Rekomendasi Ngabuburit Asyik untuk Mengisi Waktu Jelang Berbuka

Momen ngabuburit di bulan Ramadhan dapat membangkitkan memori masa lalu karena sudah begitu banyak bulan puasa yang kamu lewati.

Rekomendasi Ngabuburit Asyik untuk Mengisi Waktu Jelang Berbuka
Image Source: Freepik

Terkadang, kita merasa hari-hari saat puasa memiliki waktu yang lebih lama. Apalagi ketika sudah melewati waktu Ashar. Perut sudah terasa lapar dan haus, namun waktu berbuka tinggal sebentar lagi. Untuk menyiasati sisa waktu puasa dan melupakan rasa lapar, kamu bisa melakukan kegiatan ngabuburit. Berikut adalah beberapa kegiatan ngabuburit yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa.

Memasak Makanan Berbuka

Image Source: Freepik

Agar waktu berbukamu semakin meriah dan menyenangkan, kamu bisa masak-masak bersama teman atau keluarga. Makanan berbuka yang biasa dihidangkan mulai dari kolak pisang, puding, biji salak, dan lain-lain bisa kamu siapkan. Kegiatan seru seperti memasak membuat waktu tidak terasa. Apalagi jika kamu memang benar-benar ingin mencoba memasak resep-resep dari internet atau teman.

Selain makanan berbuka, kamu juga bisa membuat makanan berat seperti ayam goreng, sayur sop, dan lainnya. Semakin banyak menu yang dibuat, maka semakin lama waktu akan terlewat. Selain membuat waktu tidak terasa, kamu juga akan mempererat hubungan dengan teman dan keluarga. Kebersamaan yang didapatkan saat bersama bisa menjadi momen unik tak terlupakan di setiap bulan Ramadhan.

Main Game

Image Source: Freepik

Main sendiri atau bersama teman, game bisa menjadi penyelamat di saat perut mulai lapar. Kamu bisa melewati 1-2 jam dengan mudah saat bermain game. Keseruan saat bermain game membuatmu lebih terfokus ke game dibandingkan ke rasa haus dan lapar.

Beberapa jenis game yang cocok dimainkan adalah game kompetitif seperti Mobile Legends atau PUBGM. Jika kamu memiliki PC atau konsol, kamu juga bisa memainkan game-game dengan story yang menarik seperti Resident Evil, God of War, dan lainnya.

Namun yang paling penting, kamu harus memainkan game yang paling kamu suka. Ketika kamu menyukai suatu game, kamu akan melakukan usaha dan konsentrasi ekstra untuk mencapai titik tertentu dalam game. Saat berkonsentrasi ke game, waktu tidak akan terasa sehingga rasa lapar dan haus akan tertahan tanpa sadar.

Keliling Mencari Takjil

Image Source: Freepik

Di bulan Ramadan, ada lebih banyak orang berjualan di pinggir jalan. Karena itu, ada banyak makanan dan jajanan menarik, bahkan di gang-gang kecil di sekitar rumahmu. Setelah waktu Ashar, kamu akan melihat banyak orang mengeluarkan meja kecil dan menjajakan makanan seperti kolak, biji salak, gorengan, dan makanan berbuka lainnya.

Untuk menghabiskan waktu menuju berbuka, kamu bisa berkeliling dengan jalan kaki ataupun kendaraan. Ada sensasi yang menyenangkan ketika kamu berkeliling mencari makanan yang nikmat untuk berbuka. Apalagi ketika kamu menemukan makanan kesukaan. Jalan-jalan mencari bukaan juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan bersama teman ataupun keluarga.

Olahraga Ringan

Image Source: Freepik

Jika kamu merasa lebih mudah pegal saat beraktivitas sehari-hari, kamu bisa melakukan olahraga. Banyak penelitian yang menyarankan untuk berolahraga di sekitar 1 jam sebelum berbuka. Di rentang waktu ini, kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga seperti kardio, angkat beban, ataupun peregangan seperti yoga.

Waktu sebelum berbuka menjadi waktu ideal untuk berolahraga. Ini dikarenakan tubuh bisa langsung mendapatkan nutrisi dari makanan dan minuman saat berbuka. Dengan begitu, tubuh tidak akan lemas dan kamu bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap optimal.

Ngabuburit di bulan Ramadhan bisa menjadi kegiatan menyenangkan untuk menunggu waktu berbuka. Momen ini dapat membangkitkan memori masa lalu karena sudah begitu banyak bulan puasa yang kamu lewati.