Kenali Ciri-ciri Ban Bocor Pada Mobil Ketika Berkendara

Untuk meningkatkan keselamatan, kamu harus mengetahui ciri-ciri ban bocor agar kamu bisa mengatasinya dengan segera

Kenali Ciri-ciri Ban Bocor Pada Mobil Ketika Berkendara
Image Source: Pexels/Andrea Piacquadio

Ban yang bocor dapat menjadi masalah serius bagi mobil kamu yang mengancam keselamatan dan performa berkendara. Penting untuk mengenali ciri-ciri ban bocor pada mobil agar dapat mengatasinya dengan cepat dan mencegah kerugian yang lebih besar.

Ciri-ciri ban bocor tidak selalu ketika ban terlihat kempes saja, ada kala sebenarnya ban mobil kamu bocor tapi terlihat seperti baik-baik saja. Namun jika tidak menyadarinya dan dibiarkan terlalu lama, ini akan menyebabkan kerusakan yang semakin parah dan mengancam keselamatanmu saat berkendara.

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri ban bocor sehingga kamu bisa langsung mengambil tindakan dan melanjutkan perjalanan.

4 Ciri-Ciri Ban Bocor

Berikut adalah cir-ciri ban bocor dan jika kamu merasakannya saat mengendarai mobil, segera periksa atau pergi ke bengkel terdekat.

1. Laju Mobil Melambat

Laju Mobil Melambat
Image Source: Pexels/Taras Makarenko

Ciri-ciri ban bocor yang pertama adalah laju kendaraan menjadi lebih lambat. Hal ini terjadi karena ketika ban kehilangan udara, permukaan ban yang bersentuhan dengan jalan menjadi lebih kecil, sehingga mengurangi daya dorong yang dihasilkan dan membuat mobil sulit untuk mencapai kecepatan yang sama seperti biasanya.

Keadaan ini mungkin mirip seperti ketika mobil kamu akan kehabisan bahan bakar, namun jika mobil kamu melambat dan bahan bakar kamu masih penuh, kamu bisa mencoba mengecek keadaan ban mobil kamu.

2. Ban Terasa Lebih Empuk

Ban Terasa Lebih Empuk
Image Source: Pexels/Erik Mclean

Ketika ban bocor tekanan udara di dalamnya akan berkurang. Hal ini membuat ban kehilangan kekakuan dan kemampuannya untuk menopang beban dengan baik, sehingga terasa lebih empuk atau kempis saat digunakan.

Jual AIKESI Inflator Pompa Angin Ban Mobil Elektrik 150 PSI LCD
Pompa Ban AIKESI Inflator Pompa Angin Ban Mobil Elektrik 150 PSI LCD - AKS-5501 harga Rp 192.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Kondisi ban yang empuk atau kempis ini dapat mempengaruhi performa kendaraan secara keseluruhan. Ban yang bocor dapat mengurangi kontrol dan stabilitas mobil, terutama saat melakukan manuver atau pengereman. Oleh karena itu, penting untuk segera mengganti ban yang bocor dengan yang baru agar tetap menjaga keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

3. Terdengar Suara Gemuruh Saat Berkendara

Terdengar Suara Gemuruh Saat Berkendara
Image Source: Pexels/Garvin St. Villier

Ciri-ciri ban bocor selanjutnya adalah terdengar suara gemuruh saat berkendara yang berasal dari ban. Ban bocor dapat menyebabkan suara gemuruh saat berkendara karena berkurangnya tekanan udara di dalam ban yang mengakibatkan bentuk ban menjadi tidak stabil.

Ketika ban kehilangan udara, bagian dalam ban yang biasanya terisi udara menjadi longgar dan bergerak saat ban berputar. Hal ini dapat menyebabkan bagian-bagian ban yang longgar tersebut bergesekan dengan bagian-bagian lain dari kendaraan, seperti velg atau bagian dalam ban itu sendiri, sehingga menghasilkan suara gemuruh atau berisik saat kendaraan bergerak.

Jual OTOHEROES Peralatan Tambal Ban Mobil Sepeda Motor Tubeless
Aksesoris Mobil OTOHEROES Peralatan Tambal Ban Mobil Sepeda Motor Tubeless - KBTB02 harga Rp 8.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Suara gemuruh ini biasanya akan terdengar sangat keras diiringi dengan mobil yang melambat karena jika ban sudah mengeluarkan suara gemuruh tersebut, itu artinya ban mobil kamu benar-benar sudah kehilangan angin di dalamnya.

4. Mobil Sulit Dikendalikan

Mobil Sulit Dikendalikan
Image Source: Pexels/Lisa Fotios

Mobil sulit dikendalikan ketika ban bocor karena ban yang bocor mengganggu keseimbangan dan stabilitas kendaraan. Ketika ban kehilangan udara, bagian ban yang tidak terisi udara menjadi lunak dan tidak mendukung kendaraan dengan baik seperti ban yang normal.

Ban yang bocor dapat menyebabkan kemudi menjadi berat atau sulit dikendalikan karena ban yang lunak tidak memberikan respons yang baik terhadap pergerakan kemudi.

Jika kamu merasakan ciri-ciri seperti di atas, sudah dipastikan kamu mengalami ban bocor. Jika kamu merasakan ciri-ciri ban bocor, segera menepi dan periksa kondisi ban. Jika kondisi ban memungkinkan, segera kunjungi bengkel terdekat, namun jika segera ganti ban jika kamu bisa atau memanggil teknisi ke lokasi di mana kamu berada.