15 Tempat Wisata di Malang yang Lagi Hits

Yuk, simak beberapa rekomendasi tempat wisata di Malang yang lagi hits. Dijamin bisa usir penat dan stres akibat kerjaan!

15 Tempat Wisata di Malang yang Lagi Hits
Image Source: Freepik/Jcomp

Jika bicara tentang liburan tentu kita tak boleh melewatkan tempat wisata yang ada di Malang. Salah satu wilayah di Jawa Timur ini selalu jadi destinasi favorit saat liburan karena keindahan alamnya.

Tak hanya itu, suhu yang lebih dingin serta tak banyak hiruk-pikuk kota juga membuat kita bisa merilekskan pikiran dari pekerjaan dengan nyaman. 

Tempat Wisata di Malang yang Lagi Hits & Harga Tiketnya

Memiliki wilayah dengan kontur yang beragam, kamu bisa menemukan banyak tempat wisata yang menarik. Mulai dari taman bunga, gunung, air terjun, hingga pantai, yuk, simak beberapa rekomendasi tempat wisata di Malang yang lagi hits berikut.

1. Taman Rekreasi Selecta

Taman Rekreasi Selecta
Image Source: Google Maps/Titik Nur Hayati

Taman Rekreasi Selecta jadi tempat wisata di Malang legendaris yang tak boleh kamu lewatkan. Sudah dibuka sejak tahun 1928, tempat ini menawarkan wisata kebun bunga yang dikelilingi oleh gunung Arjuna, Welirang, dan Anjasmara.

Setelah puas mengelilingi kebun bunga kamu bisa menikmati serunya aneka wahana, seperti  sky bike, flying fox, hingga cinema 4D bersama keluarga. Ada juga fasilitas restoran dan hotel untuk beristirahat.

  • Alamat: Jl. Raya Selecta Nomor 1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam Buka: 06.00 - 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 40.000

2. Jatim Park 1

Jatim Park 1
Image Source: Google Maps/やぬある

Jika ingin menghabiskan waktu liburan bersama anak Jatim Park 1 bisa jadi pilihan tempat wisata di Malang untuk dikunjungi. Jadi salah satu ikon wisata, taman bermain ini menawarkan wahana edukasi, 

Kamu bisa mengenalkan anak dengan berbagai hal, mulai dari sains, budaya, hingga sejarah Indonesia. Tak ketinggalan ada banyak wahana seru yang bisa di coba, seperti Flying Tornado, Himalaya Coaster, hingga Sky Swinger.

  • Alamat: Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam Buka: 08.30-16.30 WIB
  • Harga tiket: Senin-Jumat: Rp 100.000 & Sabtu-Minggu: Rp 120.000

3. Jatim Park 2

Jatim Park 2
Image Source: Google Maps/Yustio Arka

Apakah si kecil suka dengan binatang? Jika iya, kamu bisa berkunjung ke Jatim Park 2. Termasuk dalam tempat wisata di Malang yang hits, tempat ini memiliki konsep Mini Zoo yang menarik.

Di sini si kecil bisa berinteraksi, berfoto, hingga memberi makan berbagai jenis satwa dari seluruh penjuru dunia. Semakin seru karena terdapat pertunjukan singa laut yang bisa ditonton pada jam-jam tertentu.

  • Alamat: Jl. Oro-Oro Ombo Nomor 9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam Buka: 09.30-17.00 WIB
  • Harga tiket: Senin-Jumat: Rp 130.000 & Sabtu-Minggu: Rp 170.000
Jual Biutte.co Tas Kosmetik Make Up Travel Organizer Bag Wanita
Perlengkapan Make Up Biutte.co Tas Kosmetik Make Up Travel Organizer Bag Wanita - X3235 harga Rp 128.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Jatim Park 3

Jatim Park 3
Image Source: Jatim Park 3

Jika beberapa Jatim Park sebelumnya memiliki satu tema utama, di Jatim Park 3 kamu bisa menemukan banyak museum dengan tema beragam. Beberapa museum yang wajib kamu masuki adalah Dino Park, Millennial Glow, Fun Tech Plaza, dan Museum Musik Dunia.

Di sini kamu juga bisa mencoba aneka kostum tradisional dari berbagai negara, seperti Belanda, Jepang, China, hingga Korea. Sangat seru, bukan?

  • Alamat: Jl. Ir Sukarno No. 144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam Buka: 11.30-19.30 WIB
  • Harga tiket: Senin-Jumat: Rp 30.000-Rp Rp 150.000 & Sabtu-Minggu: Rp 50.000-Rp 170.000

5. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
Image Source: Google Maps

Jika ingin bersantai menikmati angin dan pemandangan laut, Pantai Balekambang bisa jadi pilihan. Tempat wisata di Malang yang hits banyak dikunjungi karena adanya Pura Amertha Jati yang terletak Pulau Ismoyo.

Pulau ini sangat unik karena terletak di atas batu karang raksasa. Pemandangan ini tentunya mengingatkan kita dengan Pantai Tanah Lot yang ada di Bali. Kamu bisa mengunjungi pulau ini dengan menyebrangi jembatan dengan panjang 70 meter.

  • Alamat: Desa Sumber Jambe, Srigonco, Kec. Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga tiket: Senin-Jumat: Rp 10.000 & Sabtu-Minggu: Rp 15.000
Jual TaffGUARD Swiss Gembok Koper Kode Kombinasi Angka - 104
Perlengkapan Travel Lainnya TaffGUARD Swiss Gembok Koper Kode Kombinasi Angka - 104 harga Rp 4.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Paralayang Gunung Banyak

Paralayang Gunung Banyak
Image Source: Google Maps/Will Boot

Paralayang Gunung Banyak adalah tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi para pecinta aktivitas ekstrem. Di sini kamu bisa mencoba terbang menggunakan paralayang dari ketinggian 1.326 meter. Tak perlu khawatir karena kamu akan didampingi instruktur ahli sehingga tetap aman.

Tempat wisata ini juga banyak dikunjungi saat malam hingga dini hari untuk melihat pemandangan lampu kota yang indah. Pastikan kamu membawa jaket tebal jika ingin mengunjungi tempat ini di malam hari, ya!

  • Alamat: Jl. Brigjend Abd Manan Wijaya No.186, Maron, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga tiket: Rp 400.000

7. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo
Image Source: Google Maps/Dina Sari Putri

Keindahan alam di Malang memang tak ada habisnya. Hal ini bisa kamu buktikan saat mengunjungi air terjun Coban Rondo. Air terjun dengan ketinggian 84 meter ini dikelilingi oleh tebing dengan aneka vegetasi yang membuatnya terlihat seperti pemandangan di dalam film.

Berada di ketinggian 1.134 mdpl kamu bisa menikmati keindahan alam ini dengan udara yang sejuk. Selain air terjun, terdapat pula fasilitas penginapan, jogging track, hingga camping ground yang bisa kamu gunakan

  • Alamat: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur
  • Jam Buka: 08.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Senin-Jumat: Rp 35.000 & Sabtu-Minggu: Rp 40.000

8. Museum Angkut

Museum Angkut
Image Source: Google Maps/AR S

Apakah kamu ingin mengunjungi museum dengan koleksi unik?Jika iya Museum Angkut jadi tempat wisata di Malang yang tak boleh kamu lewatkan. Pasalnya museum ini menyimpan aneka jenis mode transportasi yang digunakan sejak ratusan tahun lalu.

Di sini kamu bisa berfoto dengan puluhan mobil antik dan aneka mode transportasi lain yang terbagi pada Zona Uni Eropa, Zona Hollywood, dan banyak lagi.

  • Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Kec. Batu Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam Buka: Senin-Kamis: 12.00-20.00 WIB & Jumat-Minggu: 11.00-20.00 WIB
  • Harga tiket: Senin - Jumat: Rp 100.000 & Sabtu-Minggu: Rp 120.000

9. San Terra de Lafonte

San Terra de Lafonte
Image Source: Google Maps/Embun Jiwa

Termasuk dalam tempat wisata di Malang yang baru, San Terra de Lafonte menawarkan flora wisata di mana kamu bisa menikmati pemandangan taman dengan berbagai jenis bunga yang cantik.

Taman bunga ini dikelilingi aneka bangunan bergaya Eropa yang cocok digunakan sebagai background foto. Kamu juga bisa mencoba serunya menaiki perosotan pelangi raksasa yang ada di dalam San Terra de Lafonte..

  • Alamat: Jl. Raja Madya, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur
  • Jam Buka: 08.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Senin-Jumat: Rp 25.000 & Sabtu-Minggu: Rp 30.000
Jual Bestform Tas Travel Bag Laundry Organizer Packing Cubes 8
Tas Anak Perempuan Bestform Tas Travel Bag Laundry Organizer Packing Cubes 8 PCS - CQBB3 harga Rp 73.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

10. Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara
Image Source: Google Maps/Rio Wija

Wilayah Malang Selatan memang punya banyak tempat wisata hidden gems yang wajib kamu kunjungi seperti pantai Teluk Asmara. Terletak pada kawasan Clungup Mangrove Conservation, pantai ini dikelilingi oleh pulau karang yang membuatnya tampak mirip dengan Raja Ampat.

Hamparan pasir putih, laut biru, dan pepohonan hijau tentu efektif untuk menghilangkan stres setelah bekerja. Bagian sekitar pantai juga dikelilingi bukit yang bisa kamu naiki untuk menambah keseruan liburan di pantai Teluk Asmara.

  • Alamat: Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga tiket: Rp 15.000

11. Bukit Teletubbies Batu

Bukit Teletubbies Batu
Image Source: Google Maps/Linda Boediyono

Tak perlu pergi ke luar negeri untuk melihat keindahan bukit hijau yang ada di serial Teletubbies karena kamu bisa menemukannya di Malang. Bukit Teletubbies adalah tempat wisata di Malang yang wajib kamu kunjungi.

Tempat ini memiliki pemandangan bukit dengan kontur bergelombang yang unik. Kombinasi kontur dan hamparan rumput hijau menciptakan pemandangan indah dan Instagramable. Selain itu, ada pula pemandangan gunung Arjuno yang tak kalah cantiknya.

  • Alamat: Desa Bumiaji, Kec.Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga tiket: Gratis

12. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular
Image Source: Google Maps/Eko Satriya Wibowo

Ingin menikmati serunya aneka wahana di malam hari? Kamu bisa datang ke Batu Night Spectacular. Tempat wisata di Malang yang hits ini menawarkan aneka jenis wahana yang bisa kamu naiki bersama teman atau keluarga.

Tantang adrenalin dengan mencoba wahana roller coaster, rumah hantu, sepeda terbang, dan bioskop 4D. Kemudian kamu dapat menutup acara liburan dengan berjalan melihat indahnya lampu dengan aneka desain di Taman Lampion.

  • Alamat: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam Buka: 15.00-23.00 WIB
  • Harga tiket: Senin-Jumat: Rp 35.000 & Sabtu-Minggu: Rp 40.000
Jual TaffPACK Kantong Plastik Pakaian Vacuum Bag 8PCS with Hand
Travel Organizer TaffPACK Kantong Plastik Pakaian Vacuum Bag 8PCS with Hand Pump - WH021 harga Rp 71.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

13. Alun - Alun Batu

Alun - Alun Batu
Image Source: Google Maps/Aditya Rizki Dwi Candra

Alun-Alun Batu bisa jadi pilihan tempat wisata di Malang yang hits jika kamu ingin mencari aneka kuliner. Pasalnya alun-alun ini dikelilingi oleh berbagai restoran dan kafe yang bisa kamu kunjungi, seperti Pos Ketan Legenda 1967, Susu Murni KUD, dan Kopi Lethek.

Di bagian dalam alun-alun juga terdapat bianglala yang dapat dinaiki untuk melihat keindahan Kota Batu. Selain itu banyak juga kios dan pedagang yang menjual aneka camilan yang tak boleh kamu lewatkan.

  • Alamat:  Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga tiket: Gratis

14. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari
Image Source: Google Maps/Agrowisata Teh Wonosari

Pergi ke Malang rasanya tak lengkap jika kamu belum mengunjungi Kebun Teh Wonosari. Hamparan kebun yang luas serta hawa dingin dijamin bisa membuat kamu rileks. Selain berkeliling, Kebun Teh Wonosari menyediakan tur untuk melihat proses pengolahan teh.

Ada juga aneka pilihan aktivitas lainnya, seperti outbound dan menaiki motor trail yang tak tak kalah seru. Setelah berkeliling, kamu bisa merenggangkan otot dengan berendam di pemandian air panas yang ada di area kebun teh. 

  • Alamat:  Desa Tirtomoyo, Singosari, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam Buka: 06.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Senin-Jumat: Rp 15.000 & Sabtu-Minggu: Rp 20.0000

15. Kampoeng Heritage Kajoetangan

Kampoeng Heritage Kajoetangan
Image Source: Google Maps/Prima Setiawan

Rekomendasi tempat wisata di Malang yang hits terakhir jatuh pada Kampoeng Heritage Kajoetangan. Di sini kamu bisa berkeliling melihat aneka bangunan lawas di kawasan kota tua yang ada di Malang. Kamu juga bisa melihat rumah dengan arsitektur asli Indonesia yang disebut Rumah Jengki.

Gang-gang kecil yang estetik tentunya cocok dijadikan tempat untuk mengambil foto yang Instagramable. Semakin lengkap karena wilayah ini punya banyak kedai kopi dengan aneka konsep unik yang wajib kamu coba.

  • Alamat: Jl. Arif Rahman Hakim gg II, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam Buka: 07.00-18.30 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000

Tempat wisata di Malang yang hits bisa jadi pilihan destinasi untuk menghabiskan waktu liburan atau long weekend. Pastikan kamu membuat itinerary agar bisa mengunjungi tempat-tempat yang kamu inginkan, ya!

Selamat berlibur!