Rekomendasi 6 Film Romantis Indonesia, Cocok Ditonton di Hari Valentine

Jika terlalu malas keluar rumah untuk merayakan Valentine, kamu bisa merayakannya di rumah dengan menonton 6 film romantis Indonesia berikut ini

Rekomendasi 6 Film Romantis Indonesia, Cocok Ditonton di Hari Valentine
Image Source: Pexels/JESHOOTS.com

Hari Valentine adalah perayaan tahunan yang jatuh pada tanggal 14 Februari yang diperingati oleh banyak orang di seluruh dunia sebagai hari kasih sayang. Pada hari ini, orang-orang mengungkapkan cinta dan kasih sayang mereka kepada pasangan, keluarga, dan orang-orang terkasih mereka dengan memberikan kartu ucapan, bunga, cokelat, hadiah, atau melakukan aktivitas romantis bersama.

Jika kamu terlalu malas keluar rumah, kamu bisa merayakan Hari Valentine di rumah saja bersama dengan pasangan dengan menonton film romantis Indonesia. Ada banyak film romantis Indonesia yang menghangatkan untuk ditonton di Hari Valentine.

Kamu bisa menonton film romantis Indonesia menggunakan laptop, TV, atau proyektor untuk menonton film ala bioskop. Jika kamu masih bingung film romantis Indonesia apa saja yang cocok ditonton di Hari Valentine, yuk simak rekomendasinya di bawah ini.

6 Rekomendasi Film Romantis Indonesia

Habiskan waktu bersama di Hari Valentine dengan menonton film romantis Indonesia di bawah ini.

1. Ketika Berhenti di Sini (2023)

Ketika Berhenti di Sini (2023)
Image Source: Hops.id

Ketika berhenti di sini diperankan di sutradarai oleh artis cilik Umay Shahab dan dibintangi oleh Prilly Latuconsina, Bryan Domani, dan Refal Hadi.

Ketika berhenti di sini mengisahkan tentang seorang desainer grafis bernama Anindita Semesta (Prilly Latuconsina) dan kekasihnya yang seorang arsitek bernama Edison Kartasamita (Bryan Domani). Dita dan Ed menjalin hubungan selama 4 tahun, mereka merasakan kecocokan dan berkencan untuk kemudian berniat meraih mimpi bersama.

Suatu hari, meraka terlibat percecokan melalui sambungan telepon ketika Ed sedang berkendara yang membuat Ed mengalami kecelakaan dan menewaskan dirinya. Setelah kepergian Ed, Dita terus dihantui oleh rasa bersalah dan kesedihan yang mendalam.

Dua tahun setelah kepergian Ed, Dita bertemu dengan Ifan Randuwana (Refal Hadi) yang merupakan sahabat kecil Dita. Ifan sudah menyukai Dita dan ingin membantu Dita untuk mengobati masa lalunya.

Saat Dita sudah mulai terobati dengan masa lalu berkat kehadiran Ifan, ia menemukan kacamata bernama LOOK dengan teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkannya untuk "bertemu" kembali dengan Ed.

Pada awalnya Dita sangat bahagia karena bisa "bertemu" kembali dengan Ed, namun semakin lama ia tak bisa membedakan perbedaan antara ilusi dan realitas. Lalu bagaimana cara Dita mengatasinya? Bagaimana kisah cinta antara Dita dan Ifan? Jika penasaran kamu bisa menontonnya lebih lanjut di platform Netflix.

2. Gita Cinta dari SMA (2023)

Gita Cinta dari SMA (2023)
Image Source: Kompas

Film yang satu ini merupakan film romantis Indonesia yang pas ditonton saat Valentine. Diibintangi juga oleh Prilly Latuconsina dan lawan mainnya Yesaya Abraham. Film Gita Cinta dari SMA menggunakan latar waktu pada tahun 1980-an dan film ini menggunakan bahasa baku.

Jual Mini Portable LED Projector Full HD with TF HDMI AV USB
Proyektor Mini Mini Portable LED Projector Full HD with TF HDMI AV USB Port - YG-300 harga Rp 239.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Gita Cinta dari SMA bercerita tentang Ratna Suminar (Prilly Latuconsina) seorang murid baru di salah satu SMA yang terpikat dengan Galih (Yesaya Abraham). Galuh terkenal dengan sifatnya yang dingin dan cuek terhadap wanita. Namun, itu tak menghalangi Ratna untuk mendekatinya.

Diam-diam ternyata Galih juga memperhatikan Ratna, sampai akhirnya keduanya menyatakan cinta satu sama lain. Namun kisah cinta mereka tak berjalan mulus, pertentangan datang dari Ayah Ratna (Dwi Sasono) yang tak suka terhadap kedekatan anaknya dengan Galih. Ayah Ratna pun meminta Galih untuk Menjauhi Ratna.

Lalu bagaimana kelanjutan kisah Galih dan Ratna? Apakah mereka berhasil melewati rintangan cinta bersama? Kamu bisa menyaksikan perjalanan cinta keduanya di platform Netflix.

3. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019)

Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019)
Image Source: Viu

Film romantis Indonesia selanjutnya merupakan drama percintaan yang dibintangi oleh Jessica Mila dan Reza Rahardian. Film ini diangkat dari novel Imperfect: A Journey to Self-Acceptance karya Meira Anastasia dan disutradari oleh suaminya yaitu Ernest Prakasa.

Film imperfect bercerita tentang Rara (Jessica Mila) yang memiliki kelebihan berat badan dan kulit sawo matang di tengah pandangan sosial yang mementingkan kecantikan. Meskipun begitu, ia memiliki kekasih yang bernama Dika (Reza Rahardian) yang mencintainya apa adanya.

Jual ROCKWARE 100-inch Anti-Light Reflective Projector Screen
Proyektor Standar ROCKWARE 100-inch Anti-Light Reflective Projector Screen harga Rp 179.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Rara merupakan seorang manager riset di sebuah perusahaan kosmetik. Pada suatu hari, ia mendapat kesempatan untuk promosi atau naik jabatan di kantor, namun bosnya (Dion Wiyoko) menghasruskan Rara untuk mengubah total penampilannya untuk mendapatkan promosi tersebut.

Kamu bisa melihat chemistry yang apik antara dua pemeran utamanya yaitu Jessica Mila dan Reza Rahardian. Fakta unik dari film ini, ternyata Jessica Mila dituntut untuk menaikan berat badan dalam satu bulan!

Jika kamu penasaran dengan kelanjutan kisah Rara dan ingin melihat lebih lanjut hubungannya dengan Dika, kamu bisa langsung mengunjungi Viu.

4. #TemantapiMenikah (2018)

#TemantapiMenikah (2018)
Image Source: Liputan6

Film teman tapi menikah merupakah sebuah kisah cinta yang diangkat dari novel dengan judul sama dan merupakan kisah nyata perjalanan cinta antara aktris Ayudia Bing Slamet dan musisi Ditto Percussion. Dibintangi oleh Adipati Dolken sebagai Ditto dan Vanesha Prescilla sebagai Ayudia.

Ayu dan Ditto sudah bersahabat semenjak mereka di bangku sekolah SMP. Ditto ternyata menyukai Ayu, bukan karena Ayu seorang artis namun karena gayanya yang tomboy. Namun Ayu hanya mengganggap Ditto sebagai teman dekatnya saja.

Jual ZEALOT Speaker Portable Bluetooth V5.0 - S24
Speaker Portable ZEALOT Speaker Portable Bluetooth V5.0 - S24 harga Rp 104.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Berbagai usaha sudah dilakukan oleh Ditto untuk memikat hati Ayu, namun di mata Ayu Ditto hanyalah seorang teman dekat saja. Mereka pun memiliki kekasih masing-masing dan kerap kali pergi double date. Namun malangnya, Ayu berkali kali diselingkuhi oleh kekasihnya sementara Ditto selalu ada di sisi Ayu.

Dari teman menjadi sahabat, lalu mereka menemukan tujuan hidup bersama. Film ini akan sangat pas ditonton saat Hari Valentine bersama pasanganmu untuk belajar tentang bagaimana menjalin sebuah hubungan hingga akhirnya bisa bersama-sama.

5. Habibie & Ainun (2012)

Habibie & Ainun (2012)
Image Source: Viu

Habibie & Ainun adalah film romantis Indoenesia yang mengisahkan tentang kisah cinta sejati antara BJ Habibie, seorang insinyur yang kelak menjadi Presiden Indonesia ke-3, dan Ainun, seorang dokter muda yang kemudian menjadi istri tercintanya. Film ini diadaptasi dari buku berjudul sama yang ditulis oleh BJ Habibie sendiri, yang menggambarkan perjalanan cinta mereka sejak pertemuan pertama hingga kematian Ainun pada tahun 2010.

Diperankan oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari, film memperlihatkan awal pertemuan Habibie dan Ainun di Jerman, di mana keduanya saling jatuh cinta saat belajar di sana. Mereka kemudian menikah dan menghadapi berbagai tantangan, termasuk jarak, pekerjaan, dan perjuangan politik.

Namun, kisah cinta mereka tidak lepas dari cobaan berat ketika Ainun didiagnosis menderita penyakit yang mengancam nyawanya. Di tengah-tengah perjuangan melawan penyakit, mereka tetap saling mendukung dan mencintai satu sama lain dengan tulus.

Film ini menggambarkan kisah inspiratif tentang bagaimana cinta sejati dapat mengatasi segala rintangan, dan bagaimana kesetiaan dan pengorbanan dapat membentuk hubungan yang langgeng dan kuat.

6. Love Is Cinta (2007)

Love Is Cinta (2007)
Image Source: TribunJatim

Love Is Cinta meruapakan film lama yang tayang pada tahun 2007. Dibintangi oleh aktor dan aktis yang menjadi idola para remaja saat itu yaitu Irwansyah, Acha Septriasa, Raffi Ahmad, dan Andika Pratama.

Love Is Cinta bercerita tentang kisah dua orang sahabat Ryan (Irwansyah) dan Cinta (Acha Septriasa) yang ternyata sama-sama menyimpan perasaan suka satu sama lain namun tidak ada yang berani untuk mengungkapkannya.

Sampai pada akhirnya Ryan harus melanjutkan pendidikannya ke Amerika tanpa mengungkapkan perasaan ke Cinta. Saat perjalanan menuju bandara, Ryan pun membatalkan perjalanannya dan lebih memilih untuk mengungkapkan perasaanya ke Cinta.

Namun niatnya itu tak terlaksanakan karena Ryan tewas setelah menyelamatkan seorang anak yang terjebak di dalam mobil yang terbakar. Kemudian roh Ryan ternyata masih diberikan kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya ke Cinta dengan masuk ke tubuh Doni (Raffi Ahmad).

Karena berada di tubuh yang berbeda, Ryan pun harus menyakinkan Cinta mati-matian untuk mempercayainya bahwa ia adalah Ryan.

Lalu apakah Ryan berhasil meyakinkan Cinta? Apakah ia berhasil melakukan misinya untuk mengungkapkan perasaanya meski berada di tubuh yang berbeda? Jika kamu ingin menonton kelanjutanya, Love Is Cinta tersedia di platfoem streaming Netflix.

Dengan banyaknya pilih film romantis Indonesia yang cocok untuk ditonton pada Hari Valentine, apakah kamu sudah menentukan mana yang ingin kamu saksikan bersama dengan pasangan?