga dilengkapi dengan lampu LED, salah satunya kamera mobil ini. Dengan lampu LED, memundurkan dan memarkirkan mobil tidak lagi sulit meski dilakukan di malam hari.

4. Kamera sebagai Spion Mobil

Beberapa merk mobil dan bus terbaru kini mulai dilengkapi dengan teknologi kamera sebagai pengganti spion. Dengan teknologi kamera ini, pengendara tidak perlu menengok pada sisi kiri atau kanan mobil karena semua posisi dan bagian mobil dapat terlihat dengan jelas pada sebuah monitor di dashboard mobil.

Kamera sebagai pengganti spion mobil ini memang memiliki fitur yang futuristik, namun hal itu berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Mobil atau bus yang memiliki kamera spion ini memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil yang terpasang dengan spion pada umumnya.

***
Demikianlah beragam fungsi kamera yang dapat Anda ketahui manfaatnya. Dengan beragam fungsi tersebut, kamera menjadi salah satu perangkat yang penting untuk kendaraan Anda. Sebelum menentukan untuk membeli sebuah kamera mobil, pastikan dahulu jenis kamera yang ingin dibeli.

Apabila Anda ingin menggunakannya untuk merekam aktivitas selama di perjalanan, maka kamera dashcam adalah pilihan yang tepat, sedangkan bagi Anda yang ingin agar parkir mobil jadi lebih mudah, kamera mobil rear view bisa Anda andalkan.