Ini 7 Alat Masak Camping Terbaik yang Praktis & Wajib Dibawa!

Ini 7 Alat Masak Camping Terbaik yang Praktis & Wajib Dibawa!

Persiapan matang, hati pun tenang

Camping atau berkemah merupakan salah satu cara untuk menikmati alam luar bersama. Apalagi jika kamu ingin menjauh dari keramaian kota, berkemah pasti bisa menjadi obat yang manjur. Tetapi, kegiatan seperti camping tentu tidak akan berjalan lancar jika tidak dipersiapkan dengan baik.

Seandainya kamu ingin sukses mengadakan camping, ada beberapa peralatan praktis yang harus kamu persiapkan. Penasaran peralatan apa saja yang dimaksud? Berikut adalah 7 alat masak camping terbaik yang harus kamu persiapkan sebelum hari-H ala Jakmall Blog.

1. Alat masak camping terbaik yang harus dimiliki pas berkemah: Kompor portable

Alat Masak Camping Terbaik | Source image: ceklist.id

Kompor portable adalah salah satu alat masak yang harus kamu bawa saat berkemah. Bentuknya yang ringkas dan bisa dibawa ke mana pun tentu bisa memudahkan perjalanan. Selain itu, cara menggunakan dan menyiapkannya juga sangat gampang.

Harga untuk sebuah kompor portable juga sangat terjangkau. Alat ini juga mudah didapatkan di pasaran atau swalayan. Jika kamu butuh kompor portable untuk kegiatan camping, kamu bisa mendapatkannya dengan harga murah di sini!

2. Kompor portable tentu tidak akan lengkap tanpa tabung gas butana isi ulang

Alat Masak Camping Terbaik | Source image: iptek.web.id

Jika kamu memiliki kompor portable, kamu wajib melengkapinya dengan tabung gas butana sebagai isi ulang bahan bakar. Apalagi jika akan memasak dalam jumlah yang banyak, kamu perlu menyiapkan lebih banyak tabung gas ini. Terlebih lagi, tabung ini juga bisa didapatkan dengan mudah dan murah di marketplace.

Perlu gas isi ulang murah untuk kompor portable-mu? Yuk cek produknya di sini!

3. Folded cup atau collapsible cup sangat cocok untuk berkemah hingga piknik

Alat Masak Camping Terbaik | Source image: pinterest.com.au

Peralatan masak camping mini dan unik satu ini juga wajib dibawa saat camping. Collapsible cup biasanya berbentuk kecil dan mudah dibawa. Kebanyakan gelas ini juga berbahan silikon atau silica. Dengan begitu, gelas ini dapat menahan air dengan suhu panas maupun dingin. Terlebih lagi, gelas ini dapat dicuci dan digunakan berkali-kali sehingga sangat ramah lingkungan.

4. Piring biodegradable bisa menjadi wadah alternatif yang lebih ramah lingkungan

Alat Masak Camping Terbaik | Source image: aplasticplanet.com

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat camping adalah menjaga kebersihan alam. Tetapi faktanya, masih banyak yang membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu, kita disarankan untuk membawa alat masak ramah lingkungan seperti piring biodegradable.

Saat ini, sudah ada banyak inovasi piring ramah lingkungan seperti piring kayu dan piring dari bubur pohon. Kedua jenis piring ini memang hanya digunakan sekali saja, namun lebih mudah diurai oleh alam dengan bantuan mikroorganisme. Ada juga pilihan seperti piring silica yang bisa digunakan berkali-kali sehingga tidak akan mencemari lingkungan.

Dapatkan berbagai jenis piring dan aksesorisnya dengan harga Rp1Rb-an di Jakmall.com!

5. Panci pengukus merupakan salah satu alat masak camping terbaik untuk mengolah makanan lezat

Alat Masak Camping Terbaik | Source image: Jakmall.com

Seandainya kamu ingin mengukus makanan saat camping, sebaiknya kamu menyiapkan panci kukus. Saat ini, sudah ada banyak jenis panci kukus untuk berbagai keperluan. Khusus untuk acara berkemah, ada panci kukus berukuran kecil kurang dari 20 cm. Dengan alat ini, kamu bisa mengukus kentang, jagung, hingga makanan-makanan beku.

6. Mengolah bahan masakan akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan pisau serbaguna

Alat Masak Camping Terbaik | Source image: medium.com

Pisau serbaguna sangat diperlukan bila kamu ingin memotong bahan masakanmu. Alat camping keren satu ini juga memiliki kegunaan lain misalnya, menggunting, membuka kaleng, hingga obeng. Bentuknya yang kecil dan ringan membuatnya gampang dibawa pada kantong celana atau di dalam tas. Kamu bisa mendapatkan pisau serbaguna ini dengan diskon spesial di Jakmall.com loh!

7. Memilih ukuran wajan teflon yang tepat juga dapat mempermudah kegiatan memasakmu

Alat Masak Camping Terbaik | Source image: sevenkitchenpapers.com

Salah satu alat masak camping terbaik yang dikatakan wajib dibawa adalah wajan teflon. Saat ini, sudah ada banyak jenis ukuran wajan teflon di pasaran. Untuk mengetahui ukuran wajan yang diperlukan, kamu harus menghitung jumlah makanan yang akan dimasak. Jika akan memasak dalam jumlah banyak, kamu pasti harus menggunakan wajan yang besar pula.

Itulah dia 7 alat masak camping terbaik yang harus disiapkan sebelum kamu pergi berkemah di luar. Jika peralatan-peralatan ini bisa dipersiapkan, dijamin kamu pasti akan dapat camping dengan tenang dan nyaman.


Butuh perlengkapan outdoor berkualitas untuk berkemah? Brand Knifezer jawabannya!

Baca artikel lifestyle lainya di sini

Baca juga: 7 Peralatan Rumah Modern Xiaomi yang Praktis untuk Keseharianmu