Selalu jaga kesehatan dari rumah

Dalam situasi pandemi ini, kita disarankan untuk tetap berada di rumah saja. Tetapi, terkadang ada saja situasi di mana kamu terluka dan membutuhkan pengobatan. Mulai dari luka bakar, teriris pisau, terjatuh, dan seterusnya bisa saja terjadi. Tentunya kamu perlu menyediakan peralatan yang memadai untuk mengatasi situasi tersebut dong.

Oleh karena itu, simaklah 7 alat kesehatan rumah yang wajib disediakan di setiap rumah. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti di atas tadi!

1. Tidak perlu ke rumah sakit lagi untuk mengukur tekanan darah, gunakan saja tensimeter

Alat Kesehatan Rumah | Source image: honestdocs.id

Salah satu alat kesehatan rumah yang sebaiknya tersedia di rumah adalah tensimeter. Alat ini sangat cocok buat kamu yang ingin mengecek kesehatanmu secara berkala. Alat ini memiliki fungsi untuk mengecek tekanan darahmu. Dengan begitu, kamu dapat melihat apakah tekanan darahmu atau turun, dan dapat memutuskan apakah kamu harus segera berobat atau tidak.

Koleksi pengukur tekanan darah termurah dan terbaik ada di Jakmall.com #PastiUntung!

2. Ukur suhu badan secara mandiri dan lebih praktis dengan termometer

Alat Kesehatan Rumah | Source image: honestdocs.id

Jika kamu ingin mengukur suhu badan di rumah, langsung saja gunakan termometer. Alat kesehatan ini sangat diperlukan untuk mendeteksi apakah seseorang sedang demam. Apalagi di saat pandemi seperti ini, kamu pasti perlu alat yang dapat membantu mendeteksi suhu badan dengan akurat. Bingung mau beli termometer di mana? Belanja online saja di Jakmall.com!

3. Selalu cek berat badanmu secara berkala dengan timbangan berat badan

Alat Kesehatan Rumah | Source image: maxima.pt

Timbangan berat badan juga sangat penting dimiliki di rumahmu. Dengan adanya alat ini, kamu dapat mengecek berat badanmu secara berkala. Selain itu, alat ini juga bisa membantumu mengetahui tanda atau gejala bahwa kamu sedang sakit berdasarkan berat badan. Contohnya, penyakit seperti diabetes dan kanker mempunyai gejala yang berhubungan dengan berat badanmu.

4. Glukometer dapat membantu memonitor kadar gula dalam tubuhmu

Alat Kesehatan Rumah | Source image: medgadget.com

Glukometer merupakan alat kesehatan rumah yang digunakan untuk mengecek kadar gula darah. Biasanya, alat ini digunakan oleh orang yang memiliki penyakit diabetes sehingga mereka dapat menjaga kadar gula.

Sebenarnya ada beberapa jenis alat pengukur kadar darah. Glukometer ini adalah salah satu alat tersebut. Tetapi, ada juga alat pengukur gula darah “Three in one” yang dapat mengecek kadar asam urat dan kolesterol. Pengecekan ketiga kadar ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui tindakan selanjutnya pada kesehatan kamu.

5. Tidak ada salahnya menyimpan obat dan krim luka bakar di rumah

Alat Kesehatan Rumah | Source image: honestdocs.id

Kamu tidak akan tahu kapan kamu memerlukan salep atau krim luka bakar. Tetapi, ketika hal yang tak terduga seperti menyentuh benda yang panas terjadi, ada baiknya kamu menyimpan krim ini. Luka bakar dapat mengakibatkan melepuhnya area kulit. Agar hal tersebut tidak terjadi, disarankan untuk mengobatinya dengan krim luka bakar.

6. Hand sanitizer merupakan alat kesehatan yang wajib ada di rumah saat pandemi

Alat Kesehatan Rumah | Source image: blog.alfacart.com

Di saat pandemi ini, hand sanitizer sangat diperlukan ketika kita akan keluar rumah. Maka dari itu, kita harus senantiasa menyiapkan stok hand sanitizer. Tetapi, harus diketahui bahwa penggunaan hand sanitizer tidak seampuh mencuci tangan. Jadi, tetap rajin mencuci tangan sebelum makan atau ketika ingin menyentuh wajah.

Kehabisan hand sanitizer di rumah? Beli aja dengan harga termurah di Jakmall.com!

7. Perlengkapan kesehatan rumah terlengkap dapat kamu dapatkan pada P3K

Alat Kesehatan Rumah | Source image: parenting.orami.co.id

P3K merupakan singkatan dari Pertolongan Pertama pada Kecelakaan. Alat kesehatan rumah ini pasti harus dimiliki oleh setiap rumah. Kenapa? Karena P3K sudah dilengkapi berbagai peralatan penting ketika kamu menghadapi kecelakaan. Sebut saja alat medis seperti perban, sarung tangan steril, obat minum, alkohol, pinset, dan lainya sudah ada di dalam P3K.

Jika kamu sudah memiliki P3K, pastikan bahwa kamu menyimpannya di tempat yang mudah dicapai. Jangan menyimpannya pada tempat yang jauh dari ruang utama maupun tempat yang terlalu tinggi. Kita tidak pernah tahu kapan akan terjadi kecelakaan dan menggunakannya.

Itulah 7 alat kesehatan rumah yang sebaiknya kamu sediakan di rumahmu. Tujuannya adalah untuk mencegah dan mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti luka ringan. Maka dari itu, jangan lupa untuk senantiasa siap sedia alat-alat ini ya!


Tangkal polusi dan debu dengan koleksi masker polusi termurah di Jakmall.com!

Baca artikel kesehatan lainnya di sini

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kulit Kepala dan Rambut Agar Selalu Sehat & Berkilau