Tak hanya sekedar hari penghormatan saja!

Apa itu Hari Pahlawan selalu menjadi pertanyaan yang sering dilontarkan oleh berbagai kalangan. Hari Pahlawan merupakan hari yang diperingati pada setiap tanggal 10 November yang bertepatan dengan pertempuran Surabaya (merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia).

Sejarah Hari Pahlawan sering dikaitkan dengan puncak pertempuran Surabaya yang terjadi antara pasukan asing dan Indonesia. Pertempuran Surabaya merupakan pertempuran pertama yang terjadi setelah kemerdekaan Indonesia. Puncak pertempuran ini berlangsung pada 10 November 1945.

Sebagai generasi muda, sebaiknya kita mengetahui apa makna Hari Pahlawan. Karena tanpa adanya pahlawan, belum tentu kita dapat menikmati kemakmuran seperti sekarang. Berikut ini Jakmall Blog telah merangkum sejarah dan makna Hari Pahlawan yang sesungguhnya.

1. Mengapa pertempuran 10 November bisa terjadi? Ini dia alasannya

Wajib Tahu! Ini Sejarah dan Makna Hari Pahlawan yang Sesungguhnya | Image Source: Merdekafm

Pertempuran yang terjadi setelah kemerdekaan menjadi cikal bakal sejarah dari Hari Pahlawan. Kejadian ini bermula saat pihak Belanda mengibarkan bendera Belanda di hotel Yamato Surabaya. Hal ini tentu memancing kemarahan bangsa Indonesia. Mereka kemudian menaiki hotel Yamanto dan merobek bagian berwarna biru dari bendera sehingga hanya tersisa warna merah dan putih saja.

Kejadian di hotel Yamanto membuat pertempuran Indonesia dengan tentara Inggris mulai terjadi pada tanggal 27 Oktober 1945. Melihat keadaan yang semakin memanas, Jenderal D.C. Hawthorn meminta bantuan Presiden Soekarno untuk meredakan situasi. Pada tanggal 29 Oktober 2019, pihak Inggris dan Indonesia telah menandatangani perjanjian gencatan senjata. Ini membuat keadaan sempat stabil.

Sayangnya, tak lama berselang terjadi kesalahpahaman, sehingga mengakibatkan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur). Hal ini membuat tentara Inggris murka dan meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan serta menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA.

Hal tersebut mengakibatkan pihak Inggris melakukan "Pembersihan Berdarah" di semua sudut kota pada 10 November 1945. Arek-arek Surabaya melakukan perlawanan dan berakhir pada gugurnya ribuan pahlawan bangsa.

2. Makna Hari Pahlawan tak hanya sebagai bentuk penghormatan saja

Wajib Tahu! Ini Sejarah dan Makna Hari Pahlawan yang Sesungguhnya | Image Source: Bombastis.com

Makna peringatan Hari Pahlawan tidak semata-mata hanya untuk menghormati jasa para pahlawan yang gugur pada saat itu. Terdapat istilah "bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghargai para pahlawannya". Kata-kata tersebut dapat berkaitan dengan makna Hari Pahlawan yang sesungguhnya,

Walaupun kenyataannya kita tak bisa berperang melawan penjajah seperti para pahlawan, kita bisa menanamkan makna Hari Pahlawan yang tersirat dari peringatan Hari Pahlawan Indonesia di berbagai aktivitas sehari-hari.

Pada zaman dahulu generasi muda harus berperang dengan bambu runcing dan persenjataan seadanya dalam memperjuangkan kemerdekaan. Di era modern ini, kita bisa memanfaatkan berbagai inovasi lewat perkembangan teknologi dalam memajukan serta mengangkat derajat dan martabat bangsa.

Realisasikan makna Hari Pahlwan dengan giat belajar, menggunakan koleksi buku edukasi mulai dari Rp4500!

3. Yuk tanamkan sifat kepemimpinan dan jauhi segala hal negatif yang bisa menghancurkan generasi bangsa!

Mari tanamkan sifat kepemimpinan sebagai cerminan yang dicontohkan pleh para pahlawan kita. Selain mengikuti perayaan Hari Pahlawan 2019 dengan Upacara Bendera, kita juga bisa menanamkan makna Hari Pahlawan dengan menghindari diri dari kegiatan negatif seperti narkoba ataupun tawuran.


Nah, itulah sejarah dan makna Hari Pahlawan yang sesungguhnya. Semoga saja pembahasan tadi menjawab apa makna Hari Pahlawan yang diperingati pada setiap tanggal 10 November. Selain itu, semoga kita juga dapat terus mencontoh semangat juang para pahlawan dan menanamkan makna Hari Pahlawan di setiap langkah kita ya Jakmallers.

Di momen peringatan Hari Pahlawan ini, ada Cashback 30% dari OVO. Yuk manfaatkan untuk beli segala keperluan pendidikan!

Jangan lupa baca terus Jakmall Blog untuk informasi seputar edukasi lainnya!