New normal menjadi perbincangan hangat dalam beberapa hari terakhir. Apa itu new normal? Dilansir dari Kompas.com, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyebutkan jika new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal. Namun, harus diiringi dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus COVID-19.

Banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara menghadapi new normal. Berikut Jakmall.com telah merangkum 7  tips hadapi new normal di Indonesia.

1. Jadikan masker sebagai salah satu kebutuhan penting

Tips Hadapi New Normal di Indonesia | Sumber Gambar: (LEREXIS/Moment/Getty Images)

Jika berpergian pasti kita membawa barang-barang yang penting seperti dompet dan handphone. Pada era new normal, jangan lupa tambahkan masker kain sebagai salah satu barang penting yang tak boleh tertinggal saat kamu ke luar rumah. Lengkapi juga dengan produk pelindung lainnya seperti hand sanitizer.

2. Lengkapi perlengkapan dan produk untuk menunjang kesehatan

Tips Hadapi New Normal di Indonesia | Sumber Gambar: Freepik

Kesehatan adalah hal yang paling utama. Saat di rumah kamu bisa melakukan berbagai aktivitas guna menjaga kesehatan. Seperti olahraga ringan untuk menjaga imunitas tubuh. Oleh karena itu, tak ada salahnya mempersiapkan berbagai alat dan produk yang bisa menunjang kesehatanmu. Seperti alat olahraga, thermometer, vitamin, hingga humidifier.

Yuk olahraga ringan di rumah, cek produk terkini Diskon hingga 50%!

3. Berjabat tangan atau mencium tangan bukan lagi jadi tradisi

Tips Hadapi New Normal di Indonesia | Sumber : YouTube: Inside EditionInside Edition

Mencium tangan saat bertemu orang yang lebih tua menjadi tradisi di negara kita. Di sisi lain, berjabat tangan dapat memperbesar risiko penularan virus berbahaya seperti COVID-19. Ahli imunologi Dr. Anthony Fauci mengatakan jika kita bisa melupakan berjabatan tangan. Beliau juga menyarankan jika tradisi berjabat tangan bisa diganti dengan anggukan dan elbow bumps atau bersentuhan dengan siku.

4. Perubahan bisa membuatmu sedikit stres, jangan lupa untuk bersantai

Tips Hadapi New Normal di Indonesia | Sumber : YouTube: okezone.com

Dilansir dari CNNIndonesia.com, ahli kesehatan jiwa RSPI, Leonardi Gunawan mengatakan jika Seseorang yang biasanya mudah tertekan, akan merasakan dampak pandemi ini lebih berat.

Oleh karena itu disarankan untuk melakukan aktivitas untuk menenangkan pikiran. Seperti melakukan hobi atau menonton acara hiburan. Tujuannya untuk melupakan sejenak mengenai pikiran negatif dan dampak buruk saat pandemi.

5. Mulai merubah kebiasaan saat berada di luar rumah

Tips Hadapi New Normal di Indonesia | Sumber Gambar: Media Indonesia

Pada era new normal kamu dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru. Misalnya selalu berganti pakaian dan membersihkan diri setelah beraktivitas di luar rumah. Mulailah membiasakan diri untuk tidak berbagi makanan dan minuman dalam satu wadah dengan orang lain.

Setelah menggunakan tisu untuk membersihkan mulut, bungkus tisu ke dalam plastik sebelum membuangnya. Walaupun masa PSBB nantinya akan berakhir, sebaiknya tetap menjalankan physical distancing saat berada di kendaraan umum.

6. Jangan lupa untuk tetap terhubung dengan orang lain

Tips Hadapi New Normal di Indonesia | Sumber : YouTube: okezone.com

Sebagai makhluk sosial kita terbiasa untuk berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Menjalin komunikasi dengan orang lain dapat memberikan banyak manfaat seperti membangun hubungan yang baik, menghindari konflik dan miscommunication, hingga melepas stres. Di masa sekarang sebaiknya kamu tetap terhubung dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

7. Bagaimana cara beradaptasi dengan era new normal?

Tips Hadapi New Normal di Indonesia | Sumber Gambar : dok.istimewa/https://turnto10.com/

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk beradaptasi adalah berdamai dengan keadaan, mengendalikan emosi, dan percaya jika pengorbanan yang kita lakukan sekarang akan dirasakan manfaatnya di kemudian hari dan berdampak besar pada kehidupan anak cucu kita.

Nah itu dia tips hadapi new normal yang bisa kita terapkan mulai dari sekarang. Memang membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan era new normal yang baru akan dimulai. Semoga pandemi ini lekas berlalu dan kita kembali bisa beraktivitas normal seperti sedia kala ya Jakmallers!


Sambut era new normal dengan berbagai produk perlindungan kesehatan!

Jangan lupa baca terus Jakmall Blog untuk informasi terkini lainnya!