Ide Bisnis Anak Muda dan Manfaaat Memulainya

Masa muda dapat dibilang sebagai waktu yang tepat dalam memulai segala sesuatu. Simak manfaat dan ide bagi kamu yang ingin memulai usaha sendiri!

Ide Bisnis Anak Muda dan Manfaaat Memulainya
Image Source: Freeepik/Chevanon

Memiliki dan menjalankan usaha sendiri sesuai apa yang disukai, tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Tidak terkecuali bagi anak muda atau pelajar seperti kamu.

Saat ini, makin banyak orang yang memiliki keberanian untuk memulai menjalankan ide usahanya sendiri.

Hal ini tentu didukung dengan adanya perkembangan teknologi yang memudahkan pengusaha baru untuk mempromosikan produk mereka di berbagai platform online, seperti media sosial dan e-commerce.

Semakin majunya teknologi juga membuat peluang bisnis tidak hanya dapat diakses oleh orang-orang dewasa yang memiliki pengalaman, tapi juga semua orang dari berbagai kalangan usia dan latar belakang.

Manfaat Memulai Bisnis pada Usia Muda

Manfaat Memulai Bisnis pada Usia Muda
Image Source: Freepik/Freepik

Meskipun sekolah dapat memberikan dukungan akademis untuk mengejar karir, tapi kemampuan untuk memulai, mengembangkan ide, dan mencari solusi kegagalan dalam dunia bisnis tidak akan selalu ditemukan di ruang kelas.

Sebagai pelajar, kamu tentunya memiliki sangat banyak waktu luang saat liburan sekolah atau semester. Terkadang kamu mungkin merasa jika waktu ini tidak boleh disia-siakan dan bisa diisi dengan kegiatan bermanfaat seperti memulai usaha kecil-kecilan

Nah, jika masih ragu untuk memulai usaha kecil-kecilan kamu sendiri, berikut JakartaNotebook rangkum beberapa manfaat memulai bisnis di usia muda!

1. Mendapatkan Pengalaman Nyata dalam Dunia Bisnis

Mendapatkan Pengalaman Nyata dalam Dunia Bisnis
Image Source: Freepik/Freepik

Dengan terjun langsung merintis usaha, kamu bisa mendapat wawasan tersendiri yang mungkin tidak akan didapatkan jika terus berada di dalam ruang kelas.

Saat berbisnis kamu harus berinteraksi dengan banyak orang, mulai dari mendengarkan saran dan komplain pelanggan hingga berdiskusi dengan tim. Interaksi ini dapat memperkuat keterampilan berkomunikasi, berempati, mengelola stress, dan pembagian waktu yang lebih baik.

Jual Buku Catatan Jurnal Notebook Cover Vintage Pattern A6 -
Alat Tulis Kantor Buku Catatan Jurnal Notebook Cover Vintage Pattern A6 - WH-1564 harga Rp 30.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Beberapa hal inilah yang pada akhirnya membuat kamu menjadi lebih luwes saat berkomunikasi pada orang lain di usia dewasa kelak.

2. Membangun Koneksi yang Lebih Luas

Membangun Koneksi yang Lebih Luas
Image Source: Freepik/freepik

Saat masih menjadi pelajar, umumnya teman yang kamu kenal adalah mereka yang berada di dalam satu sekolah atau wilayah.

Namun, saat terlibat dalam suatu bisnis, kamu akan secara perlahan membangun koneksi yang lebih lus. Mengenal banyak orang baru dengan berbagai karakter dapat membentuk cara kamu berpikir dan bersikap.

Luasnya koneksi yang kamu miliki juga tidak menutup kemungkinan dapat memberikan kamu kesempatan untuk menemukan dan belajar dengan para mentor secara gratis.

Jual Buku Catatan Jurnal Notebook Cover Vintage Pattern A6 -
Alat Tulis Kantor Buku Catatan Jurnal Notebook Cover Vintage Pattern A6 - WH-1564 harga Rp 30.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Selain itu, setelah kamu lulus, pengalaman telah memulai usaha sendiri dapat kamu cantumkan dalam CV sebagai tanda bahwa kamu adalah pribadi yang kreatif dan berani memulai hal-hal baru.

3. Mendapat Uang Tambahan

Image Source: Freepik/Tirachardz

Saat memikirkan untuk memulai usaha, mungkin uang adalah hal pertama yang menjadi tujuan kamu.

Memang saat menjalankan usaha, kamu akan mendapatkan tambahan penghasilan yang dapat digunakan untuk membeli keperluan sekolah, mempertahankan dan meningkatkan usaha, atau bahkan membantu orang tua.

Namun, kamu harus ingat bahwa saat memulai sesuatu tidak ada yang selalu langsung berhasil. Musisi terbaik pun pernah memainkan lagu yang sumbang pada percobaan pertamanya.

Perlu ada serangkaian uji coba dan kegagalan yang dilalui sebelum usaha dapat berkembang. Anggap usaha yang kamu jalani sebagai langkah untuk mengubah kamu menjadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa.

Jual TAKARA Celengan Lucu Steal Money Piggy Bank Model Pikachu -
Edukasi & Ketangkasan TAKARA Celengan Lucu Steal Money Piggy Bank Model Pikachu - T17 harga Rp 55.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Nikmati setiap prosesnya dan lakukan dalam waktu kerja yang fleksibel. Jangan sampai usaha sampingan ini justru mengganggu sekolah, kuliah, atau pekerjaan utama.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan manajemen keuangan yang baik juga, ya!

Ide Usaha Bagi Anak Muda

Image Source: Freepik/freepik

Masa muda dapat dibilang sebagai waktu yang tepat untuk memulai segala sesuatu. Hal ini karena kamu memiliki banyak waktu dan energi serta pikiran-pikiran baru yang dapat dituangkan.

Berikut beberapa ide bisnis anak muda yang bisa ditiru untuk memulai bisnis pertamamu!

1. Menjual Barang Buatan Tangan

Jika kamu merupakan pribadi yang kreatif dan suka membuat kerajinan tangan atau memasak makanan sendiri seperti kue-kue cantik kekinian, ide usaha anak mudah ini bisa jadi cocok untukmu.

Kamu bisa mulai meminta pendapat tentang hasil karyamu pada orang terdekat. Jika responnya positif, mulailah mengambil gambar yang paling menarik kemudian unggah dan pasarkan melalui media sosial.

Selain itu, kamu juga bisa menjulanya secara langsung pada pasar setempat atau acara bazar, loh!

2. Menjadi Youtuber

Menjadi seorang YouTuber terlihat seperti pekerjaan yang menggiurkan dan banyak dicita-citakan orang. Namun, pekerjaan ini tidaklah mudah dan membutuhkan kerja keras.

Jual TaffSTUDIO Lightdow Lighting Kamera 160 LED - LD-160
Perlengkapan Lighting & Studio TaffSTUDIO Lightdow Lighting Kamera 160 LED - LD-160 harga Rp 205.200 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Meskipun begitu, kamu bisa mencobanya karena pekerjaan ini sangat cocok dilakukan oleh anak muda.

Kamu bisa membuat kegiatan video menarik seperti A day in my life sebagai seorang murid yang berisikan kegiatan kamu selama di sekolah dan cara membagi waktu belajar. Selain itu, video Study with me juga jadi konten yang banyak diminati beberapa tahun ini karena dapat menemani penonton belajar bersama.

3. Menjadi Penulis

Sebelum memutuskan membeli sesuatu atau berkunjung ke tempat baru, kebanyakan orang pasti mencoba mencari tahu dari berbagai website atau media sosial.

Jual Wu Fang Poster Scratch Map Peta Dunia Versi National Flag -
Dekorasi Wu Fang Poster Scratch Map Peta Dunia Versi National Flag - ZJP-M018 harga Rp 31.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Kamu bisa mulai menulis artikel sederhana yang berisi review produk atau pengalaman setelah pergi ke suatu tempat. Bahas topik-topik yang banyak dicari oleh pelancong, seperti pilihan akomodasi, kemudahan akses, harga penginapan, dan fasilitas yang tersedia.

Selain itu, kamu juga bisa menulis esai yang berisi pendapat akan masalah-masalah yang sedang ramai diperbincangkan.

Tambahkan juga kolom diskusi yang akan membuat forum kamu ramai dan interaktif, sehingga dapat dilirik suatu brand untuk menaruh iklan pada forum kamu.

4. Menyediakan Jasa Desain

Di zaman yang serba digital ini, setiap orang rasanya seperti berlomba-lomba untuk memiliki identitas unik yang dapat melekat pada suatu brand atau komunitas.

Menyediakan jasa pembuatanm desain logo, brosur, kemasan, lebel, dan website bisa menjadi ide usaha untuk kamu yang memiliki ketertarikan dalam bidang desain grafis.

Menyediakan jasa desain dapat menjadi langkah yang bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas kamu dan membangun portofolio. Selain itu, kamu juga dapat memberlakukan biaya per jam atau per proyek yang dikerjakan.

5. Menjual Buku Bekas

Bagi yang gemar membaca, kamu pasti punya tumpukan bahkan lusinan buku di sudut ruangan. Dalam banyak kasus, buku-buku tersebut biasanya berakhir di tempat sampah atau lapuk begitu saja dimakan usia. Padahal, jika kamu punya niat yang kuat, tumpukan buku ini bisa jadi ide usaha, loh!

Kamu bisa mulai menyortir buku yang masih layak dibaca atau buku yang memiliki seri lengkap, kemudian menawarkannya pada media sosial atau e-commerce.

Usaha ini juga dapat dikembangkan dengan membuka pelayanan jual-beli buku bekas. Kmu bisa menerima atau membeli buku dari para kolektor dengan harga yang pantas, kemudian menjualnya kembali.

Sebenarnya tidak ada patokan pasti atau sederhana yang dapat menjawab pertanyaan tentang ide bisnis anak mudah terbaik. Semuanya tergantung dari kesungguhan diri dan dukungan dari lingkungan sekitar agar bisnis yang dibuat dapat berkembang dan berjalan lancar.

Buka pandangan lebar-lebar dan sadari bahwa setiap hal di sekitar kamu adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Terlepas dari ide usaha yang nantinya ingin kamu jalani, pastikan untuk terus memiliki dan menjaga sikap kerja keras, dedikasi, serta ketekunan.

Ingat bahwa kegagalan bukan lah tanda untuk kamu berhenti, melainkan isyarat untuk kembali mencoba dan hal tersebut hanyalah awal dari perjalanan bisnis yang sukses.

Selamat mencoba Jakmallers!