Serba-serbi Dekorasi Rumah Bergaya Skandinavia: Tips dan Trik

Sesuai dengan namanya, gaya interior Skandinavia memiliki kiblat budaya dan kebiasaan dari negara-negara di semenanjung bagian utara Eropa.

Serba-serbi Dekorasi Rumah Bergaya Skandinavia: Tips dan Trik
Image Source: Freepik

Desain interior merupakan elemen penting yang harus dipikirkan matang-matang. Dengan susunan, komposisi, dan penggunaan interior yang tepat, maka suasana atau vibes tertentu dapat tercipta. Salah satu gaya interior yang populer saat ini adalah gaya Skandinavia atau Nordic. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu ketahui tentang gaya interior ala Skandinavia.

Perhatikan Sumber Cahaya Natural

Image Source: Freepik

Sesuai dengan namanya, gaya interior Skandinavia memiliki kiblat budaya dan kebiasaan dari negara-negara di daerah tersebut. Di daerah sana, kondisi langitnya cenderung agak gelap dan dingin. Karena itu, rumah-rumah ala Skandinavia biasanya memiliki sumber cahaya alami dengan ukuran besar.

Cahaya natural sendiri memiliki beberapa efek positif diantaranya memperbaiki mood, meningkatkan performa otak, serta menjaga kelembapan di tingkat wajar. Dengan efek tersebut, kamu bisa menggunakan cahaya natural di tempat-tempat seperti ruang tamu atau kamar, di mana kamu melakukan beragam aktivitas produktif.

Bermain dengan Tekstur Kayu dan Tekstil

Image Source: Freepik

Gaya Skandinavia juga identik dengan dua elemen penting, yaitu kayu dan tekstil. Tekstil menjadi aksen kuat pada gaya Skandinavia mengingat daerah tersebut memiliki cuaca dingin. Sementara kayu menjadi ciri khas Skandinavia sudah sejak jaman dahulu, lebih tepatnya di era Viking.

Di era modern, gaya Skandinavia memiliki tampilan yang mendekati alam. Kamu bisa menggunakan kain-kain bekas sebagai elemen dekoratif di berbagai sudut rumah. Untuk jenis kayu yang digunakan, usahakan untuk memilih kayu dengan warna natural.

Gunakan Skema Warna Terbatas

Image Source: Freepik

Interior Skandinavia biasanya memiliki komponen warna yang sedikit. Ini mengingat daerah tersebut memiliki sumber daya alam yang kurang variatif, sehingga material yang digunakan terbatas. Adapun warna yang digunakan tidak jauh dari warna-warna natural seperti kayu, beige, krim, dan putih.

Menggunakan skema warna terbatas dapat menciptakan kesan clean dan terkonsep. Biasanya, skema warna yang digunakan adalah warna-warna netral dengan tone cerah. Digabungkan dengan pencahayaan yang tepat, gaya Skandinavia mampu menciptakan suasana homy dan nyaman.

Lebih Sedikit Barang, Lebih Baik

Image Source: Freepik

Karena interior Skandinavia identik dengan kesederhanaan dan simplisitas, maka ada baiknya untuk mengurangi jumlah dekorasi dalam suatu ruangan. Penggunaan dekorasi dengan jumlah minimal akan semakin menonjolkan kesan bersih, rapi, dan terorganisir.

Jika kamu ingin menggunakan dekorasi pada ruangan ala Skandinavia, ada baiknya untuk meletakkan sesuatu dengan kesan pribadi yang kuat. Contohnya seperti ilustrasi anjing yang menggambarkan anjing pertamamu, mainan kayu yang menunjukkan kecintaan terhadap game, dan semacamnya. Dekorasi seperti ini akan memberikan kepribadian dan kesan yang kuat di ruangan ala Skandinavia.