Berkembangnya teknologi masa kini telah menghadirkan banyak perubahan. Tak hanya pada aspek kehidupan manusia, bentuk dan sistem kerja perangkat teknologi yang Anda gunakan sehari-hari pun juga selalu berubah dari waktu ke waktu. Dalam hal ini, smartphone atau handphone menjadi salah satu yang paling banyak mengalami perubahan.

Jika pada smartphone lama Anda bisa dengan mudah membuka casing belakang untuk mengganti SIM card atau baterai, hal itu tak bisa lagi dilakukan pada tipe smartphone keluaran baru. Sebagai ganti, Anda memerlukan SIM ejector untuk membuka slot SIM card dan mengganti kartu perdana. Masalahnya, bentuk SIM ejector yang kecil membuatnya rawan hilang dan tidak bisa ditemukan saat dibutuhkan. Jika hal semacam ini terjadi, tak perlu khawatir karena ada beberapa alternatif carayang bisa Anda lakukan. Apa saja?

1. Menggunakan Paper Clip

Sedang sibuk di kantor atau kampus, namun kartu perdana mendadak bermasalah dan mengharuskan Anda membuka SIM card? Di kondisi mendadak seperti itu, tak banyak orang yang siap sedia membawa SIM ejector saat bepergian. Namun, manfaatkan saja alat tulis kantor yang ada di sekitar Anda, salah satunya seperti paper clip. Dengan ukuran yang mirip SIM ejector, Anda memang bisa memanfaatkan penjepit kertas atau paper clip untuk membuka slot kartu perdana. Tinggal rentangkan simpulnya hingga cukup memanjang, dan tusukkan ujungnya pada lubang slot SIM card di smartphone Anda.

2. Menggunakan Tusuk Gigi

Siapa bilang tusuk gigi hanya bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alat perawatan diri? Saat kondisi genting dan Anda memerlukan pengganti SIM card ejector, tusuk gigi juga bisa dimanfaatkan sebagai solusi cerdas. Memiliki bentuk yang cukup kokoh, Anda bisa dengan mudah membuka SIM card dengan menusukkan tusuk gigi. Kabar baiknya, tusuk gigi juga mudah diperoleh dan menjadi alat yang terbilang cukup fleksibel karena bisa ditemukan dimanapun dengan harga sangat terjangkau.

3. Menggunakan Isi Stapler

Stapler atau alat yang masuk dalam kategori kebutuhan alat tulis dan peralatan rumah tangga ini baru bisa berfungsi baik apabila diisi dengan isian stapler. Itu sebabnya, selain membeli peralatan stapler itu sendiri, Anda juga perlu membeli isiannya. Dalam satu kotak, Anda bisa mendapatkan sangat banyak isian stapler sekaligus. Apabila SIM card ejector hilang dan Anda butuh membuka slot kartu perdana, manfaatkan saja isian stapler yang banyak tersebut. Anda bisa menggunakan isi stapler yang direntangkan hingga berbentuk lurus. Dengan ujung yang tajam ditambah material logam yang mirip dengan SIM ejector asli, alat satu ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah Anda.

4. Menggunakan Anting-anting

Anting-anting sudah menjadi salah satu aksesoris yang sangat dibutuhkan wanita dan selalu digunakan sebagai penunjang penampilan. Banyak wanita selalu menggunakan anting-anting saat bepergian. Karena selalu ada di sekitar Anda, perhiasan satu ini juga sangat cocok dijadikan alternatif pengganti SIM ejector untuk membuka slot kartu perdana. Baik itu anting-anting dari bahan plastik maupun besi, sama-sama bisa digunakan untuk membuka slot selama ia mempunyai ujung yang kecil dan dapat menjangkau lubang SIM card.

5. Kail pancing

Bagi beberapa individu, memancing sudah menjadi sebuah hobi yang tidak bisa dipisahkan. Apabila Anda atau salah satu anggota keluarga memiliki hobi satu ini, tentu ada banyak perlengkapan memancing yang tersimpan di rumah Anda. Saat suatu waktu SIM card bermasalah dan Anda membutuhkan SIM ejector untuk membukanya, tak ada salahnya mengintip ke tumpukan peralatan pancing tersebut. Ambil lah satu buah kail pancing yang memiliki ukuran kecil dan berujung tajam, lalu tusukkan pada lubang slot SIM card. Slot kartu perdana pun akan terbuka!

Dengan beragam cara alternatif tersebut, Anda tak perlu lagi kebingungan atau dibuat panik saat SIM card ejector tiba-tiba hilang. Manfaatkan saja benda-benda yang ada di sekitar, maka masalah pun akan terselesaikan. Selamat mencoba!