Tips Memilih Senter untuk Camping, Pertimbangkan Hal Penting Ini

Selalu sediakan senter di kala Anda berpetualang, karena senter menjadi satu-satunya sumber pencahayaan yang bisa Anda gunakan selama melakukan kegiatan.

Tips Memilih Senter untuk Camping, Pertimbangkan Hal Penting Ini
Image Source: Jakmall

Senter merupakan salah satu alat yang wajib Anda gunakan selama bepergian atau camping di alam bebas. Anda tidak bisa hanya mengandalkan lampu flash ponsel saja sebagai lampu penerangan, karena lampu flash yang ada pada ponsel memiliki intensitas cahaya yang kurang cocok untuk kegiatan menyusuri medan di malam hari.

Terlebih menyalakan lampu flash secara terus-menerus akan memakan daya yang cukup banyak sehingga baterai ponsel jadi lebih boros. Bagi Anda yang hendak camping atau berpetualang menyusuri daerah tertentu yang minim penerangan, menyediakan senter merupakan pilihan tepat. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli senter untuk keperluan camping, berikut penjelasannya.

Tingkat Lumens

Tips memilih senter untuk keperluan camping yang paling utama adalah tingkat lumens nya. Lumens merupakan satuan cahaya yang biasa digunakan untuk mengukur kekuatan cahaya pada berbagai sumber pencahayaan, termasuk senter.

Semakin tinggi lumens nya, semakin terang pula senter menyala. Semakin terang senter yang Anda nyalakan, maka semakin jelas juga medan yang Anda lalui di malam hari. Senter dengan lumens tinggi sangat pas untuk kebutuhan outdoor seperti camping, hiking, dan kegiatan outdoor lainnya.

Perhatikan Berat Senter

Camping memang membutuhkan berbagai perlengkapan yang harus dibawa, mulai dari tenda, kompor portabel, peralatan makan, peralatan masak dan masih banyak lagi. Agar tidak menambah beban yang Anda bawa selama di perjalanan, Anda harus memilih senter dengan ukuran dan bobot yang ringkas.

Variasi Mode Senter

Berbeda dengan senter pada umumnya, senter untuk kegiatan camping setidaknya harus memiliki fitur tambahan seperti fitur SOS atau strobo. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mengirimkan sinyal darurat yang bisa Anda gunakan dalam situasi genting dan butuh pertolongan orang lain.

Daya Tahan Baterai yang Awet

Apabila Anda memilih senter dengan model rechargeable atau baterainya yang dapat diisi ulang, Anda wajib memperhatikan daya tahan tahan baterainya. Jangan sampai senter Anda tiba-tiba mati karena baterainya habis saat berada di tengah perjalanan.

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan sedini mungkin dengan memastikan baterai senter dalam kondisi penuh sebelum bepergian. Sediakan juga baterai cadangan jika sewaktu-waktu daya baterai sudah mulai habis.

Senter dengan Fitur Waterproof

Fitur yang satu ini memang merupakan pembeda antara senter biasa dengan senter yang khusus digunakan untuk kebutuhan outdoor. Dengan fitur ini, senter akan tahan di segala kondisi, termasuk saat berhadapan dengan hujan sekalipun.

Jangan sampai senter yang Anda pakai tiba-tiba mati saat terkena air hujan, tentunya sangat merepotkan terlebih saat Anda berada di tengah jalan yang gelap-gulita tanpa penerangan sama sekali. Fitur tahan air ini biasa dikenal dengan istilah waterproof. Jadi, bagi Anda yang ingin mencari senter untuk kebutuhan outdoor seperti camping, pilihlah senter yang telah memiliki fitur waterproof.

***
Demikianlah tips memilih senter bagi Anda yang hendak camping ataupun berpetualang di alam bebas. Selalu sediakan senter di kala Anda berpetualang atau camping karena senter menjadi satu-satunya sumber pencahayaan yang bisa Anda gunakan selama melakukan kegiatan.

Dengan mengikuti berbagai tips tersebut, Anda dapat memilih senter yang tepat dan mampu digunakan dalam segala kondisi. Ragam senter dengan kualitas premium dan harga terjangkau bisa Anda temukan hanya di Jakmall.com.