5 Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas yang Benar

Jadi salah satu bahan makanan yang mudah berubah kondisinya, berikut beberapa cara menyimpan daging sapi di kulkas yang bisa kamu gunakan di rumah.

5 Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas yang Benar
Image Source: Pexels

Jadi salah satu bahan masakan favorit banyak orang di dunia, tentu kita tak bisa lepas lezatnya daging sapi. Perpaduan serat lembut dan rasa yang kaya membuat bahan makanan ini cocok dikreasikan menjadi berbagai hidangan.

Namun, tahukah kamu, nyatanya daging sapi juga merupakan bahan makanan yang paling mudah berubah kondisinya. Jika tidak disimpan dengan benar daging bisa berubah menjadi berbau tak sedap dan terkontaminasi berbagai bakteri.

Tak usah khawatir, kamu bisa menggunakan beberapa cara menyimpan daging di kulkas yang benar ala Jakmall.com agar bahan makanan ini tetap segar dan lezat saat dimasak.

Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas

Termasuk dalam bahan makanan mentah, tentu kamu harus menggunakan cara khusus untuk menyimpan daging sapi. Berikut beberapa cara menyimpan daging sapi di kulkas yang benar.

1. Hindari Mencuci Daging

Hindari Mencuci Daging
Image Source: Pexels

Setelah membeli daging di pasar atau supermarket, mungkin kamu langsung berpikiran untuk mencuci dan menyimpannya di kulkas. Padahal cara penyimpanan ini kurang tepat. Para ahli justru tidak menyarankan kamu mencuci daging sebelum disimpan ke lemari pendingin.

Kebanyakan orang beranggapan proses ini dapat menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel pada bahan makanan ini. Faktanya mencuci daging dengan air mengalir tidak bisa menghilangkan kedua mikroorganisme ini.

Bakteri dan kuman ini hanya bisa hilang saat daging sapi dimasak dengan suhu tinggi. Selain itu, air yang kotor juga bisa membuat semakin banyak bakteri menempel.

Maka jawaban tentang pertanyaan cara menyimpan daging sapi di kulkas dicuci dulu atau tidak adalah tidak.

2. Pindahkan Dalam Wadah Kedap Udara

Pindahkan Dalam Wadah Kedap Udara
Image Source: Pexels

Cara menyimpan daging sapi di kulkas selanjutnya adalah memindahkannya ke wadah yang kedap udara. Wadah kedap udara mencegah adanya udara yang masuk ke dalam tempat penyimpanan sehingga daging bebas dari bakteri yang ada di kulkas.

Jenis tempat penyimpanan ini juga membuat daging terhindar dari freezer burn atau pembekuan dan munculnya lapisan es pada permukaannya. Meski terdengar normal, kondisi ini dapat merusak kualitas daging karena teksturnya menjadi keras dan kurang sedap saat dikonsumsi.

Jual Wadah tempat makanan vakum kedap udara plastik 460ml WMO BC
Perlengkapan Dapur & Alat Masak Wadah tempat makanan vakum kedap udara plastik 460ml WMO BC AT3758 harga Rp 59.900 dikirim dari Tangerang, Banten. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Segera Simpan di Dalam Kulkas

Segera Simpan di Dalam Kulkas
Image Source: Pexels

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondisi daging sapi sangat mudah berubah. Maka agar tetap fresh, pastikan kamu segera menyimpan bahan makanan ini setelah di beli.

Cara menyimpan daging sapi di kulkas ini dilakukan agar tidak cepat membusuk dan terkontaminasi bakteri. Hindari meninggalkan daging di ruangan terbuka dengan suhu di atas 32 derajat Celcius lebih dari 2 jam.

Walau begitu, kamu juga tidak bisa langsung menyimpan bahan makanan ini di dalam kulkas. Letakkan daging di dalam chiller dengan suhu 4 derajat selama beberapa menit agar suhunya dapat turun secara perlahan. Jika dirasa sudah tidak terlalu panas, kamu dapat langsung memindahkannya ke kulkas.

4. Beri Label Tanggal Penyimpanan

Beri Label Tanggal Penyimpanan
Image Source: Pexels

Apakah kamu sering lupa terakhir kali memasukkan bahan makanan ke kulkas? Jika iya, cara menyimpan daging sapi ini bisa jadi solusi yang tepat untukmu.

Meski terdengar sederhana, memberi label yang berisi tanggal penyimpanan pada wadah daging bisa membantu kamu mengetahui kondisi dan menentukan bahan makanan mana yang harus segera dimasak.

Sama seperti bahan makanan lain, daging sapi juga punya masa simpan tertentu sebelum kualitasnya menurun. Jika disimpan di dalam freezer, umumnya daging dapat bertahan selama 6-12 bulan.

Namun masa simpan ini bisa berbeda tergantung jenis dagingnya. Untuk daging khas dalam, kamu bisa menyimpannya hingga 1 tahun. Sedangkan jeroan seperti lidah hanya bisa bertahan selama 4 bulan.

5. Perhatikan Temperatur Kulkas

Perhatikan Temperatur Kulkas
Image Source: Pexels

Temperatur kulkas jadi hal penting yang tak boleh kamu lewatkan. Sebenarnya kamu dapat menyimpan daging di semua bagian kulkas, apalagi jika akan segera dimasak. Namun, jika ingin daging tetap segar dan tahan lama, kamu dianjurkan untuk menyimpannya di freezer.

Pastikan freezer memiliki temperatur di bawah -18 derajat Celcius untuk mencegah tumbuhnya bakteri dan kuman yang mempercepat proses pembusukan. Selain itu cara menyimpan daging sapi di freezer berikutnya adalah hindari mengisi freezer hingga terlalu penuh atau kosong karena dapat mempengaruhi suhu di dalamnya.

Jual Taffware Termometer Makanan Digital Daging Kopi Susu - TP101
Perlengkapan Dapur & Alat Masak Taffware Termometer Makanan Digital Daging Kopi Susu - TP101 harga Rp 12.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Cara menyimpan daging sapi di kulkas yang benar tidak hanya membuat hidangan lebih lezat, tapi juga mengurangi risiko kamu mengonsumsi bahan makanan yang berbahaya untuk kesehatan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu menyajikan hidangan terbaik, ya!