5 Ciri Ruangan Kering dan Cara Mengatasinya

Ruangan yang terlalu kering dapat berdampak negatif pada kesehatan. Yuk, simak ciri-ciri ruangan kering yang wajib kamu ketahui.

5 Ciri Ruangan Kering dan Cara Mengatasinya
Image Source: Freepik/Karlyukav

Kebanyakan dari kita mungkin belum menyadari bahwa penggunaan AC dapat menyebabkan udara di dalam ruangan menjadi kering. Hal ini bisa dimaklumi karena berlama-lama di dalam ruangan AC memang memberikan kesejukan dan kenyamanan tersendiri.

Meski demikian, ruangan dengan udara yang kering karena menggunakan AC juga memiliki dampak buruk kepada kesehatan. Yuk, simak ciri-ciri ruangan kering dan cara mengatasinya agar kamu terbebas dari masalah kesehatan yang ditimbulkan.

Ciri-Ciri Ruangan Kering

Ciri-Ciri Ruangan Kering
Image Source: Pexels/Srattha Nualsate

Mulai dari kondisi fisik hingga gangguan pernapasan, berikut ciri-ciri ruangan kering yang wajin kamu ketahui.

1. Kulit Kering dan Gatal

Udara kering dapat menyebabkan kulit kering dan gatal. Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama pastikan kamu minum cukup air untuk menjaga tubuh tetap hidrasi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pelembap kulit atau humidifier di dalam ruangan untuk menjaga kelembapan udara yang seimbang.

2. Rambut Kusam dan Rapuh

Udara kering juga dapat membuat rambut menjadi kusam dan rapuh. Untuk mengatasi masalah ini, hindari penggunaan pengering rambut berlebihan dan perlakukan rambut dengan perawatan yang lembut.

Gunakan kondisioner yang menghidrasi dan hindari paparan panas berlebih dari alat pengering atau alat styling rambut.

3. Bibir Pecah-Pecah

Udara kering dapat membuat bibir menjadi pecah-pecah dan kering. Kondisi ini terjadi karena kandungan air pada bibir perlahan habis karena sudah digunakan untuk menjaga kelembapan kulit.

Jika kamu mengalami hal ini, jangan lupa gunakan lip balm secara teratur dan hindari menjilat bibir karena hal ini hanya akan membuatnya semakin kering.

Jual Taffware HUMI Air Humidifier Ultrasonic Aromatherapy 300ml
Air Humidifier Taffware HUMI Air Humidifier Ultrasonic Aromatherapy 300ml - KJR-J003 harga Rp 36.700 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Hidung Tersumbat dan Pilek

Tahukah kamu, udara yang terlalu kering ternyata juga dapat menyebabkan pilek dan hidung tersumbat, lho! Udara yang terlalu dingin dan kering membuat bagian dalam hidung iritasi.

Iritasi yang semakin parah membuat tubuh secara otomatis memproduksi lebih banyak elndir untuk menjaga kelembapan pada bagian dalam hidung. Tak perlu khawatir karena kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya saat kondisi udara menghangat.

Hindari penggunaan obat semprot hidung yang mengandung zat pengering karena dapat memperparah kekeringan.

5. Masalah Pernapasan

Pernahkah kamu merasa sesak selama berada di ruangan ber-AC? Jika pernah, maka itu salah satu tanda-tanda bahwa ruangan tersebut memiliki udara yang kering. Ruangan yang kering juga dapat mengganggu pernapasan pada bayi dan anak-anak sehingga perlu perhatian lebih terutama bagi kamu yang memiliki buah hati.

Jual Taffware HUMI Air Humidifier Aromatherapy Oil Diffuser Wood
Air Humidifier Taffware HUMI Air Humidifier Aromatherapy Oil Diffuser Wood 130ml - H41 harga Rp 36.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Cara Mengatasi Ruangan Kering

Cara Mengatasi Ruangan Kering
Image Source: Freepik/Pvproductions

Setelah mengetahui ciri-ciri ruangan yang kering, sekarang saatnya kamu menyimak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ruangan kering.

1. Perbaiki Sirkulasi Udara

Pastikan ruangan memiliki ventilasi yang cukup agar sirkulasi udara dapat tetap terjaga. Buka jendela setiap hari minimal sekali di pagi hari. Hindari juga paparan asap rokok dan bahan kimia yang dapat mengiritasi saluran pernapasan.

2. Perhatikan Suhu Ruangan

Suhu yang terlalu tinggi atau rendah dapat mempengaruhi tingkat kelembapan udara di dalam ruangan. Hindari penggunaan pemanas atau pendingin udara yang berlebihan, karena dapat mengeringkan udara. Usahakan menjaga suhu ruangan pada tingkat yang nyaman dan seimbang.

Jual Taffware Termometer Suhu Ruangan Humidity Hygrometer Clock
Perkakas Taffware Termometer Suhu Ruangan Humidity Hygrometer Clock Calendar - HTC-1 harga Rp 24.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

3. Gunakan Humidifier

Jika udara kering terus menjadi masalah, pertimbangkan untuk menggunakan humidifier. Humidifier adalah perangkat yang dirancang khusus untuk meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan.

Ada beberapa jenis humidifier yang tersedia, seperti humidifier uap panas, uap dingin, atau ultrasonik. Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

4. Merawat Tanaman

Menempatkan beberapa tanaman di dalam ruangan juga dapat membantu meningkatkan kelembapan udara. Tanaman mengeluarkan uap air melalui proses transpirasi, sehingga dapat memberikan kelembapan di sekitar mereka.

Pilihlah tanaman yang cocok untuk lingkungan dalam ruangan dan perhatikan kebutuhan perawatannya.

Menjaga ruangan agar memiliki kelembapan yang cukup dan tidak kering merupakan suatu hal yang patut diperhatikan. Dengan begitu kamu dapat terbebas dari berbagai masalah kesehatan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu bisa mengetahui ciri-ciri ruangan kering dan cara mengatasinya, ya!