5 Rekomendasi Film yang Telah Memenangi Oscar 2023

Film berkualitas tinggi pemenang Oscar yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengisi waktu luang.

5 Rekomendasi Film yang Telah Memenangi Oscar 2023
Image Source: Movieclub

The Academy Awards atau Oscar adalah ajang penghargaan film terbesar di dunia yang diselenggarakan setiap tahunnya. Film-film yang memenangkan penghargaan Oscar tidak hanya diakui secara global, tetapi juga menjadi tolak ukur kualitas sebuah film. Ada banyak film yang memenangkan penghargaan Oscar sepanjang sejarah ajang ini, kami akan merekomendasikan lima film terbaik di ajang Oscar 2023.

Jika Anda mencari film-film berkualitas untuk ditonton, Anda tidak perlu mencari lebih jauh dari daftar nominasi Oscar 2023. Berikut adalah lima film rekomendasi yang telah memenangi piala Oscar tahun ini dalam berbagai kategori.

1. Everything Everywhere All at Once

Image Source: Hebden Bridge Picture House

Film ini berhasil menyabet tujuh piala Oscar, mulai dari Best Picture, Best Director, Best Actress (Michelle Yeoh), Best Supporting Actor (Ke Huy Quan), Best Supporting Actress (Deirdre Beaubeirdre), Best Film Editing dan Best Original Screenplay.

Film ini merupakan sebuah karya eksperimental yang mengisahkan tentang seorang wanita paruh baya etnis Tionghoa-Amerika yang dapat mengakses realitas paralel. Kemampuan ini membuatnya terlibat dalam sebuah misi untuk menyelamatkan alam semesta. Film ini menawarkan pengalaman menonton yang unik dan memukau dengan efek visual serta editing yang brilian.

2. The Whale (2022)

Image Source: Masedomani

Film The Whale menyabet kategori Best Actor (Brendan Fraser) dan juga Best Makeup and Hairstyling. The Whale adalah film drama psikologis Amerika Serikat tahun 2022 yang disutradarai oleh Darren Aronofsky dan ditulis oleh Samuel D. Hunter, berdasarkan sandiwara tahun 2012 karya Hunter yang berjudul sama.

Film ini dibintangi oleh Brendan Fraser, Sadie Sink, Hong Chau, Ty Simpkins, dan Samantha Morton. Alur cerita dari film ini mengikuti seorang guru bahasa Inggris yang penyendiri dan menderita obesitas morbid yang mencoba memperbaiki hubungannya dengan putrinya yang remaja.

3. All Quiet on the Western Front

Image Source: American Cinematographer

Film perang asal Jerman ini meraih empat piala Oscar untuk kategori Best International Feature Film, Best Sound, Best Original Score, dan Best Production Design.

Film ini merupakan adaptasi dari novel klasik karya Erich Maria Remarque yang menggambarkan kebrutalan dan kesia-siaan perang dunia pertama dari sudut pandang seorang tentara muda Jerman. Film ini dibuat dengan sangat realistis dan menggetarkan melalui adegan-adegan perang yang dramatis.

4. Guilermo del Toro’s Pinocchio

Image Source: Guilermo del Toro’s Pinocchio Website

Pinocchio dari Guillermo del Toro (atau hanya Pinocchio) adalah film fantasi musikal gelap animasi stop-motion tahun 2022 yang disutradarai oleh Guillermo del Toro dan Mark Gustafson. Skenarionya disusun oleh del Toro dan Patrick McHale, sementara bagian cerita oleh del Toro dan Matthew Robbins.

Film ini hadir berdasarkan novel Italia tahun 1883, yakni The Adventures of Pinocchio karya Carlo Collodi dan ilustrasinya diperkuat oleh Gris Grimly. Film ini menceritakan tentang seorang ayah yang secara ajaib menghidupkan dan merawat sebuah boneka kayu anak laki-laki yang diberi nama pinocchio.

Film ini memenangkan Oscar untuk kategori fitur animasi terbaik pada tahun 2023 dan sekaligus menjadi film pertama Netflix yang meraih penghargaan tersebut.

5. Women Talking

Image Source: Kinorium

Film ini meraih Best Adapted Screenplay di Oscar 2023. Diadaptasi dari novel laris Miriam Toews berdasarkan kisah nyata tentang sekelompok perempuan Mennonite di Bolivia yang berdiskusi tentang apa yang harus dilakukan setelah mereka menjadi korban pemerkosaan massal oleh beberapa pria di desa mereka.

Hal yang menarik dari film ini adalah tema utamanya yang kuat tentang kekuatan perempuan dan solidaritas antara perempuan. Film ini mengangkat isu yang sangat penting tentang perlindungan dan hak-hak perempuan, serta mempertanyakan norma-norma sosial yang menghalangi perempuan untuk membela diri mereka sendiri.

***
Semua film ini layak untuk ditonton karena menawarkan cerita-cerita yang menarik, menggugah, dan bermakna. Anda bisa mencari tahu lebih banyak tentang film-film ini di situs web resmi Oscar atau di platform streaming favorit Anda.