7 Tempat Wisata Anak dari Berbagai Daerah di Indonesia

Berbagai pilihan tempat wisata anak ini tidak hanya menawarkan permainan yang seru, tapi juga aneka wahana untuk si kecil belajar.

7 Tempat Wisata Anak dari Berbagai Daerah di Indonesia
Image Source: Pexels

Membawa buah hati ke berbagai tempat wisata jadi salah satu aktivitas yang dilakukan banyak orang tua di hari libur. Selain mengajak anak menaiki berbagai permainan seru, tempat wisata juga menawarkan berbagai wahana yang bisa digunakan buah hati untuk belajar hal baru.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan berbagai fasilitas ini, pastikan kamu membawa buah hati ke tempat wisata anak. Berbeda dari tempat wisata biasa, tempat wisata ini dibuat khusus untuk anak-anak sehingga fasilitas dan wahananya dapat mendukung perkembangan buah hati.

Tempat wisata ini umumnya juga memiliki standar keamanan tinggi sehingga anak dapat melakukan berbagai aktivitas dengan aman dan nyaman.

Tempat Wisata Anak yang Seru dan Edukatif

Saat ini sudah banyak tempat wisata yang menawarkan aneka wahana wahana seru dan edukatif untuk buah hati. Berikut beberapa tempat anak dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa kamu kunjungi saat libur. Cek ulasan ini sampai habis, ya!

1. Jakarta Aquarium & Safari

Jakarta Aquarium & Safari
Image Source: Tribun

Jika kamu ingin menunjukkan kehidupan di bawah laut, tak ada salahnya mengunjungi Jakarta Aquarium & Safari. Tempat wisata anak di Jakarta ini merupakan akuarium raksasa yang menghadirkan lebih dari 3500 koleksi hewan akuatik dan nonakuatik.

Terbagi menjadi beberapa area, anak dapat melihat dan belajar mengenai berbagai jenis ikan yang dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Pada bagian tengah terdapat lorong kaca yang menawarkan pemandangan akuarium raksasa layaknya di dasar laut.

Tak perlu khawatir bosan dengan koleksi hewan yang ada, karena kamu dan buah hati dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari menyentuh, memberi makan, hingga wisata menyelam di akuarium raksasa.

Terdiri dari 2 lantai, lantai atas Jakarta Aquarium & Safari menyajikan aneka koleksi hewan nonakuatik yang juga seru untuk diulik.

Lokasi:
Jl. Letjen S. Parman No.106, RW.5, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Tiket:
- Weekday: Dewasa Rp 150.000 & Anak-anak Rp 115.000
- Weekend: Dewasa Rp 175.000 & Anak-anak Rp 150.000

2. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor
Image Source: The Jakarta Post

Mengenal berbagai jenis hewan memang jadi salah satu aktivitas seru yang tak ada habisnya bagi anak. Nah, jika kamu bosan dengan hiruk pikuk ibu kota, Taman Safari Indonesia jadi pilihan tempat wisata anak di Bogor.

Berbeda dari kebun binatang, di sini kamu dapat melihat berbagai hewan bebas berkeliaran dalam area yang dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Anak dapat melihat berbagai jenis binatang, mulai dari rusa, jerapah, unta, hingga singa dan harimau.

Selain melihat aneka hewan, kamu juga bisa mengajak anak memberi makan dan berfoto dengan aneka hewan untuk mengabadikan momen berkesan ini.

Biasanya, para pengunjung datang dengan mengendarai mobil pribadi. Namun, Taman Safari Indonesia menyediakan bus yang bisa digunakan oleh pengunjung yang tidak ingin repot menyetir.

Pastikan semua pintu dan jendela tertutup serta patuhi arahan yang ada agar tetap aman selama berkeliling di tempat wisata ini, ya!

Lokasi:
Jl. Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Tiket:
- Weekday: Anak <5 tahun Rp 200.000; Anak >6 tahun dan Dewasa Rp 230.000
- Weekend & Hari Besar: Anak <5 tahun Rp 225.000; Anak >6 tahun dan Dewasa Rp 255.000

3. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha
Image Source: Kompas

Bagi generasi 80 dan 90-an pasti ingat observatorium yang sempat muncul di film “Pertualangan Sherina’ ini. Berlokasi di Lembang, Observatorium Bosscha jadi tempat wisata anak di Bandung yang wajib dikunjungi saat mengunjungi Kota Kembang.

Di sini kamu bisa mengenalkan anak dengan berbagai benda-benda langit, mulai dari matahari, bintang, bulan, planet, komet, dan banyak lainnya. Mereka bisa melihat teropong raksasa yang digunakan peneliti serta mencobanya secara langsung untuk melihat indahnya langit malam.

Bentuk bagunan yang unik dan dikelilingi pepohonan yang asri membuat kamu dan anak serasa berada di luar negeri.

Jual OEMG Botol Minum Anak Lucu Plastik Water Bottle with Straw
Perlengkapan Dapur & Alat Masak OEMG Botol Minum Anak Lucu Plastik Water Bottle with Straw 1.3L - HA450 harga Rp 39.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Lokasi:
Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Tiket:
- Weekday: Anak <5 tahun Gratis; Anak >6 tahun dan Dewasa Rp 50.000

4. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta
Image Source: Taman Pintar

Jika ingin membawa buah hari berwisata ke tempat yang edukatif dan seru, Taman Pintar Yogyakarta wajib kamu kunjungi. Pasalnya tempat wisata anak di Jogja ini memang dirancang khusus agar anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan.

Kenalkan anak dengan berbagai konsep sains dan ilmu pengetahuan lainnya dengan mengunjungi Playground Area yang memiliki wahana parabola berbisik, pipa bercerita, dinding berdendang, air menari, dan masih banyak lagi.

Di dalam gedung, buah hati dapat masuk ke ruang profesi untuk mengetahui aneka jenis dan profesi apa yang cocok untuk mereka di masa depan. Ada pula gedung dan ruang lain,seperti gedung oval, wahana bahari, kampung kerajinan yang layak untuk dicoba.

Setelah selesai belajar, kamu dan anak bisa bersantai dengan menonton berbagai film di bioskop 4D.

Lokasi:
Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta

Tiket:
- Anak-anak: Rp 12.000
- Dewasa: Rp 20.000
- Wahana: Mulai Rp 3.000 - Rp 45.000

5. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Image Source: Now Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII mungkin terdengar kurang menarik bagi orang dewasa, tapi lain halnya dengan anak-anak. Di sini buah hati dapat belajar tentang berbagai suku dan budaya yang ada di Indonesia.

Dibangun pada lahan seluas 150 hektar, kamu dan anak bisa puas mengelilingi taman yang seakan tak ada habisnya ini. Kunjungi replika aneka bangunan nusantara lengkap dengan koleksi barang-barang tradisionalnya.

Memiliki total 17 museum, seperti, Museum Asmat, Museum Batik, dan Museum Transportasi, ajak buah hati untuk belajar berbagai ilmu dan sejarah Indonesia.

Jika lelah berkeliling kamu bisa beristirahat sembari mencoba wahana kereta gantung untuk melihat keindahan tempat wisata anak di Jakarta ini dari ketinggian.

Lokasi:
Jl Raya Taman Mini, Jakarta Timur. DKI Jakarta, Indonesia.

Tiket:
- Tiket masuk: Rp 25.000
- Wahana dan museum: Mulai Rp 5.000 - Rp 50.000

6. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang
Image Source: Native Indonesia

Jika membahas tempat wisata anak di Bandung rasanya kita tak boleh lupa menyebutkan Farmhouse Lembang. Menawarkan bangunan dan suasana Eropa yang kental, kamu dan buah hati bisa bebas berfoto layaknya di luar negeri.

Selain itu, masih banyak spot berfoto lainnya, seperti Rumah Hobbit, Gembok Cinta, dan masih banyak lainnya. Semakin lengkap karena terdapat tempat sewa pakaian tradisional Belanda yang unik lengkap dengan topi khasnya.

Setelah puas berfoto, anak dapat mengunjungi Mini Zoo Farm House untuk berinteraksi dengan aneka satwa yang jinak. Tak perlu khawatir, karena kamu bisa menikmati susu segar hangat dan aneka hidangan lainnya sembari menunggu mereka bermain.

Jual Lunch Mug Tempat Bekal Makanan Bentuk Mug Besar Travel Food
Alat Makan Dan Minum Lunch Mug Tempat Bekal Makanan Bentuk Mug Besar Travel Food Wadah Kul harga Rp 41.000 dikirim dari Surabaya, Jawa Timur. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Lokasi:
Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Tiket:
- Tiket masuk: Rp 25.000 (dapat ditukar dengan makanan dan minuman)
- Parkir: Mobil Rp 10.000; Motor Rp 5.000

7. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari
Image Source: Mekarsari

Ingin merasakan serunya memetik berbagai buah langsung dari pohonnya? Sekarang saat yang tepat untuk mengajak anak ke Taman Buah Mekarsari. Tempat wisata anak di Bogor ini menawarkan paket wisata memetik buah dan mencoba aneka wahana seru lainnya.

Terletak di dataran tinggi, kamu dan anak dapat menikmati segarnya udara pegunungan sembari belajar tentang lebih dari 1.4000 varietas buah. Ajarkan mereka cara memetik buah dengan berbagai peralatan yang disediakan.

Jual TaffSPORT Karpet Lipat Camping Piknik Waterproof Mat 140 x
Furniture TaffSPORT Karpet Lipat Camping Piknik Waterproof Mat 140 x 200cm - FS-008 harga Rp 36.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Tentunya buah hati juga bisa menikmati wahana dan aktivitas lainnya, seperti perahu naga, becak mini, berkuda, trampolin, dan masih banyak lainnya.

Perlu diingat bahwa Taman Buah Mekarsari hanya buka pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional saja. Jadi jangan sampai salah pilih jadwal, ya!

Lokasi:
Jl. Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16820

Tiket Paket Wisata Taman Buah:
- Anak 2-9 tahun: Rp 60.000
- Anak >10 tahun dan dewasa: Rp 75.000

Itu dia beberapa tempat wisata anak dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa kamu kunjungi di hari libur atau saat liburan sekolah. Semua tempat ini tidak hanya menawarkan wahana yang menghibur, tapi juga mengajarkan berbagai hal baru bagi buah hati.

Jika ingin bepergian bersama anak, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai perlengkapan mereka seperti diaper bag, pemanas botol susu, dan tempat makan bayi yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah di Jakmall.com.