Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

Diperlukan konsistensi dan disiplin yang kuat untuk menjaga dan mengubah kebiasaan seperti dari makan, tidur, hingga asupan air yang kamu minum.

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan
Image Source: Freepik

Apakah kamu insecure setiap kali melihat timbangan badan? Badan kamu terasa pegal dan mudah lelah? Sudah saatnya untuk menjadi lebih sehat dan bugar. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan seperti olahraga dan diet. Berikut ini beberapa hal dasar yang bisa kamu lakukan secara konsisten untuk mencapai berat badan ideal.

Istirahat Cukup

Istirahat merupakan faktor penting untuk menjaga metabolisme tubuhmu agar tetap stabil. Dengan jam tidur yang teratur, organ-organ di dalam tubuhmu akan menyesuaikan aktivitasnya. Metabolisme yang teratur ini membuat aliran darah lebih lancar, menyegarkan pikiran, serta dapat membantumu untuk mengatur jam makan.

Untuk jam tidur sebenarnya cukup fleksibel, tergantung dari kesibukanmu. Namun, usahakan untuk mencoba tidur di antara jam 9-12 malam dengan durasi tidur sekitar 7-9 jam. Dengan begitu, kamu akan terasa segar saat bangun.

Atur Jam Makan

Image Source: Freepik

Dengan mengatur jam makan, metabolisme tubuh akan semakin lancar. Didukung dengan istirahat yang cukup, badanmu akan terasa lebih segar dan berenergi, tidak mudah lelah, dan lebih jarang mengantuk. Ketika metabolisme tubuh lancar, kamu dapat mengatur jam makan dan istirahat dengan lebih mudah.

Jika kamu ingin menurunkan berat, ada baiknya untuk mengatur jam makan secara khusus. Cara termudah adalah memberikan jeda yang jelas antara makan malam dan siang. Misalnya, kamu makan siang di jam 12-1 siang. Kamu bisa mengambil jam makan malam di sekitar 8-9 malam. Cara ini sudah terbukti ampuh untuk menjaga dan menurunkan berat badan karena setelah jam 9 malam, badanmu akan “berpuasa” hingga jam makan siang tiba.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Kita seringkali “lapar mata” dan jajan sembarangan. Banyak juga makanan-makanan enak yang kurang menyehatkan seperti makanan bersantan dan gorengan. Makanan-makanan ini dapat menimbun lemak dan menambah asupan kalori harianmu.

Image Source: Freepik

Jadi, makan secukupnya merupakan faktor penting untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara untuk mengakali jenis makanan yang ingin dikonsumsi adalah memasak dengan menggunakan air fryer, di mana alat ini membuat masakanmu minim minyak dan lebih sehat.

Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi smartphone untuk mengetahui jumlah kalori makanan yang masuk ke tubuhmu. Setiap orang biasanya memiliki jumlah kebutuhan kalori harian berbeda, sesuai dengan berat tubuh dan aktivitas yang dilakukan. Kamu bisa mencari tahu kebutuhan kalori harianmu menggunakan kalkulator online. Kalkulator ini menggunakan bobot dan tinggi badan untuk mengestimasi kebutuhan kalori.

Cukupi Asupan Air

Image Source: Freepik

Minum air putih sebanyak 2 liter sehari untuk mecukupi kebutuhan cairan tubuh. Dengan berbagai kesibukan yang kamu lakukan, konsumsi air putih bisa saja terabaikan. Minuman manis dan dingin terkadang menjadi solusi untuk melepas dahaga di siang hari yang terik. Saat memesan makanan di restoran pun, minum jus atau es teh manis kadang tidak terhindarkan.

Untuk menjaga konsumsi air putih agar tetap mencukupi kebutuhan, kamu bisa menggunakan botol minum khusus berukuran besar yang biasanya memiliki ukuran 1-2 liter. Sekali isi botol, kebutuhan air harianmu akan terpenuhi. Jika kamu menggunakan botol ini, usahakan untuk tidak menghabiskan air terlalu cepat agar kamu tidak mondar-mandir ke toilet untuk buang air kecil.

Olahraga Teratur

Image Source: Freepik

Olahraga merupakan kegiatan pendukung yang bisa membantumu untuk menurunkan kalori. Kamu bisa menggunakan olahraga sebagai aktivitas untuk mengakali jumlah kalori harianmu. Sebagai contoh, kebutuhan kalori harianmu adalah 1800 kalori. Kamu bisa makan hingga batas kalori tersebut, kemudian membakar 200 kalori dengan melakukan push up dan workout di rumah.

Perhatikan juga kapan kamu harus berolahraga. Waktu yang tepat untuk berolahraga bisa kamu lakukan setelah makan dan sebelum makan. Jika kamu memilih berolahraga sebelum makan, kamu bisa melakukan olahraga seperti angkat beban, yoga, dan workout HIIT atau high intensity interval training. Sementara olahraga kardio seperti renang dan lari bisa dilakukan beberapa jam setelah makan.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Diperlukan konsistensi dan disiplin yang kuat untuk menjaga dan mengubah kebiasaan seperti dari makan, tidur, hingga asupan air yang kamu minum. Dengan menerapkan tips-tips di atas, berat badanmu akan turun dengan alami dan sehat.