6 Tips Memilih Sepatu Basket, Tunjang Performa Lapangan

Lebih dari sekedar desain dan ukuran, ini dia tips memilih sepatu basket terbaik ditinjau dari anatomi sepatu, gaya, hingga posisi pemain.

6 Tips Memilih Sepatu Basket, Tunjang Performa Lapangan
Image Source: NBA

Berencana membeli sepatu basket baru? Memilih sepatu basket terbaik nyatanya tidak semudah memilih desainnya yang keren. Gaya bermain dan kenyamanan, dua hal ini yang bakal menentukan sepatu basket terbaik untuk kamu gunakan.

Sebelum memutuskan pilih sepatu, kamu harus memahami gaya bermain dan kemampuanmu. Apakah sering menembak jarak jauh atau lebih nyaman di area depan?

Kegesitan, kecepatan, agresi, hingga transisi juga patut dipertimbangkan untuk memilih sepatu basket terbaik. Tips memilih sepatu basket lebih lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Tips Memilih Sepatu Basket

Lebih dari sekedar warna dan jenis, ini yang harus kamu perhatikan saat memilih sepatu basket terbaik untuk meningkatkan permainanmu di lapangan.

1. Perhatikan Ukuran Sepatu

Perhatikan Ukuran Sepatu
Image Source: Feepik/Freepik

Basket termasuk olahraga cepat yang mengharuskanmu untuk lari, loncat, dan berkeliling ke berbagai arah. Tips memilih sepatu basket yang bagus salah satunya adalah sepatu yang bisa membantumu menggerakkan tubuh tanpa cedera.

Faktor utama agar sepatu dapat membantumu bergerak dengan baik adalah ukurannya. Mau sebagus apapun sepatunya, kalau tidak nyaman di kaki, ya percuma saja.

2. Beri Ruang Tambahan untuk Kaki

Beri Ruang Tambahan untuk Kaki
Image Source: Freepik/Freepik

Tips memilih sepatu basket utamanya dilihat dari ukuran. Aturannya cukup simple, usahakan ada ruang sekitar 0.6 hingga 1.25 cm antara jari kaki dan bagian depan sepatu.

Jika ruang yang tersisa terlalu banyak, kaki akan lebih licin saat bergerak. Sebaliknya, kalau ruangnya terlalu sedikit, sepatu malah bisa membatasi gerakanmu.

3. Ketahui Anatomi Sepatu Basket

Ketahui Anatomi Sepatu Basket
Image Source: Finish Line

Ada tiga bagian penting dalam sepatu basket: bagian atas (upper), bagian tengah (midsole), dan bagian bawah (outsole). Masing-masing punya peran beda dalam performa sepatu basket.

1. Bagian Atas (Upper)
Ada tiga tipe upper, yakni high-tops (tinggi), mid-tops (sedang), dan low-tops (rendah). Pilih tipe yang paling nyaman sebagai poin awal dalam memilih sepatu basket.

Pertimbangan lainnya adalah posisi, gaya bermain, serta seberapa sering kakimu mengalami cedera.

  • High-Tops: Memiliki bagian atas yang tinggi sehingga memberikan dukungan maksimal pada pergelangan kaki, tetapi lebih berat. Cocok untuk pemain di barisan depan dan tengah yang butuh dukungan ekstra.
  • Mid-Tops: Memiliki bagian atas yang dengan ukura sedang dan punya sedikit dukungan di pergelangan kaki dibanding high-tops. Cocok untuk pemain yang bermain di beberapa posisi.
  • Low-Tops: Rendah dan tidak punya dukungan pergelangan kaki. Cocok untuk pemain yang butuh kecepatan.

2. Bagian Tengah (Midsole)
Pelapis sepatu berada di midsole dan ini penting untuk memberikan kenyamanan. Ada berbagai teknologi pelapis di midsole, seperti pressurized-air, busa ringan, EVA, atau elemen polyurethane yang lebih berat.

Tips memilih sepatu basket ditunjang dari midsole yang bagus, nyaman dan fleksibel. Midsole juga harus mampu menyerap benturan dan mengurangi tekanan pada kaki saat bermain.

Jual CULACING Insole Alas Sepatu Sport Memory Foam Breathable -
Sepatu & Sandal Pria Lainnya CULACING Insole Alas Sepatu Sport Memory Foam Breathable - CGL796 harga Rp 7.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Bagian Bawah (Outsole)
Outsole memberikan cengkeraman yang kuat ke lantai atau disebut traksi. Biasanya bagian ini terbuat dari karet atau bahan sintetis lain.

Kamu membutuhkan sepatu yang punya cengkeraman maksimal ke lapangan. Tujuannya untuk memudahkanmu berganti arah, memutar, atau loncat tanpa khawatir tergelincir. Traksi yang bagus penting untuk menjaga keseimbangan dan postur.

4. Posisi dan Gaya Bermain

Posisi dan Gaya Bermain
Image Source: Rebel

Selain merek atau desain, kamu juga perlu mempertimbangkan kenyamanan sepatu, posisi bermain, gaya bermain, dan riwayat cedera.

  • Guard: Guard biasanya pemain yang membawa bola utama tim. Jadi, mereka harus cepat dan ringan. Upper low-top cocok untuk guard yang lincah.
  • Center & Power Forward: Mereka biasanya bermain di post rendah dan sering melakukan rebound. Upper high-top cocok buat gaya bermain klasik pemain center & power forward.
  • Small Forward & Versatile Player: Pemain ini bisa main di beberapa posisi dan punya berbagai kemampuan. Upper mid-top cocok buat mereka yang punya gaya bermain dinamis.
Jual REXCHI Pelindung Lutut Knee Support Pad Braces Olahraga -
Sleeves Tangan & Kaki REXCHI Pelindung Lutut Knee Support Pad Braces Olahraga - HX002 harga Rp 21.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

5. Pertimbangan Memilih Sepatu Basket

Pertimbangan Memilih Sepatu Basket
Image Source: National Basketball Association

Ada tiga hal yang penting untuk menilai kualitas sepatu basket, yakni traksi, dukungan, dan kenyamanan.

  • Traksi: Kemampuan sepatu menempel di lapangan. Semua pemain butuh sepatu dengan traksi bagus agar tidak mudah tergelincir atau terjatuh.
  • Dukungan: Sepatu harus kuat untuk menahan berat badan sembari membiarkan kaki bergerak dengan baik.
  • Kenyamanan: Sepatu haruslah nyaman dan tidak menimbulkan cedera meski dipakai dalam waktu lama.

6. Tampilan Keren Makin Semangat

Tampilan Keren Makin Semangat
Image Source: National Basketball Association

Material dan desain sepatu tentu memengaruhi daya tahannya, semakin kuat maka semakin lama sepatu bisa digunakan.

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan, tampilan sepatu juga bisa menggambarkan gaya bermainmu. Warna-warna mencolok mencerminkan permainan yang eksplosif.

Kamu juga bisa memilih warna yang sama dengan tim favorit atau gaya terbaru dari pemain NBA favorit agar semakin semangat saat bertanding.

Sepatu basket yang tepat bisa meningkatkan permainan dan meningkatkan rasa percaya diri di lapangan. Seperti saat meluncurkan tembakan pertama kali, sepatu yang pas bisa bikin kamu merasa hebat.

Untuk meningkatkan performa saat bermain basket, kamu bisa melatih otot menggunakan alat pull up atau AB Wheel. Berbagai alat fitness, yoga, dan gym terbaik bisa kamu temukan lebih banyak di Jakmall.com.