Simak Cara Membuat Lontong Daun Pisang untuk Hari Raya!

Santap hidangan khas lebaran bersama keluarga dengan resep mudah membuat lontong daun pisang, dan tips anti gagal yang bisa kamu ikuti!

Simak Cara Membuat Lontong Daun Pisang untuk Hari Raya!
Image Source: Freepik/jcomp
Lebaran sebentar lagi
Berpuasa sekeluarga
Sehari penuh yang sudah besar
Setengah hari yang masih kecil
Alangkah asyik pergi ke masjid
Shalat tarawih bersama-sama

Lagu berjudul Lebaran Sebentar Lagi yang dibawakan oleh Bimbo ini sudah dapat kita dengar di rumah-rumah, televisi, ataupun video pendek di sosial media. Lebaran yang menjadi tanda berakhirnya bulan suci Ramadhan sendiri, biasanya diisi dengan berbagai kegiatan.

Dimulai dari suara takbir yang sudah dikumandakan dari malam sebelumnya, umat Islam akan bangun di pagi hari untuk menjalankan ibadah salat Idul Fitri bersama di masjid terdekat, menggunakan pakaian terbaik, dan pulang ke rumah sambil bermaaf-maafan dengan orang sekitar.

Lebaran yang kental dengan suasana kebersamaan ini, terus dilanjutkan dengan berkunjung ke rumah keluarga, sanak saudara, dan teman-teman untuk berbagi kebahagiaan dan menyantap hidangan khas lebaran, salah satu yang wajib ada adalah lontong.

Kali ini, Jakmall akan membagikan resep lontong daun yang bisa melengkapi hidangan khas lebaran di meja makan kamu, dan membuat momen lebaran bersama keluarga semakin hangat!

Tips Penting Membuat Lontong Daun Pisang

Tips Penting Sebelum Membuat Lontong
Image Source: Freepik/freepik

Tau banget deh, kalau kamu langsung cepat-cepat membuat lontong. Tetapi sebelum itu, kamu harus tahu apa saja hal yang harus diperhatikan untuk memastikan lontong yang kamu buat berhasil, enak, dan pulen.

1. Perhatikan Bahan yang Dipilih

Pastikan kamu menggunakan dan memilih bahan-bahan yang segar, serta berkualitas baik.

Ingat bahwa dalam membuat lontong kamu tidak boleh menggunakan beras pera karena dapat membuat tekstur lontong menjadi mudah hancur setelah dimasak. Kamu bisa menggunakan jenis beras IR 64 atau mentik.

Jual One Two Cups Panci Kaca Glass Cooking Pot Tahan Panas Api
Perlengkapan Dapur & Alat Masak One Two Cups Panci Kaca Glass Cooking Pot Tahan Panas Api 15cm - YWJ-1265 harga Rp 58.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Perhatikan Penggunaan Beras

Sebelum digunakan, pastikan untuk mencuci beras secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, debu, atau batu kerikil.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan teknik aron atau langkah untuk merendam beras dalam air bersih, dikukus hingga setengah matang, kemudian dilanjutkan dengan langkah membuat lontong.

Langkah ini dilakukan agar dapat menghasilkan lontong padat, pulen, dan memiliki tekstur yang cukup kaya.

3. Perhatikan Penggunaan Daun

Membalut nasi di dalam daun tentunya lebih disarankan, daripada membungkusnya dengan plastik.

Selain menjadi alasan kesehatan dan tradisi di Asia Tenggara, membungkus lontong dengan daun pisang juga dapat menghasilkan aroma khas dan rasa dari daun, sehingga memberikan sentuhan alami yang memperkaya sajian lontong.

Untuk itu, kamu harus memilih daun pisang yang segar yang tidak rusak. Hindari daun yang terlalu tua atau sudah mengering karena akan sulit untuk dibentuk. Pilih juga daun pisang dengan ukuran cukup lebar dan panjang untuk menutupi lontong secara menyeluruh.

Jual Taffware Digipounds Timbangan Kopi Digital Timer Coffee
Perlengkapan Dapur & Alat Masak Taffware Digipounds Timbangan Kopi Digital Timer Coffee Scale 3kg 0.1g - NS-CF1 harga Rp 55.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Kamu juga tidak disarankan untuk mengisi daun pisang secara berlebihan. Hal ini karena beras akan menjadi padat, memenuhi bungkusan daun pisang, dan membuatnya menjadi buyar.

Pastikan untuk memberikan sisa ruang sebanyak 2/3 sisi atas dan bawah daun pisang, atau kamu cukup mengisi bagian tengahnya saja.

4. Perhatikan Posisi Lontong saat Direbus

Tahap terakhir adalah dengan memastikan seluruh bagian lontong terendam sepenuhnya saat direbus. Ini berguna untuk memastikan lontong dapat matang secara rata dan padat.

Ditambah, pastikan lontong berada dalam posisi vertikal untuk membuatnya mudah ditiriskan dan menghindari basi.

Cara Membuat Lontong Daun Pisang

Cara Membuat Lontong Daun Pisang
Image Source: Freepik/freepik

Lontong menjadi pilihan favorit sebagai pendamping hidangan lainnya saat Lebaran. Berikut resep lontong dengan balutan daun pisang!

Bahan:

  • Beras 300 gr
  • Air 500 ml
  • Tusuk lidi untuk membentuk lontong
  • Daun pisang secukupnya

Langkah memasak:

1. Cuci beras hingga bersih, kemudian tiriskan.

2. Tempatkan beras ke dalam panci, kemudian tuangkan air.

3. Mulai nyalakan api sedang, dan biarkan hingga beras menjadi nasi.

4. Siapkan daun pisang dengan menyekanya menggunakan lap sampai bersih, dan potong daun pisang menjadi beberapa bagian dengan bentuk segiempat.

5. Setelah nasi matang, silakan angkat dan dinginkan.

6. Ambil selembar daun pisang, tempatkan 2–3 sendok makan nasi yang telah disisihkan sebelumnya.

7. Gulung daun pisang sampai bentuknya seperti cerobong dengan diameter kurang lebih 4 cm.

8. Tusuk kedua ujung gulungan daun pisang menggunakan tusuk lidi, kemudian ulangi langkah di atas hingga nasi dan daun pisang habis.

9. Masukkan air ke dalam pressure cooker dan tempatkan lontong hingga sepenuhnya terendam dan rapi, operasikan, kemudian tunggu selama sekitar 15 menit.

10. Keluarkan asap pada pressure cooker, kemudian angkat dan tiriskan lontong.

Terbuat dari bahan dasar beras, dan dimasak sedemikian rupa hingga berbentuk padat di dalam daun, menjadikan lontong cocok dijadikan sebagai makanan khas lebaran.

Lontong berperan sebagai pengganti nasi, dan memiliki cita rasa yang netral sehingga cocok disajikan dalam berbagai hidangan khas lebaran lain seperti opor ayam, rendang, sambal kentang goreng, dan lain sebagainya.

Jakmall punya rekomendasi perlengkapan dapur dan alat masak, seperti cangkir set, alat pembuat adonan donat, dan timer masak yang bisa membantu kamu membuat hidangan istimewa untuk orang tersayang!