9 Jenis Permainan Bola Kecil, Aturan, dan Manfaatnya

Permainan bola kecil adalah sumber kebugaran fisik yang menyenangkan. Ada berbagai macam permainan ini, mulai dari baseball, kriket, hingga golf.

9 Jenis Permainan Bola Kecil, Aturan, dan Manfaatnya
Image Source: Freepik/Freepik

Jika kamu gemar melakukan aktivitas fisik, sekarang saatnya kamu mencoba permainan bola kecil. Sama seperti namanya, permainan bola kecil dimainkan dengan bola berdiameter kecil.

Meski disebut permainan, nyatanya beberapa aktivitas ini juga termasuk dalam cabang olahraga, lho! Jadi kamu bisa bermain bersama keluarga atau teman sembari menjaga kesehatan.

Penasaran dengan contoh dan manfaat permainan bola kecil? Simak ulasan ini sampai habis, ya!

Manfaat dari Permainan Bola Kecil

Selain menawarkan kesenangan, permainan bola kecil juga membawa sejumlah manfaat kesehatan dan perkembangan pribadi.

Bermain permainan bola kecil membutuhkan gerakan fisik yang aktif, sehingga membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, kekuatan otot, dan fleksibilitas.

Permainan bola kecil juga memperbaiki keterampilan motorik halus dan kasar, seperti memukul, melempar, atau menangkap bola. Selain itu, permainan bola kecil melibatkan kemampuan bekerja bersama dan berkomunikasi dengan baik.

Perbaikan mental juga akan kamu dapatkan. Bermain bola kecil membutuhkan konsentrasi, fokus, dan kemampuan memecahkan masalah sehingga dapat merangsang pikiran serta membuat seseorang lebih mindful.

Jenis Permainan Bola Kecil

Ingin mencoba cabang olahraga satu ini? Kamu bisa mempertimbangkan beberapa jenis olahraga bola kecil berikut untuk dimainkan.

1. Baseball

Baseball
Image Source: Freepik/Viarprodesign

Baseball adalah permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim berisi sembilan pemain. Pada permainan ini, para pemain harus mencetak skor dengan memukul bola dan berlari mengelilingi basis.

Aturan dasarnya melibatkan pemukulan, melempar, dan menangkap bola. Selama bertanding, permainan ini juga diawasi oleh wasit dengan batuan tujuh hakim.

Selain mengembangkan keterampilan koordinasi dan akurasi, baseball juga meningkatkan kecepatan berlari dan daya tahan tubuh. Tak heran jika olahraga ini banyak disukai oleh remaja.

2. Kriket

Kriket
Image Source: Freepik/Rawpixel.com

Kriket adalah permainan yang populer di sejumlah negara. Mirip dengan olahraga bola kecil sebelumnya, kriket dimainkan dengan cara memukul bola kecil. Bedanya, bola yang digunakan dilapisi oleh kulit sintetis. Selain itu personil tim dalam olahraga ini juga lebih banyak, yakni 11 orang.

Aturan olahraga kriket melibatkan dua tim, di mana tim pemukul mencoba mencetak poin sembari berlari dan tim lainnya berusaha menangkap bola untuk membatasi poin tim pemukul.

3. Biliard

Biliard
Image Source: Freepik/Gpointstudio

Biliard adalah permainan meja yang membutuhkan ketepatan dalam memukul bola dengan tongkat. Terdapat beberapa variasi permainan, tetapi pada dasarnya poin akan tercetak jika bola biliard masuk ke dalam lubang.

Selain menjadi hiburan yang menyenangkan, biliard juga meningkatkan konsentrasi, ketepatan, dan perencanaan strategis.

4. Hoki

Hoki
Image Source: Freepik/Viarprodesign

Hoki adalah permainan yang menggabungkan keterampilan individual dan kerjasama tim. Pemain menggunakan tongkat untuk mengendalikan bola dan mencetak gol.

Ketika bola dijatuhkan oleh wasit, maka waktu permainan dimulai. Satu tim menguasai bola dan mencoba mendapatkan poin sementara tim lawan mencoba menjaga gawang atau merebut bola.

Jual Rhodey EDIKO Topi Baseball Golf Logo Ediko Sport Fashion
Topi Rhodey EDIKO Topi Baseball Golf Logo Ediko Sport Fashion harga Rp 15.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

5. Badminton

Badminton
Image Source: Freepik/Master1305

Badminton adalah permainan raket yang dapat dimainkan oleh satu orang atau ganda. Tujuan utamanya adalah mencetak poin dengan melemparkan shuttlecock atau kok ke area lawan.

Karena ukuran kok yang kecil, maka olahraga ini masuk ke permainan bola kecil. Permainan ini dapat mengembangkan kecepatan, ketangkasan, dan koordinasi mata dan tangan.

Jual GAOKE Insole Sepatu Alas Kaki Soft EVA Ankle Support
Sepatu & Sandal Pria Lainnya GAOKE Insole Sepatu Alas Kaki Soft EVA Ankle Support Breathable - GO-1 harga Rp 8.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Tenis Lapangan

Tenis Lapangan
Image Source: Freepik/Gpointstudio

Hampir mirip dengan badminton, tenis lapangan dapat dilakukan oleh dua pemain atau dua tim ganda. Para pemain akan berusaha merebut kemenangan dengan memukul bola hingga masuk dan memantul di area lawan.

Aturan permainan menekankan pada pukulan yang tepat dan mobilitas yang cepat. Jika penasaran dengan aturan lengkapnya, kamu bisa baca artikel berikut

7. Ping Pong

Ping Pong
Image Source: Freepik/Rawpixel.com

Ping Pong, atau tenis meja, adalah permainan raket yang dimainkan di atas meja kecil. Pemain berusaha untuk mencetak poin dengan memantulkan bola di atas net hingga lawan tidak bisa mengembalikan bola.

Jika dilakukan secara rutin, permainan ini dapat memperbaiki konsentrasi, refleks, dan keterampilan motorik halus.

8. Softball

softball
Image Source: Encyclopædia Britannica

Softball adalah bentuk modifikasi dari baseball. Dengan perbedaan ukuran bola dan lapangan yang lebih kecil, olahraga ini dapat dimainkan oleh siapa saja. Biasanya sotfball banyak digemari oleh remaja perempuan.

Aturan mainnya pun mirip dengan baseball, tetapi dengan adaptasi untuk memfasilitasi permainan di ruang yang lebih terbatas.

9. Golf

Golf
Image Source: Freepik/Freepik

Golf adalah permainan bola kecil yang membutuhkan ketepatan dan kontrol tenaga agar dapat memukul bola ke lubang sasaran. Kontrol tenaga dibutuhkan untuk menghasilkan pukulan keras atau ringan yang tepat.

Selain menjadi tantangan mental, manfaat olahraga golf juga meningkatkan postur tubuh, kekuatan otot inti, dan konsentrasi.

Permainan bola kecil menawarkan ragam hiburan dan manfaat positif bagi kesehatan dan perkembangan individu. Jadi, pilihlah permainan favoritmu dan nikmati semua manfaat yang ditawarkan oleh jenis olahraga ini!

Jika kamu berniat untuk mulai olahraga, jangan lupa lengkapi perlengkapan olahraga dengan kualitas terbaik, seperti topi baseball, duffle bag, dan banyak lainnya di Jakmall.