4 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

Tulang belakang memainkan peran utama dalam menjaga postur hingga fungsi keseluruhan tubuh. Ikuti tips efektif berikut untuk menjaga kesehatan tulang belakangmu.

4 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tulang Belakang
Image Source: Freepik

Tulang belakang merupakan bagian tulang paling kompleks karena terdapat begitu banyak ruas dan sendi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tulang belakang menjadi sangat penting karena ketika satu ruas tulang terasa sakit, maka akan berpengaruh ke ruas-ruas lainnya.

Menjaga kesehatan tulang belakang tidak melulu perihal biaya yang tinggi atau pola olahraga yang berat. Berikut ini adalah beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan agar tulang belakang tetap sehat.

1. Jaga Postur Tubuh

Image Source: Freepik

Posisi tegap merupakan postur ideal untuk menjaga bentuk tulang belakang. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari berbagai rasa sakit ataupun masalah tulang.

Sejatinya, tulang belakang memiliki bentuk lekukan ke dalam pada bagian perut dan sedikit lekukan keluar pada bagian punggung atas. Posisi ini bisa dicapai dengan cara membiasakan diri untuk tetap tegap ataupun melakukan olahraga seperti yoga.

Jika kamu memiliki masalah untuk berdiri tegap, ada beberapa alat yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah korektor punggung. Biasanya, korektor punggung ini memiliki bentuk strap sehingga mudah digunakan dan tidak akan mengganggumu saat beraktivitas sehari-hari.

2. Perhatikan Posisi Duduk

Image Source: Freepik

Untuk kamu yang sering duduk di depan komputer, perhatikanlah posisi dudukmu. Bagian sandaran harus memiliki sedikit lekukan di posisi yang tepat dengan sudut 90 derajat antara paha dan perut agar dapat menopang tulang punggung. Perhatikan juga posisi leher dan kepala agar memiliki pandangan yang lurus.

Salah satu alat pendukung yang bisa membantumu duduk dengan benar adalah lumbar support. Alat ini memiliki bentuk ergonomis dan didesain khusus agar kamu bisa bersandar dengan nyaman.

Di pasaran, terdapat beragam jenis lumbar support dengan material yang berbeda, seperti plastik ataupun kain mesh. Selain itu, terdapat juga beberapa fitur, seperti pengaturan tinggi atau angle sandaran saat duduk. Pilihlah lumbar support yang sesuai dengan budget dan ukuran tubuhmu.

3. Tidur dengan Posisi yang Tepat

Image Source: Freepik

Leher merupakan bagian teratas tulang punggung yang bisa dijaga kesehatannya dengan memperhatikan posisi tidur. Tidak hanya itu, posisi tidur yang tepat juga membuat pernapasan saat tidur akan semakin lancar dan posisi tulang belakang juga dapat tertopang dengan baik.

Posisi tidur terkadang juga dipengaruhi dengan jenis bantal yang digunakan. Pemakaian bantal yang kurang tepat, entah itu terlalu keras ataupun terlalu besar dapat menjadi kendala.

Kamu bisa menggunakan bantal khusus atau bantal ortopedi yang didesain secara optimal untuk menopang tulang leher. Bantal ini akan memberikan kenyamanan saat tidur dengan posisi terlentang atau menghadap ke samping.

4. Gunakan Sepatu yang Pas

Image Source: Freepik

Ternyata, penggunaan sepatu yang kurang tepat dapat mempengaruhi kesehatan tulang belakang. Ketika kaki merasa tidak nyaman, maka kamu akan merasa nyeri ataupun pegal. Rasa nyeri dan pegal ini dapat berpindah dari kaki ke tulang belakang jika dibiarkan terus menerus.

Oleh karena itu, pilihlah sepatu yang sesuai dengan aktivitasmu. Misalnya, gunakanlah sepatu khusus lari yang lebih empuk jika kamu hobi lari. Alas sepatu khusus juga dapat kamu selipkan untuk menunjang aktivitas harian, seperti jalan kaki maupun aktivitas ringan lainnya.

Biasanya, sepatu bawaan pabrik menggunakan alas insol yang datar. Bentuk datar ini kurang optimal untuk menopang tubuh dan dapat menimbulkan rasa pegal. Karena itu, kamu bisa menggunakan insol tambahan dengan arc support atau lekukan agar kaki tidak mudah pegal.