Sekilas, fungsi laptop sleeve mungkin tak lebih dari sebuah tas atau kantong untuk mewadahi laptop agar mudah dibawa bepergian. Padahal, laptop sleeve memiliki fungsi lain yang juga sangat penting bagi laptop dan notebook Anda, lho.

Sebab, pada dasarnya, laptop sleeve juga berperan penting menjaga laptop Anda tetap aman dari berbagai risiko kerusakan. Tanpa menggunakan laptop sleeve, bukan tidak mungkin perangkat Anda mengalami berbagai risiko kerusakan ini:

1. Rusak Akibat Benturan

Apakah Anda seorang traveler atau pekerja yang memiliki mobilitas tinggi? Jika iya, maka Anda tentu sering dituntut membawa laptop bepergian. Padahal, di sisi lain, membawa laptop kemana-mana justru berisiko membuatnya rentan terbentur. Laptop umumnya terbuat dari bahan plastik, sehingga tidak kuat menahan benturan yang terlalu keras. Selain merusak bagian body luar laptop dan membuatnya tampak penyok, benturan keras juga bisa mengakibatkan kerusakan bagian dalam laptop itu sendiri. Bukan tidak mungkin, layar LCD Anda akan pecah atau bermasalah, misalnya tak dapat menampilkan gambar secara jelas. Untuk menghindari risiko benturan semacam ini, Anda bisa mengandalkan laptop sleeve. Selain sebagai aksesoris laptop yang dapat mempercantik tampilannya, sarung laptop juga dapat melindungi perangkat Anda dari benturan.

2. Rusak Akibat Tumpukan Debu

Kebersihan sangat penting untuk memastikan kelancaran fungsi laptop. Kotoran atau debu yang menumpuk di dalam laptop dapat menyebabkan masalah tersendiri. Sebagai contoh, keyboard tidak bisa berfungsi dengan baik apabila ada debu yang menumpuk dan mengganggu kinerjanya. Selain mengandalkan cairan atau alat pembersih laptop, cara lain yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan akibat debu adalah selalu mewadahi laptop Anda pada sebuah laptop sleeve. Karena berbentuk sarung dan dapat dipasangkan pada laptop secara pas, laptop sleeve akan melindungi perangkat Anda dari debu secara lebih maksimal.

3. Basah atau Terciprat Air

Laptop yang basah karena air harus segera ditangani agar kerusakan tidak menyebar dan memengaruhi bagian-bagian lain. Jika tidak, laptop dapat rusak permanen dan Anda dapat kehilangan data penting di dalamnya. Untuk mengatasinya, Anda harus membongkar casing laptop dan mengeringkan perangkat yang basah. Hal itu tentu cukup merepotkan untuk dilakukan. Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan langkah preventif seperti melindungi laptop dari cipratan air dengan selalu memasangkan laptop sleeve saat bepergian. Karena bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

4. Tips Memilih Laptop Sleeve Berkualitas

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli sebuah laptop sleeve. Salah satunya yakni bahan laptop sleeve yang hendak Anda pilih. Laptop sleeve biasanya terbuat dari bahan polyester, suede, microfiber, atau nilon. Bahan nilon lebih banyak direkomendasikan untuk laptop sleeve. Sebab, meskipun harganya cukup mahal, bahan ini terbukti tahan lama dan efektif melindungi laptop Anda dari benturan maupun air. Anda juga perlu memperhatikan ketebalan bahan. Beberapa bahan seperti microfiber atau suede dibuat sangat tipis sehingga efektif melindungi dari goresan, namun kurang baik melindungi dari risiko terjatuh atau benturan. Bagi Anda yang sangat memperhatikan fashion, memilih laptop sleeve dengan desain cantik juga bisa dijadikan pilihan karena dapat menunjang penampilan Anda.

Kini, Anda semakin memahami pentingnya menggunakan laptop sleeve untuk melindungi perangkat laptop Anda, bukan? Anda bisa dengan mudah menemukan beragam pilihan laptop sleeve dengan desain menarik di online marketplace seperti Jakmall.com. Apapun pilihan Anda, pastikan laptop sleeve yang Anda miliki berkualitas dan mampu melindungi secara maksimal, ya.