8 Cara Mudah Mencegah Kanker Payudara

8 Cara Mudah Mencegah Kanker Payudara

Mencegah lebih baik daripada mengobati!

Kanker dapat timbul karena pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh yang tidak terkendali. Kanker yang sering kita temui dialami oleh orang Indonesia yaitu kanker payudara. Salah satu penyebab kanker payudara sendiri adalah faktor genetik ataupun keturunan.

Nah agar tak terkena potensi dari kanker payudara, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah pertumbuhan penyakit ini. Berikut ini Jakmall.com telah merangkum 8 cara mudah mencegah penyakit kanker payudara.

1. Mendeteksi keberadaan kanker payudara ternyata bisa dilakukan sendiri

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang bisa dideteksi oleh kita sendiri. Cara mencegah kanker payudara yang mudah dikenali misalnya jika terdapat benjolan, ruam tak kunjung sembuh, atau warna kemerahan disertai nyeri pada payudara. Jangan tunda untuk berkonsultasi ke dokter ya!

Cegah kanker payudara dan berbagai penyakit lainnya dengan peralatan kesehatan mulai dari Rp1rb!

2. Mengonsumsi makanan dengan kandungan karotenoid

Cara Mudah Mencegah Kanker Payudara | Image Source: honestdocs.id

Ternyata ada banyak makanan yang bisa mencegah kanker payudara. Salah satunya makanan yang mengandung karotenoid atau zat pewarna kuning, orange atau merah seperti wortel, tomat dan aprikot.

3. Beragam biji-bijian dipercaya dapat mencegah risiko kanker payudara

Mulai sekarang jangan ragu untuk mengonsumsi biji-bijian ya Jakmallers! Karena, mereka mengandung antioksidan tinggi dan alpha-linoleat. Chia Seed merupakan jenis makanan berupa biji-bijian yang dapat mencegah kanker payudara.

4. Lakukan olahraga untuk mencegah kanker payudara

Cara Mudah Mencegah Kanker Payudara | Image Source: hellosehat.com

Menurut American Cancer Society dan Agensi Internasional World Health Organization, wanita dengan C-peptida yang tinggi (biasanya punya berat badan berlebihan) berisiko lebih besar terkena kanker payudara. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk melakukan olahraga seperti aerobik agar dapat mencegah kanker payudara.

5. Kenapa menyusui dapat mencegah kanker payudara?

Dari 18 penelitian tentang laktasi dan menyusui, 13 di antaranya menemukan bahwa ibu yang menyusui selama 5 bulan lebih rendah 2% terkena risiko kanker payudara. Saat menyusui, payudara akan lebih aktif memproduksi susu sehingga membatasi perkembangan sel-sel DNA rusak penyebab kanker.

6. Kamu suka merokok? Yuk pelan-pelan mulai hilangkan kebiasaan ini!

Perokok aktif berpotensi dapat terserang kanker payudara sebanyak 7 hingga 13 persen lebih besar dibandingkan orang yang tak pernah merokok. Yuk mulai kurangi kebiasaan ini!

7. Sayangi diri sendiri dengan meninggalkan minuman yang mengandung alkohol

Cara Mudah Mencegah Kanker Payudara | Image Source: yourteenmag.com

Alkohol merupakan senyawa yang mengandung estrogen yang memiliki hubungan dengan hormon penerima kanker payudara positif. WHO menyebutkan bahwa alkohol sebagai karsinogen yaitu salah satu unsur yang mengakibatkan kanker.

8. Mengurangi kadar hormon estrogen dalam tubuh

Hormon estrogen adalah hormon alami yang berpengaruh pada tingkat kesuburan wanita. Hormon estrogen berlebih pada tubuh bisa mengakibatkan kenaikan berat badan dan bisa meningkatkan risiko kanker. Cara mengurangi kadar hormon ini dengan mengonsumsi makanan yang mengandung sulfur.


Nah, itu dia 8 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kanker payudara yang dapat kamu mulai dari sekarang.

Yuk mulai pola hidup sehat mencegah kanker payudara dengan olahraga. Belanja alat olahraga di sini hemat hingga 50%!

Jangan lupa baca terus Jakmall Blog untuk informasi seputar kesehatan lainnya!