Si Gemoi Bersih dan Senang

Memandikan kucing merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan oleh pemilik kucing. Seandainya kamu punya kucing yang galak, pasti memandikan adalah hal yang ribet bahkan sulit dilakukan. Tetapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa cara yang bisa dicoba agar kucing galakmu tidak stres atau marah saat dimandikan?

Jika kamu masih bertanya-tanya, langsung saja simak 8 tips memandikan kucing galak supaya si gemoi tidak stres. Tips-tips ini telah dilakukan oleh banyak pemilik kucing di seluruh dunia. Semoga membantu!

1. Gunakan air hangat adalah tips pertama supaya kucingmu tidak berontak

Tips memandikan kucing galak | Source image: champimom.com

Saat memandikan kucing, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan air hangat. Kamu tidak bisa menggunakan air dingin karena kucing sangat sensitif terhadap suhu. Selain itu, menggunakan air hangat juga dipercaya dapat membuat kucing tetap nyaman dan tenang sehingga ia tidak ingin memberontak.

2. Jangan lupa untuk menggunakan sampo khusus kucing yang tepat

Tips memandikan kucing galak | Source image: kittycatc.com

Pemilihan sampo yang benar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik kucing. Kamu tidak bisa menggunakan sampo yang biasanya kamu gunakan. Salah satu alasan mengapa sampo manusia tidak cocok dengan kucing adalah penggunaan bahannya. Biasanya, bahan pada sampo kucing tidak memiliki bau sehingga tidak mengganggu penciuman mereka.

Selain itu, formula di dalam sampo manusia juga dapat menyebabkan kerontokan rambut  pada kucing bahkan bisa menjadi racun juga. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan sampo khusus kucing yang bisa dibeli di toko peralatan hewan terdekat dan marketplace terpercaya.

Perlu sampo mandi khusus kucing? Beli di sini dengan harga yang termurah!

3. Tips memandikan kucing galak supaya tidak dicakar: potong kuku kucing sebelum mandi

Tips memandikan kucing galak | Source image: fearfreehappyhomes.com

Tips satu ini bisa kamu lakukan sebagai persiapan sebelum memandikan kucing. Seandainya kamu takut dicakar oleh kucingmu, kamu dapat menggunting kuku mereka terlebih dahulu. Tetapi, kamu harus melakukannya beberapa jam sebelum memandikan. Tujuannya adalah untuk menenangkan si kucing karena ada beberapa kucing yang tidak suka kukunya dipotong. Sehingga mereka perlu waktu untuk tenang kembali.

4. Siapkan handuk sebagai tempat pijakan kucingmu agar mereka merasa aman

Tips memandikan kucing galak | Source image: purina.co.uk

Kesalahan yang sering dilakukan saat memandikan kucing adalah tidak menaruh handuk sebagai pijakan bagi kucingmu. Jika kamu memandikan kucing pada lantai yang licin seperti semen atau keramik, gunakanlah kain sebagai alas. Kenapa? Karena kucing tidak memiliki pijakan yang baik pada permukaan licin seperti keramik. Maka dari itu, gunakanlah handuk atau kain sebagai tempat pijakan kucingmu.

5. Gunakan makanan kesukaan si gemoi agar dia fokus saat dimandikan

Tips memandikan kucing galak | Source image: youtube.com/Creamheroes

Tips memandikan kucing galak ini biasanya dilakukan karena dipercaya dapat membuat kucing diam saat dimandikan. Kamu tinggal menaruh makanan kucing di tanganmu dan gunakanlah tangan lain untuk memandikannya. Dengan begitu, kucingmu akan fokus makan dan tidak mencakar ataupun lari. Trik ini juga bisa dilakukan oleh dua orang jika kamu kesusahan untuk memberikan makanan sekaligus memandikannya.

6. Jangan membasuh daerah kepala kucing karena bagian tersebut sangat sensitif

Tips memandikan kucing galak | Source image: paw.id

Ketika memandikan seekor kucing, daerah yang tidak boleh diberi sentuhan adalah bagian kepala terutama muka. Bagian tersebut lebih sensitif sehingga lebih baik dibiarkan kering begitu. Kucing juga tidak nyaman jika mereka tidak bisa mendengar dengan baik. Maka dari itu, janganlah membasuh telinga atau daerah kepala kucing dengan sampo dan air.

7. Bilas muka kucing dengan tangan basah jika memang diperlukan

Tips memandikan kucing galak | Source image: mypetandi.bayer.com

Seandainya kamu ingin membersihkan daerah kepala kucing, kamu dapat melakukannya dengan kain atau tangan basah. Tetapi, lakukanlah hal ini jika memang diperlukan seperti ketika muka kucing sedang kotor. Patut diperhatikan juga bahwa kumis kucing sangat sensitif jika disentuh, sehingga kucing dapat merasa tidak nyaman.

Jika kamu menggunakan handuk atau kain, rendamlah dulu dengan air hangat. Setelah itu basuh bagian yang kotor pada kucing. Seandainya kamu menggunakan tangan, cuci tanganmu terlebih dahulu dan usap perlahan daerah yang kotor tadi.

8. Keringkan kucing langsung setelah dimandikan dengan kain maupun handuk

Tips memandikan kucing galak | Source image: depositphotos.com

Setelah kamu sudah memandikan kucingmu, kamu harus langsung mengeringkan tubuh si gemoi dengan baik. Dengan begitu, si gemoi yang sensitif dengan suhu tidak akan merasa kedinginan. Kamu juga bisa menggunakan hairdryer dengan kekuatan kecil agar dapat mengeringkan kucing lebih cepat.

Itulah 8 tips memandikan kucing galak supaya mereka tidak stres ataupun banyak berontak. Jangan lupa juga untuk memandikan kucingmu dengan lembut sehingga ia dapat merasa aman dan nyaman.


Butuh perlengkapan hewan terlengkap tapi murah? Beli saja di Jakmall.com #Pastiuntung

Baca artikel menarik lainnya di sini

Baca juga: Bagaimana Cara Merawat Hewan Peliharaan Saat Pandemi Corona?