Supaya kolam ikan Anda lebih menarik, tentu pompa air kolam ikan yang bagus menjadi pertimbangan penting. Pompa air kolam yang bagus dapat memperindah dekorasi kolam Anda. Bukan hanya itu, pompa air yang tepat juga memberi pengaruh baik pada kebersihan dan kejernihan kolam.  Jika Anda termasuk pencinta ikan, pasti memelihara ikan dengan kolam bersih dan sehat menimbulkan kesenangan tersendiri.

Di pasaran terdapat sangat banyak model dan jenis pompa air kolam. Lalu, bagaimana cara memilih pompa air kolam ikan yang tepat? Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

1. Mempertimbangkan Tipe Filtrasi

Filter pada kolam ikan memiliki fungsi untuk mengontrol kejernihan air. Selain itu, filter pada kolam ikan juga membantu menjaga kandungan oksigen pada air kolam agar tetap tersedia. Tentu pemilihan jenis dan ukuran filter pada kolam ikan tergantung pada bentuk dan ukuran kolam ikan itu sendiri. Terdapat setidaknya dua jenis pompa filtrasi yang baik di pasaran, yakni pompa air celup dan pompa air inline. Jenis pompa air celup sangat mudah ditemukan di pasaran dan mudah untuk dipasang.  Namun, kelemahan perlengkapan hewan peliharaan yang satu ini adalah bahwa pompa ini dapat menghantarkan panas ke air kolam. Di sisi lain, pompa air inline lebih susah dipasang karena berada di luar area kolam ikan, lalu disambungkan ke kolam menggunakan selang atau pipa. Keunggulan dari pompa ini adalah air di dalam tetap dingin karena tidak ada media untuk menghantarkan panas dari mesin pompa.  

2. Mempertimbangkan Aliran yang Diinginkan

Dalam memilih pompa air kolam ikan, Anda juga harus mempertimbangkan aliran air yang sesuai dengan habitat ikan Anda. Untuk ikan yang berasal dari laut biasanya membutuhkan aliran yang besar, karena menyesuaikan dengan derasnya arus laut. Sementara itu, ikan air tawar dapat menggunakan aliran air yang lebih kecil. Jadi sebelum membeli pompa ikan dan mengeluarkan anggaran peralatan rumah tangga khusus, pertimbangkan juga faktor aliran ini.

3. Menyesuaikan Besarnya Kolam atau Akuarium

Sebagai bagian dari perlengkapan dekorasi rumah, setiap kolam ikan atau akuarium memiliki berbagai ukuran dan bentuk. Ukuran kolam itu umumnya juga disesuaikan dengan faktor estetika di ruangan rumah Anda sendiri. Mengetahui ukuran, bentuk, volume, dan berat akuarium sangat penting untuk ikan Anda. Dengan mengetahui volume kolam ikan, Anda bisa memprediksi jenis pompa air kolam ikan apa yang cocok untuk Anda. Prinsip dari ukuran pompa kolam yang baik adalah dalam kurun waktu 1satu jam, semua air harus melewati filter sebanyak empat kali. Jadi, jika memiliki kolam ikan dengan kapasitas 30 gallon air maka Anda dapat memilih filter kolam ikan dengan tingkat perputaran 120 gallon per jam.

4. Menyesuaikan Di Mana Pompa Akan Diletakkan

Sebelum membeli pompa air kolam ikan, Anda juga harus mempertimbangkan di mana Anda akan meletakkan pompa tersebut. Pertimbangkan jenis pompa air kolam ikan, apakah mengalirkan arus secara langsung atau Anda akan memantulkan arus airnya. Kemudian, pertimbangkan juga letak dari sistem filtrasi kolam, apakah diletakkan di bagian dasar kolam atau di ruangan yang berbeda. Anda harus pastikan jarak total kolam agar dapat meletakkan pompa air dengan tepat. Dengan begitu, Anda tak akan sulit melakukan perawatan rumah dan merawat pompa tersebut nantinya.

5. Hemat Listrik

Memiliki kolam atau akuarium yang indah memang menjadi impian tersendiri. Namun, Anda juga tak boleh melupakan faktor pengeluaran. Sebagai salah satu peralatan elektrik yang bekerja dengan mengandalkan arus listrik, kolam ikan atau akuarium juga bisa memakan daya besar. Untuk menghindari membengkaknya budget listrik bulanan karena akuarium Anda, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memilih pompa air kolam ikan yang membutuhkan daya rendah.

Dengan mengikuti pertimbangan dan tips-tips tadi, urusan memilih pompa air kolam ikan tak akan lagi terlalu memusingkan. Anda pun bisa memiliki kolam yang selalu jernih, memiliki aliran air bagus, dan mendapat ikan-ikan peliharaan yang sehat. Semua perlengkapan kolam ikan tersebut salah satunya bisa Anda dapatkan dengan mudah di Jakmall.com. Jadi, pompa air kolam ikan mana yang mau Anda pilih?