7 Contoh Permainan Bola Besar: Pengertian dan Ciri Khas

Memainkan bola yang lebih besar dari bola pingpong pastinya seru! Polo air hingga bowling adalah contoh permainan bola besar yang bisa dicoba.

7 Contoh Permainan Bola Besar: Pengertian dan Ciri Khas
Image Source: Pexels/Stanley Morales

Permainan bola besar adalah jenis permainan yang melibatkan bola-bola berukuran cukup besar. Jadi, bayangkan saja, kita punya bola yang lebih besar dari bola pingpong atau bola golf untuk dimainkan, pastinya lebih seru!

Biasanya, permainan bola besar dimainkan di lapangan yang luas atau area tertentu. Sebagian besar permainan bola ini juga termasuk ke dalam olahraga profesional yang dimainkan di berbagai olimpiade, loh.

Bola-bola besar ini biasanya bisa digerakkan dengan kaki, tangan, kepala, dan bagian tubuh lainnya, tergantung peraturan masing-masing permainan. Salah satu yang paling terkenal tentu aja sepak bola.

Penasaran dengan contoh permainan bola besar lainnya? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Contoh Permainan Bola Besar

Siapa yang tak kenal sepak bola? Tapi kamu salah jika berpikir bahwa permainan bola besar yang terkenal hanya sepak bola saja. Pasalnya ada banyak permainan bola besar lain yang tak kalah seru. Simak beberapa di antaranya di bawah ini:

1. Sepak Bola: Menggetarkan Lapangan Hijau

Sepak Bola
Image Source: Freepik/Freepik

Raja olahraga yang menggemparkan dunia ini dikenal dengan berbagai sebutan, tetapi semangatnya tak pernah pudar. Dengan dua tim yang berjuang memasukkan bola ke gawang lawan, gol menjadi kemenangannya.

Pertandingan sepak bola mampu menghadirkan perasaan kompetitif, kekaguman akan keterampilan individu, dan kebersamaan antarpenonton.

2. Bola Voli: Melambung Tinggi di Pasir Putih

Bola Voli
Image Source: Volley Ball World

Contoh permainan bola besar selanjutnya memiliki 2 jenis lapangan, yakni indoor dan outdoor. Itulah bola voli, olahraga dengan dua tim yang berusaha memukul bola melewati net. Ciri khusus dari bola voli adalah sistem rotasi pemain.

Permainan ini sering dimainkan di lapangan indoor atau outdor seperti pantai. Tentu saja peraturan antara bola voli indoor dan outdoor berbeda. Kesamaannya adalah kerjasama, keterampilan memprediksi, dan ketepatan memukul bola.

3. Bola Basket: Slam Dunk di Udara

Bola Basket
Image Source: National Basketball Association

Bola basket mengajarkan kita tentang keterampilan melempar bola ke dalam keranjang atau ring. Tak jarang permainan bola besar ini disertai dengan aksi-aksi spektakuler seperti slam dunk.

Di lapangan dengan ring setinggi 3,05 M, pemain berusaha memenangkan pertandingan dengan mengumpulkan poin lewat lemparan bebas, tiga poin, atau dua poin.

4. Polo Air: Seru di Dalam Kolam

Polo Air
Image Source: World Aquatics

Contoh permainan bola besar yang satu ini dilakukan sambil berenang. Yup, polo air adalah permainan yang memadukan keterampilan berenang dan taktik tim dalam kolam renang.

Dua tim bersaing memasukkan bola ke gawang lawan, sambil berenang dan menghindari usaha lawan untuk merebut bola. Meski tidak sepopuler permainan bola besar lainnya, polo air menuntut ketahanan dan koordinasi tim yang baik.

5. Rugby: Kekuatan dan Ketangkasan

Rugby
Image Source: World Rugby

Rugby adalah contoh permainan bola besar yang kasar dan penuh tantangan. Dua tim berusaha untuk melewati garis gawang lawan dengan membawa bola oval sambil menghindari serangan lawan.

Kontak fisik dalam rugby menjadi ciri khasnya, sehingga permainan ini membutuhkan kekuatan, keberanian, dan kerjasama tim yang tinggi.

Jual TaffSPORT Sarung Tangan Half Finger Sepeda Gym
Sarung Tangan TaffSPORT Sarung Tangan Half Finger Sepeda Gym harga Rp 17.400 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Sepak Takraw: Akrobat di Udara

Sepak Takraw
Image Source: Wikipedia

Sepak takraw adalah contoh permainan bola besar yang mengkombinasikan sepak bola dan bola voli, tetapi dengan sentuhan akrobatik yang unik.

Dua tim berusaha memasukkan bola melintasi net dengan menggunakan kaki, kepala, lutut, atau bagian tubuh lainnya. Teknik lompatan dan tendangan akrobatik menjadikan permainan ini menarik untuk ditonton.

Jual OULAIOU HAOGHIMENG JINAO Kacamata Sepeda Lensa Mercury -
Kacamata Olahraga OULAIOU HAOGHIMENG JINAO Kacamata Sepeda Lensa Mercury - 9181 harga Rp 11.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

7. Bowling: Meluncurkan Bola

bowling
Image Source: Freepik/Freepik

Bowling adalah permainan yang lebih tenang dan santai. Pemain berusaha menggulingkan 10 pin di ujung lorong dengan melemparkan bola.

Meskipun tidak memerlukan keterampilan berlari atau berenang, contoh permainan bola besar ini mengandalkan akurasi dan konsentrasi dalam memilih sudut dan kekuatan lemparan.

Contoh permainan bola besar selalu menghadirkan kegembiraan dan kesenangan. Dari laga seru hingga momen aksi tiap pemain, setiap permainan memiliki daya tariknya sendiri.

Jadi, tak ada salahnya mencoba berbagai jenis permainan bola besar ini untuk merasakan sensasi unik yang ditawarkannya. Semuanya terasa lebih menyenangkan ketika dilakukan dengan santai dan penuh semangat!

Penasaran ingin mencoba salah satu jenis permainan ini? Tentu kamu bisa! Saat bermain jangan lupa menggunakan perlengkapan olahraga seperti pelindung lutut, sepatu olahraga, wristband agar terhindar dari cedera. Semua perlangkapan olahraga ini bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah di Jakmall.