5 Cara Mengatasi Batuk Kering Secara Alami

Mulai dari maru hingga garam, beberapa cara mengatasi batuk kering secara alami ini bisa kamu praktekkan di rumah. Dijamin mudah dan ampuh.

5 Cara Mengatasi Batuk Kering Secara Alami
Image Source: Pexels

Batuk kering jadi salah satu masalah kesehatan yang dialami banyak orang terutama di saat perubahan musim seperti sekarang ini. Batuk non produktif atau batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dengan munculnya dahak atau lendir.

Kondisi ini biasanya menimbulkan rasa gatal atau geli padai tenggorokan sehingga membuat penderitanya batuk untuk meredakan rasa tidak nyaman ini. Jika tidak segera ditangani kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit di tenggorokan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tak perlu khawatir karena kamu bisa gunakan cara mengatasi batuk kering secara alami dari Jakmall berikut. Namun, sebelum itu, simak dulu beberapa penyebab kondisi ini dulu, yuk!

Penyebab Batuk Kering

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, batuk kering adalah jenis batuk yang tidak mengeluarkan dahak. Umumnya gangguan kesehatan ini tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Jenis batuk ini dapat berlangsung selama beberapa hari hingga bulan tergantung tingkat keparahannya. Pada tingkat akut berlangsung selama 3 minggu, sub akut selama 3-8 minggu, dan pada tingkat kronis bertahan lebih dari 8 minggu.

Batuk kering dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari polusi, alergi, virus, kebiasaan merokok, asma, hingga penyakit serius seperti GERD. Berbagai pemicu ini menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan dan menimbulkan respon batuk.

Cara Mengatasi Batuk Kering Secara Alami

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang saatnya kamu simak cara mengatasi batuk kering secara alami yang mudah dan bisa dilakukan di rumah.

1. Minum Air Hangat

Minum Air Hangat
Image Source: Pexels

Selain beberapa pernyebab di atas, batuk ini juga bisa disebabkan oleh kondisi yang disebut postnasal drip. Kondisi ini membuat produksi lendir pada bagian belakang hidung hingga tenggorokan meningkat.

Untuk mengatasinya, kamu bisa rutin minum air hangat. Suhu hangat yang dihasilkan meredakan iritasi dan mengurangi penumpukan lendir yang menyebabkan batuk. Kamu dianjurkan untuk minum minimal 2 liter atau 8 gelas air perhari.

Asupan air yang cukup juga membuat tubuh dapat bekerja lebih maksimal untuk meningkatkan daya tahannya sehingga tidak mudah terserah penyakit.

Jual Taffware Electric Kettle Teko Listrik Foldable Collapsible
Perlengkapan Dapur & Alat Masak Taffware Electric Kettle Teko Listrik Foldable Collapsible 600ML 600W - HY-01 harga Rp 65.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Rutin Mengonsumsi Madu

Rutin Mengonsumsi Madu
Image Source: Pexels

Cara mengatasi batuk kering secara alami selanjutnya adalah dengan rutin mengonsumsi madu. Disebut sebagai obat dari segala penyakit, madu memiliki senyawa antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan.

Tak hanya itu, kandungan antibakteri juga bermanfaat untuk membasmi kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan studi dalam National Center for Biotechnology Information menyatakan jika konsumsi madu lebih efektif dibanding konsumsi obat dextromethorphan.

Kamu bisa mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya dengan secangkir teh atau air hangat.

Jual KURMAQU Sari Kurma & Madu Murni, Vitamin Madu, Minuman
Suplemen KURMAQU Sari Kurma & Madu Murni, Vitamin Madu, Minuman Madu, Kurma harga Rp 60.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan Air Garam
Image Source: Pexels

Garam jadi salah satu bumbu dapur yang sudah sejak lama digunakan sebagai obat batuk kering alami. Bagaimana tidak? Bubuk putih dengan rasa asin ini dapat membunuh bakteri dan kuman pada tenggorokan yang menyebabkan batuk.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup campurkan ¼ hingga ½ sendok teh garam dengan secangkir air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Pastikan kamu menengadahkan kepala agar campuran air garam dapat mengenai bagian tenggorokan.

Melakukan cara ini secara rutin setiap hari dipercaya dapat mengurangi produksi lendir dan meredakan iritasi pada tenggorokan.

4. Mengonsumsi Jahe

Mengonsumsi Jahe
Image Source: Pexels

Tidak hanya disebabkan oleh faktor eksternal, batuk kering juga bisa terjadi karena faktor internal seperti naiknya asam lambung. Produksi asam lambung berlebih dapat melukai tenggorokan karena letaknya yang berdekatan dengan saluran pencernaan.

Mengonsumsi jahe secara rutin 2 kali sehari dapat mengurangi produksi asam lambung berlebih. Sensasi hangat yang dihasilkan tanaman ini juga meringankan rasa gatal di tenggorokan serta membuat tubuh lebih rileks sehingga kamu bisa beristirahat.

Cara mengatasi batuk kering secara natural ini bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi jahe langsung atau menyampurnya dengan secangkir teh dan air hangat.

5. Minum Jus Nanas

Minum Jus Nanas
Image Source: Pexels

Obat batuk kering alami terakhir adalah dengan minum jus nanas. Sama seperti penampakannya yang gahar, nanas punya kandungan enzim bromelin yang bersifat anti inflamasi.

Enzim ini mampu mengencerkan lendir yang ada di belakang saluran pernapasan sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh. Tak hanya itu, buah ini juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Cara menggunakan buah ini juga sangat mudah. Cukup campurkan secangkir air dan potongan nanas segar, kemudian haluskan menggunakan blender. Selain itu nanas juga bisa kamu makan langsung sebagai camilan di saat senggang.

Jual Kitchen Expert Food Processor Penggiling Daging Meat
Blender Kitchen Expert Food Processor Penggiling Daging Meat Chopper 2L - YDM-0070 harga Rp 114.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Batuk akut memang jadi masalah kesehatan yang normal, terutama jika kamu tinggal di wilayah dengan tingkat polusi tinggi atau terlalu lama berada di depan AC. Namun bukan berarti kamu membiarkan kondisi ini berlangsung terus menerus.

Semoga artikel obat batuk kering alami ini bisa membantu kamu menemukan cara mengatasi masalah kesehatan ini dengan tepat, ya!


Sumber

Healthline. The Best Natural Cough Remedies. https://www.healthline.com/health/allergies/best-natural-cough-remedies

Covonia. Dry Cough Advice: Causes, Syptomps & Treatments. https://www.covonia.co.uk/articles-advice/dry-cough-advice#:~:text=Dry cough causes vary%3B most,a sudden change in temperature.