8 Manfaat Jus Buah untuk Kesehatan & Cara Pembuatan yang Benar

Selain rasanya yang segar, beberapa manfaat jus buah untuk kesehatan ini akan membuat kamu makin rajin mengonsumsinya.

8 Manfaat Jus Buah untuk Kesehatan & Cara Pembuatan yang Benar
Image Source: Pexels

Sehat dan menyegarkan. Dua kata ini rasanya tak cukup untuk menggambarkan jus buah. Minuman yang terbuat dari aneka buah yang dihaluskan ini memang jadi pilihan banyak orang untuk melepas dahaga.

Tak sedikit pula orang yang memadukan jus buah dengan yogurt dan oat sebagai sebagai pengganjal perut untuk menggantikan makanan di waktu tanggung.

Banyaknya kandungan vitamin dan mineral di setiap gelasnya membuat minuman ini kaya akan manfaat. Penasaran dengan manfaat jus buah untuk kesehatan? Simak selengkapnya di sini!

Manfaat Jus Buah untuk Tubuh

Jadi salah satu minuman yang populer di masyarakat berikut beberapa manfaat jus buah yang baik untuk tubuh.

1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian

Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian
Image Source: Pexels

Setiap orang memiliki kadar asupan vitamin harian yang berbeda tergantung dari umur, jenis kelamin, dan aktivitasnya. Namun, aktivitas yang padat membuat banyak orang tidak bisa mengonsumsi makanan dan minuman bergizi untuk memenuhi kebutuhan ini.

Terbuat dari buah-buahan segar, jus bisa jadi solusi untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh. Pasalnya kandungan vitaminnya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari vitamin C dari jeruk, vitamin A dan beta karoten dari wortel, vitamin E dari seledri, dan masih banyak lagi.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kaya akan serat konsumsi jus buah secara teratur bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

Kandungan serat dapat membantu proses pencernaan dengan menyerap lebih banyak air ke usus besar. Proses ini membuat kandungan nutrisi dalam makanan terserap secara maksimal oleh tubuh.

Sistem pencernaan yang sehat juga membuat tekstur feses lebih lembut sehingga kamu terhindar dari risiko penyakit sembelit dan ambeien.

3. Sumber Energi Tambahan untuk Tubuh

Sumber Energi Tambahan untuk Tubuh
Image Source: Pexels

Jadi jenis makanan yang dikonsumsi berbagai kalangan di seluruh dunia beberapa jenis buah memiliki kadar karbohidrat yang bisa jadi sumber energi tambahan untuk tubuh. Konsumsi jus buah yang kaya karbohidrat seperti pisang bisa meningkatkan mood dan semangat beraktivitas.

Jika kamu kurang cocok dengan rasanya, kamu bisa menggabungkan pisang dan stroberi untuk menghasilkan jus dengan rasa creamy, manis, dan asam yang pas.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang diderita banyak orang, terutama lansia. Agar terhindar dari risiko penyakit ini, kamu bisa mulai memelihara kesehatan jantung dengan konsumsi jus buah.

Vitamin dan serat yang terkandung dalam segelas jus dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan flavonoid, likopen, dan kalium juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung.

FRESH Blender Portable Buah Wireless Mini Juicer 1400mAh 400ml - 366 - White - JakartaNotebook.com
FRESH Blender Portable Buah Wireless Mini Juicer 1400mAh 400ml - 366 termurah. Dapatkan dengan mudah FRESH Blender Portable Buah Wireless Mini Juicer 1400mAh 400ml - 366 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Meningkatkan Kepadatan Tulang
Image Source: Pexels

Manfaat jus buah untuk tubuh lainnya adalah dapat menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang. Buah seperti alpukat, nanas, dan pepaya kaya akan kandungan kalisum serta tembaga yang baik untuk tulang.

Asupan kalsium, tembaga, dan nutrisi lain dari buah-buahan dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah risiko tulang keropos osteoporosis di hari tua. Tentunya konsumsi jus juga harus diimbangi dengan konsumsi susu agar kamu bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Saat ini mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan skincare yang menggunakan buah sebagai kandungan utamanya. Banyaknya manfaat yang ditawarkan membuat keampuhan buat untuk menjaga kesehatan kulit tak perlu diragukan.

Selain dari luar, kamu juga bisa merawat kulit dari dalam dengan rutin mengonsumsi jus dari buah yang kaya antioksidan seperti stroberi dan blueberi untuk mencegah munculnya flek hitam serta meningkatkan produksi kolagan pada kulit.

FRESH JUICE Blender Portable Buah Bottle Mini Juicer 1400mAh 450ml - 233 - White - JakartaNotebook.com
FRESH JUICE Blender Portable Buah Bottle Mini Juicer 1400mAh 450ml - 233 termurah. Dapatkan dengan mudah FRESH JUICE Blender Portable Buah Bottle Mini Juicer 1400mAh 450ml - 233 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Mencegah Munculnya Sel Kanker

Mencegah Munculnya Sel Kanker
Image Source: Pexels

Gaya hidup tidak sehat dan konsumsi makanan cepat saji jadi penyebab utama munculnya sel kanker dalam tubuh. Jika tidak diimbangi dengan konsumsi makanan dan minuman kaya nutrisi sel kanker ini bisa tumbuh pesat dan semakin mematikan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa rutin mengonsumsi jus dengan kandungan antioksidan dan antiinflamasi tinggi untuk mencegah munculnya sel kanker. Buah seperti tomat, stroberi, blueberi, apel, dan buah naga bisa jadi bahan yang cocok untuk membuat jus sehat ini.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jus buah kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Senyawa antibakteri dan antiinflamasi di dalam jus efektif untuk mencegah masuknya bakteri dan mikroba yang menyebabkan berbagai penyakit. Pilih jus dengan kandungan vitamin C yang tinggi seperti jeruk, nanas, stroberi, dan banyak lainnya untuk dikonsumsi secara rutin.

Cara Membuat Jus Buah yang Benar

Meski banyak dijual dan sering dikonsumsi sehari-hari, nyatanya masih banyak yang belum tahu bagaimana cara membuat jus buah yang benar.

Pertama, pastikan buah yang digunakan untuk membuat jus segar dan tidak layu. Kemudian cuci dengan bersih agar bebas dari bakteri dan mikroorganisme lain yang menempel pada permukaan kulitnya.

Setelah dipastikan bersih, kupas dan potong buah agar lebih mudah dihaluskan. Perlu diperhatikan, bagian kulit pada beberapa jenis buah seperti apel, anggur, dan tomat memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah banyak dari daging buahnya. Maka kamu bisa langsung menghaluskan buah-bahan ini tanpa harus dikupas terlebih dahulu.

Agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, kamu dianjurkan untuk menggunakan blender konvensional dibanding juicer atau mesin jus lainnya. Pasalnya blender konvensional hanya menghaluskan tekstur buah tanpa memisahkan dari seratnya sehingga lebih baik untuk tubuh.

Shake n Take Blender Buah Portable Mini Juicer 500ml - VT04 - White - JakartaNotebook.com
Shake n Take Blender Buah Portable Mini Juicer 500ml - VT04 termurah. Dapatkan dengan mudah Shake n Take Blender Buah Portable Mini Juicer 500ml - VT04 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Manfaat jus buah untuk kesehatan memang tak bisa disangkal. Konsumsi jus secara rutin bisa jadi salah satu cara untuk memenuhi asupan vitamin harian dan menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Namun, jangan lupa untuk iringi konsumsi minuman sehat ini dengan olahraga, ya!