Cek dulu sebelum menyesal kemudian..

Kartu memori (Micro SD) dan flashdisk sudah menjadi bagian penting dalam aktivitas kita sehari-hari. Seperti menyimpan data di smartphone, kamera, laptop, dan lain-lain. Tapi sayangnya, kini kita harus mulai berhati-hati ketika membeli memory card dan flash disk di pasaran.

Soalnya banyak banget penjual nakal yang memanfaatkan situasi ini untuk menjual flashdisk dan kartu memori "original" alias palsu tapi terlihat kayak asli.

Bahkan saat kamu membelinya secara online pun, hal itu tidak menutup kemungkinan terjadinya kecurangan dari pihak penjual. Meskipun sebenarnya, peredaran flashdisk dan kartu memori asli dan palsu ini dapat beredar secara online dan offline. Nah berikut ini 6 cara mengetahui flashdisk dan memory card original atau Micro SD asli.

1. Perhatikan tampilan luar dari kemasan produk

Cara Ampuh untuk Mengetahui Flashdisk & Memory Card yang Original | Image Source: Android Headlines

Kalo dilihat secara sekilas, mungkin bakal susah untuk menemukan perbedaan antara flashdisk atau memory card original dan palsu. Tapi bila diperhatikan dengan teliti, ada beberapa ciri yang mengindikasikan keasliannya. Kemasan flashdisk dan Micro SD ori dicetak dengan tulisan yang lebih rapi serta mencantumkan merknya.

Sementara yang palsu biasanya hanya ditempeli stiker dan terkadang tidak memiliki merk flashdisk atau MicroSD. Ukuran dari kemasannya sendiri akan terlihat aneh, tidak konsisten, dan bahkan tanpa segel khusus. Kalo kamu menemukan hal-hal tersebut pada kemasan kartu memori, maka sebaiknya kamu sudah mulai curiga akan keaslian dari produk yang kamu beli.

2. Jangan gampang tergiur dengan harga yang sangat murah!

Cara Ampuh untuk Mengetahui Flashdisk & Memory Card yang Original | Image Source: Raspberry Pi Spy, Harry's Hike

Sebagai salah satu cara mengetahui memory card original, harga adalah poin paling mudah untuk dicurigai ketika membeli kartu memori. Soalnya sudah banyak sekali penjual-penjual pihak ketiga yang menawarkan memory card dengan harga terendah. Padahal semakin besar kapasitas penyimpanannya, maka harga kartu memori akan semakin mahal.

Ketentuan tersebut juga berlaku ketika kamu membeli flashdisk. Banyak produk-produk flashdisk yang dijual dengan harga miring namun terkesan meyakinkan karena membawa merk ternama. Maka dari itu, harap untuk tidak mudah tertarik juga dengan potongan harga yang tidak masuk akal di tempat belanja online.

3. Pastikan terdapat nomor seri unik di kartu memori kamu

Cara Ampuh untuk Mengetahui Flashdisk & Memory Card yang Original | Image Source: Wikicat

Cara cek memory card original dapat diketahui dengan adanya nomor seri unik untuk mengidentifikasi kartu. Biasanya akan ada string panjang yang bertuliskan angka atau huruf dan angka. Nah kalo kamu tidak menemukannya, itu sudah bisa menjadi tanda-tanda atas kemungkinan kartu memori yang palsu.

Selain itu, Micro SD ori juga mempunyai label depan dan dicetak dengan kualitas terbaik. Bila memory card ditemukan tidak mempunyai label depan dan posisinya tidak simetris, maka kartu memori dapat berpotensi palsu.

Perhatikan juga apabila label mudah terkelupas. Karena, itu menandakan bahwa label dicetak dengan kualitas rendah. Dengan mengamati tampilan fisik, kamu bisa menemukan ciri-ciri yang membedakan memory card original dan palsu.  

4. Cek kapasitas dari produk yang kamu beli (jangan cepat tertarik dengan yang tidak masuk akal juga ya)

Cara Ampuh untuk Mengetahui Flashdisk & Memory Card yang Original | Image Source: TechRadar

Sejak tren belanja online mulai banyak diminati, flashdisk dan memory card yang ada di pasaran mulai bervariasi ukuran kapasitasnya. Namun, kamu perlu waspada kalo menemukan penjual yang menawarkan Micro SD dengan ukuran 2 TB. Selain karena tidak realistis, sejauh ini memory card yang terbesar hanyalah sampai 1 TB saja. Dan itupun, dijual dengan harga yang sangat mahal.

Tidak cuma itu, kalo kamu sudah terlanjur membeli flashdisk dan memory card, pastikan kapasitas yang tertera di kemasan sudah sesuai. Untuk Micro SD, coba kamu tes dengan memasukkannya ke dalam HP.

Kalo kapasitasnya justru lebih kecil dari yang tertulis di kemasan, maka kamu patut curiga terhadap kartu memori tersebut.

5. Cara mengetahui flashdisk dan memory card original paling ampuh: tes kecepatannya!

Cara Ampuh untuk Mengetahui Flashdisk & Memory Card yang Original | Image Source: GSMArena, Laptop Mag

Flashdisk dan memory card original akan menunjukkan kualitas yang baik ketika kamu mencoba tes kecepatannya. Keaslian dari keduanya dapat semakin diperkuat bila ternyata file tidak dapat disalin dalam waktu yang cepat. Produk yang palsu akan memakan waktu lama dalam membaca file yang dikirimkan ke dalam perangkat.

Untuk melakukan cara cek memory card original, kamu harus memiliki card reader yang cepat. Lalu, coba pindahkan sebuah file berukuran besar sekitar 1-2 GB ke dalam kartu memori. Amatilah rata-rata kecepatan tulis dari kartu memori tersebut. Kalo kamu membeli yang benar-benar original, maka proses pengiriman akan berlangsung cepat dan optimal.

Sementara untuk flashdisk, langsung saja coba gunakan pada laptop atau komputermu. Pindahkan file dengan ukuran besar dan amati berapa lama proses pengirimannya. Jika membutuhkan waktu yang sangat lama, maka kamu sepatutnya curiga.

Gapunya Card Reader? Cek di sini sekarang!

6. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengecek keaslian dari kartu memori

Cara Ampuh untuk Mengetahui Flashdisk & Memory Card yang Original | Image Source: Android Police

Banyak aplikasi di Google Play atau App Store yang dapat memberikan informasi tentang detail dari memory card. Seperti tanggal pembuatan, model MicroSD, produsen pembuatnya, serta nomor serial. Kartu memori palsu tidak dapat memberikan data yang benar dan akurat tentang detail tersebut. Coba deh download salah satu aplikasi untuk memperkuat keyakinanmu bahwa memory card yang kamu beli adalah original.

Itu tadi 6 cara mengetahui flashdisk dan memory card original yang dapat kamu lakukan. Di samping itu, penjual flashdisk dan memory card yang asli juga akan menawarkan garansi dengan waktu yang cukup lama.

Bila mereka tidak menawarkan garansi sama sekali, maka hal tersebut seharusnya sudah menjadi alarm yang patut kamu waspadai. Selalu ketahui dulu spesifikasi atau keaslian dari flashdisk memory card. Jangan langsung tergiur dengan produk dari merk ternama tapi dijual dengan harga terlalu miring.

Semoga info ini bermanfaat!


Temukan Koleksi Memory Card sudah pasti original di Jakmall, kualitasnya gak main-main!

Intip juga tips menarik lainnya di sini.

Baca juga: Alternatif Melepas SIM Card Tanpa SIM Ejector