Bahaya polusi udara untuk ibu dan calon bayi

Kabar kehamilan selalu menggembirakan banyak orang. Mulai dari sang suami, keluarga besar, atau bahkan sang calon kakak. Namun, Jakmallers sadar gak sih? Efek pemanasan global yang kian lama semakin memburuk ini bisa mempengaruhi kesehatan janin dan sang ibu lho! Contohnya polusi udara di Indonesia yang sekarang lagi jadi salah satu masalah cukup besar.

Seperti kasus kabut asap Riau yang membuat siklus udara bersih menurun secara drastis. Para calon ibu, wajib banget menjaga kesehatan dedek bayi. Pasalnya, udara yang buruk bisa mempengaruhi tumbuh kembang sang anak. Nah, berikut adalah dampak buruk polusi udara yang bisa terjadi.

1. Memiliki anak sehat dan cerdas dambaan semua orang tua, tapi polusi udara menghancurkanya

Tanpa Disadari Kabut Asap Dapat Menyebabkan Penyakit Pada Ibu & Janin | Image source: American Addiction Centers

Terganggunya pertumbuhan otak janin adalah salah satu dampak buruk dari kabut asap atau polusi udara. Dan juga bisa menimbulkan risiko keterbelakangan mental pada calon bayi. Bahaya banget kan?

2. Bukan hanya calon dedek bayi, sang ibu juga bisa terpapar dampaknya

Tanpa Disadari Kabut Asap Dapat Menyebabkan Penyakit Pada Ibu & Janin | Image source: Parents

Masalah pernapasan jadi masalah yang paling utama kalau sudah terkena polusi udara. Asma adalah salah satu masalah pernapasan jika sudah berhubungan dengan kabut asap. Jadi, pakai Masker Anti Polusi kemana pun ya Jakmallers!

3. Bukan cuman bahaya asap rokok, tapi kabut asap bisa jadi pemicu BB di bawah normal

Tanpa Disadari Kabut Asap Dapat Menyebabkan Penyakit Pada Ibu & Janin | Image source: Havard Health - Havard University

Asap rokok memang jadi masalah utama bagi para ibu yang sedang hamil. Apalagi, sebagian besar warga Indonesia adalah perokok aktif. Namun, kabut asap dan polusi udara pun sama dengan bahayanya asap rokok. Gak mau kan kalau anaknya lahir dengan berat badan yang di bawah normal?

Biar gak menghirup CO2 terus, beli Exhaust Fan aja harga murah mulai dari Rp200rb-an!

4. Wajib diingat janin perlu oksigen tapi kabut asap itu karbondioksida

Tanpa Disadari Kabut Asap Dapat Menyebabkan Penyakit Pada Ibu & Janin | Image source: Bibamagazine

Kalau sang ibu terlalu sering menghirup asap polusi, maka dijamin 100% sang janin pun menghirup udara kotor. Gak khawatir kalau sang calon bayi harus menghirup karbon monoksida?

Agar udara tetap segar dan sehat, Air Humidifier yang diskon 62% ini bisa jadi pilihan!


Nah, itu 4 dampak negatif jika sang ibu menghirup polusi udara terlalu sering. Bahaya asap rokok memang musuh utama, tapi polusi udara tetap jadi rajanya. Ayo Jakmallers, jangan sepelekan hal kecil ya. Ayo mulai ingatkan sahabat, keluarga, atau pasangan untuk paling tidak selalu memakai masker saat bepergian.

Biar makin murah belanja online, nikmatin Promo Voucher Belanja Bank DBS hingga Rp100.000!

Yuk klik artikel lainnya buat dapetin lebih banyak informasi menarik~